Header Ads

Pusat souvenir
Terkini
recent

Peran Orang Tua Dalam Memberantas Kekerasan Seksual Terhadap Anak


 
Oleh: Rachmadi

Mendidik anak adalah pelajaran yang paling penting bagi setiap orang tua karena merupakan hal mendasar bagi mereka untuk menjadikan anak-anaknya sebagai anak yang berbudi pekerti agung. Dalam mendidik anak, nilai-nilai agama sangatlah penting untuk diterapkan agar anak mampu menghindari hal-hal yang menyimpang seperti pelecehan seksual yang bisa dilakukan orang lain kepadanya. Setiap orang tua mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melindungi anak-anak mereka dari tindak kejahatan seksual. Ada berbagai macam cara orang tua untuk melindungi buah hati mereka dari ancaman tersebut salah satunya dengan melakukan pengawasan terhadap anak ketika sang anak sedang berada diluar rumah.

Dibeberapa sumber media online yang kami baca, sangat banyak kasus mengenai pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur yang dilakukan oleh seorang guru. Bayangkan saja seorang guru yang selaknya menjadi panutan dan menjadi seorang pendidik malah melakukan perbuatan keji yang diluar nalar manusia terhadap muridnya. Kasus-kasus ini menyita banyak perhatian dari berbagai pihak yang amat menyayangkan kejadian tersebut. Hal ini merupakan salah satu contoh lemahnya pengawasan orang tua terhadap anak ketika berada diluar rumah. .

Sebagaimana kita ketahui bahwa anak yang masih dibawah umur belum memiliki pengetahuan mengenai kejahatan yang semacam ini. Mereka masih sangat polos dan sama sekali tidak tau apapun mengenai hal tersebut. Sangat miris rasanya apabila hal ini sampai terjadi kepada anak yang masih dibawah umur karena banyak dampak negatif yang akan terjadi dimasa depan anak. Sang anak bisa mengalami depresi dan trauma yang berkepanjangan dikarenakan pelecehan seksual yang pernah dialaminya, dan yang paling ditakutkan adalah anak yang pernah mengalami pelecehan seksual dimasa kecil akan melakukan pelecehan seksual pula terhadapat anak-anak lain ketika dia sudah dewasa.

Untuk mengatasi hal ini, peran orang tua sangat dibutuhkan yaitu dalam mengawasi dan melindungi anaknya ketika mereka melakukan kegiatan diluar rumah. Kejahatan bisa terjadi kapan dan dimana saja, tidak memandang siapa yang akan menjadi korbannya. Orang tua diharapkan dapat memastikan bahwa anak-anak mereka mendapat tempat yang aman untuk belajar atau mengikuti kegiatan-kegiatan diluar rumah. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan orang tua adalah mendampingi anak-anak mereka yang sedang mengikuti kegiatan diluar rumah, temani mereka dari awal hingga kegiatannya usai. Waspada terhadap siapa saja yang dapat berbuat kejahatan seksual terhadap anak anda terutama kepada lawan jenisnya yaitu orang dewasa yang berada disekitar anak anda. Selain itu, bekali anak-anak anda dengan pengetahuan untuk menjaga diri mereka. Ajarkan mereka untuk bersikap jujur dan berani untuk melawan kajahatan walau dengan hal yang kecil. Pengetahuan agama sangat penting dalam memberi bekal bagi tumbuh kembang anak. Oleh karena itu diharapkan para orang tua agar lebih waspada dan lebih memperhatikan serta menjaga anak-anak nya ketika mereka beraktifitas diluar rumah agar tidak terjadi hal-hal yang buruk.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.