Kuliah Siap,Wirausaha Dapat - Potret Online

Breaking

Post Top Ad

Potret

Post Top Ad

Potret

Sabtu, 30 September 2017

Kuliah Siap,Wirausaha Dapat



Saatnya Mahasiswa Menjadi Pengusaha
Oleh : Dian Balkis
Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Perbankan Syariah, UIN Ar-Raniry, Darusslam, Banda Aceh
Pendidikan merupakan suatu langkah utama untuk mencapai kesuksesan, baik sesuksesan dunia maupun akhirat. Untuk mencapai kesuksesan tersebut, maka harus melewati banyak proses, rintangan, hambatan dan cobaan. Apalagi sekarang zaman milineal, orang berlomba-lomba untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) .Menurut mereka dengan menjadi PNS seseorang sudah dikatakan sukses, apalagi orang tua di kampung jikalau anaknya sudah menjadi PNS, itu sudah dikatakan benar-benar sukses.
Padahal dengan menjadi PNS tidak menjamin hidup seseorang akan sukses dan bahagia,karena hanya bergantung pada Pemerintah, walaupun memang benar jika menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) gaji perbulan sudah ada di tangan dan akan diberikan gaji pensiun. Seperti pembaca ketahui bahwa Pemerintah hanya menanggung keluarga PNS dengan dua anak saja. Selebihnya tidak ditanggung Pemerintah. Sehingga mereka PNS tidak dapat hanya dengan berdiam diri saja,tetapi melakukan sesuatu yang bermanfaat agar dapat menghidupi keluarga mereka.
Apalagi sekarang pemuda dan pemudi mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan di Banda Aceh,dominannya mereka berasal dari di Aceh yang biaya kuliah masih ditanggung oleh orang tua,walaupun ada beberapa mahasiswa yang mendapatkan beasiswa. Namun tidak menjamin juga akan mencukupi kehidupan mereka. Bagi mereka yang ditanggung orang tua, harus hemat dalam menggunakan uang, tidak boleh boros, bahkan berfoya-foya.
Sebagai anak yang baik, kita harus membantu ekonomi keluarga. Apalagi orang tua banyak menghabiskan uang untuk biaya kuliah anaknya.Nah, kita sebagai anak harus menyadari hal tersebut.
Banyak cara yang dapat ditempuh mahasiswa untuk menambah penghasilan,sekaligus juga menambah wawasan yaitu dengan berwirausaha. Banyak sekali jenis usaha yang dapat digeluti,misalnya warung kopi yang sekarang lagi kekinian dengan tempat yang unik, sehingga dapat menarik perhatian cewek-cewek yang suka berfoto. Hal ini menjadi daya tarik sendiri untuk berkunjung ke tempat tersebut. Kita, mahasiswa yang cerdas dapat pengambil peluang dari usaha tersebut atau bagi mahasiswi juga  dapat membuat jajanan sehat yang dapat dijual ke kampus, sambilan mereka kuliah juga berwirausaha.
Jadi sebagai mahasiswa yang cerdas, kita tidak hanya terpaku pada satu tujuan,tetapi harus bereksperimen dengan mencoba hal-hal baru. Dengan begitu akan membuat kita semangat dalam menjalani hidup dan dapat membuat kita sukses. Satu hal yang tidak boleh dilupakan oleh kita sebagai muslim,yaitu ketika kesuksesan dunia sudah diraih jangan pernah lupa untuk meraih kesuksesan akhirat. Karena sebaik-sebaik manusia adalah dapat mencapai kesuksesan dunia akhirat.
So, jangan takut untuk berwirausa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Potret