Header Ads

Pusat souvenir
Terkini
recent

Pantau Situasi Kota, Pemko Banda Aceh Kini Miliki Command Center


Banda Aceh - Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal meresmikan penggunaan Gedung Banda Aceh Madani Center yang terletak di komplek kantor Dishubkominfo Kota Banda Aceh, Senin (24/10/2016).

Fasilitas utama gedung yang dibangun dengan dana otsus ini yakni sebuah command center room untuk memantau situasi kota secara real time. Pada ruangan ini disematkan sebuah layar besar yang terdiri dari 10 unit monitor LCD 49 inci. Layar pantau ini terhubung dengan ratusan CCTV yang telah dipasang di sejumlah ruang publik dan perkantoran.

Di sana juga terdapat sistem aplikasi penanganan laporan yang memudahkan petugas menindaklanjuti aduan warga. Aplikasi yang diberi nama SuWarga ini dapat langsung diakses di http://suwarga.bandaacehkota.go.id/. Versi mobile android-nya juga telah tersedia di Google Play Store.

Wali Kota Illiza mengatakan, keberadaan Gedung Madani Center plus command center room ini untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Terutama terkait dengan situasi lalu lintas, pasar, kebersihan, keberadaan gepeng, pohon, dan lain sebagainya. “Gambar yang didapat dari cc room dapat pula dimanfatkan secara lintas organisasi seperti kepolisian dalam hal penegakan hukum.”

“Kontrol berbasis ICT ini tentu akan lebih memudahkan pemerintah dalam merespon segala laporan warga. Cakupannya juga sangat luas, dalam satu layar kita dapat melihat seluruh Banda Aceh,” katanya.

Ia menambahkan, dari ratusan CCTV yang terintegrasi ke command center, saat ini ada 40 unit yang sudah menggunakan saluran transmisi fiber optik. “Kualitas gambar yang dihasilkan jauh lebih bagus dari pada CCTV radio maupun wireless. Ke depan akan terus kita tingkatkan, baik jumlah CCTV fiber optik-nya maupun aplikasi pendukungnya. Ini semua demi kenyamanan warga maupun tamu yang datang ke kota kita,” pungkasnya.

Selain aplikasi SuWarga, pada acara yang ikut dihadiri oleh Ketua DPRK Arif Fadhillah itu, Illiza juga me-launching aplikasi open data (http://data.bandaacehkota.go.id), e-Surat, aplikasi sistem pencatatan retribusi (Siperi), dan e-Inventory. Di tempat yang sama, ia juga meresmikan secara simbolis Fasilitas Pendukung Terminal L-300 dan Fasilitas Pendukung Terminal Mobar.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.