BISNIS BIRO JASA RUMAH KOS DI KOTA BANDA ACEH - Potret Online

Breaking

Post Top Ad

Potret

Post Top Ad

Potret

Rabu, 25 Oktober 2017

BISNIS BIRO JASA RUMAH KOS DI KOTA BANDA ACEH




Oleh Abdul Halim
Mahasiswa S1 Perbankan Syariah, FEBI UIN Ar-Raniry, Banda Aceh

            Banda Aceh merupakan salah satu kota terbesar dan terpadat penduduknya di Aceh. Kondisi ini mungkin karena  Banda Aceh  adalah ibukota dari Provinsi Aceh itu sendiri yang memiliki magnet tersendiri bagi masyarakat. Dengan demikian, sebagai ibukota Provinsi, maka Banda Aceh menjadi tujuan utama yang dituju oleh para perantau –perantau, mahasiswa dan pelajar yang ada di kampung maupun kabupaten yang ada di daerah Aceh. Mereka datang untuk mencari pekerjaan, membuka usaha maupun untuk menempuh pendidikan di berbagai tingkat, terutama di level Universitas.
            Dengan banyaknya perantau dan pelajar serta mahasiswa yang berdatangan ke kota Banda Aceh, maka dari itu mereka memerlukan tempat untuk tinggal baik itu dalam jangka pendek, maupun dalam jangka panjang. Bagi para pelajar dan mahasiswa,  yang berkuliah di berbagai lembaga pendidikan di kota Banda Aceh itu, membutuhkan banyak rumah sewa atau rumah kos. Banyaknya, perantau, pelajar dan mahasiswa yang datang dan tinggal di kota Banda Aceh, maka kebutuhan akan rumah kos pun meningkat.

Nah, meningkatnya kebutuhan rumah kos tersebut, menjadi peluang bagi pemilik-pemilik rumah, termasuk pemilik kos di kota ini. Orang-orang yang membutuhkan rumah kos ini, biasanya mencari sendiri rumah kos tersebut dan berhubungan langsung dengan pemilik rumah. Terkadang, pencari rumah kos kesulitan mendapat rumah yang sesuai dengan yang diharapkan. Sebaliknya, pemilik rumah kos juga sering mendapat kesulitan berhadapan dengan para penyewa rumah kos dengan berbagai alasan.
Untuk menengahi kebutuhan rumah kos dengan penyedia rumah kos, memberikan sebuah peluang usaha yang bisa dilakukan, yakni melalui Biro sewa-menyewa atau Biro pelayanan rumah kos. Biro tersebut menjalankan fungsi pelayanan penyediaan informasi tentang rumah kos dan sekali gus menjadi penghubung dengan pemilik rumah kos. Biro jasa rumah kos membangun dan menjalin  kerja sama dengan pemilik atau penyedia rumah yang akan dijadikan rumah kos tersebut.

Dengan adanya biro jasa ini, sehingga bagi mereka yang membutuhkan rumah kos, baik itu mahasiswa maupun perantau yang ingin mencari tempat tinggal, dapat dengan mudah menemukan tempat menetap dan sesuai dengan yang mereka butuh. Mereka tidak perlu sibuk mencari-cari sendiri, tetapi cukup mendatangi biro jasa rumah kos tersebut.  Ya, cukup memanfaatkan jasa  biro tersebut dengan biaya yang telah ditetapkan sesuai dengan fasilitas, maupun sarana yang dimiliki di tempat tinggal tersebut.

Agar biro jasa ini dikenal oleh masyarakat, maka diperlukan promosi melalui  berbagai media, termasuk media sosial maupun website khusus untuk mempercepat proses penyewaan rumah kos tersebut. Selain itu, bisa pula dilakukan lewat media-media lain, termasuk sosialisasi lewat leaflet bahkan media cetak yang ada di Aceh. Kiranya, usaha yang begini belum ada sama sekali dengan demikian nantinya usaha ini dapat berjalan dan berkesinambungan dengan baik. Maka ini adalah peluang besar untuk berbisnis rumah kos di Banda Aceh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Potret