HOBI YANG MENGHASILKAN UANG - Potret Online

Breaking

Post Top Ad

Potret

Post Top Ad

Potret

Selasa, 17 Oktober 2017

HOBI YANG MENGHASILKAN UANG



Oleh Ade Pratiwi
Mahasiswi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh

Buat kamu yang punya hobi  beragam, misalnya hobi memotret, kerajinan, memasak, menulis atau lain sebagainya, pernahkah terpikir kalau hobimu tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu kebutuhan ekonomi kamu? Hal yang selama ini kamu pikir hanya sebagai pengisi waktu kosong, ternyata bisa kamu jadikan sebagai kegiatan yang membantu mengisi dompet kamu lho.
Kegemaran setiap orang tentu berbeda-beda, walaupun rambut sama hitam dan kulit sama cerah, belum tentu memiliki kesamaan hobi. Mungkin selama ini kamu terpikir menjadikan hobi sebagai pelampias kebosanan ataupun hanya sekedar seru-seruan. Sudah terlalu lama bergelut dalam hobi-hobian yang menghamburkan uang, kini saatnya kamu untuk lebih serius dan produktif.
Contohnya nih, buat yang hobi memasak, kamu bisa menjadikannya sebagai lahan untuk bisnis dengan menjual hasil olahan masakan kamu. Ditambah dengan hiasan yang kamu kreasikan pasti bakalan banyak yang mau, apalagi di zaman sekarang yang serba canggih, dengan mudah kamu mempromosikannya melalui media sosial.
Terus yang hobi kerajinan, walaupun sekarang banyak barang yang terbuat dari mesin, tetapi tidak  menutup kemungkinan buatan tangan kamu bakalan tetap diminati. Ada beberapa orang yang memang suka untuk membeli barang hasil handmade ini lho. Handmade ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Kalau barang hasil mesin dicetak dalam jumlah yang banyak, tetapi kalau kerajinan buatan tangan, apalagi yang dibuat dengan stok terbatas pasti bakalan banyak yang suka. Tidak enakkan punya barang yang sama dengan orang lain di waktu dan tempat yang sama?,
Nah,  makanya banyak orang yang lebih memilih untuk membeli barang yang dibuat dengan stok terbatas ini. Apalagi dari buatan tangan, seninya terasa banget. Akan beda harga yang ditawarkan antara seni dari olahan mesin dengan seni hasil kerajinan tangan.
Yang hobi fotografi biasanya cuma jepret untuk disimpan. Ayo kembangkan terus kemampuan fotografi tersebut dan keluarkan hasilnya. Ada banyak instansi/perusahaan yang menginginkan hasil jepretanmu, atau kamu bisa ikut lomba yang setiap bulannya ada banyak yang bisa dicoba yang hadiahnya beragam, mulai dari hanya sekedar pulsa sampai hadiah uang jutaan rupiah.
Terus yang hobi nulis, kamu bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, hanya perlu memfokuskan pikiran terhadap bahan yang kamu tulis.  Asal kamu mau berusaha dan semangat untuk tetap mengembangkan tulisan kamu, maka banyak sekali lomba yang bisa kamu ikuti dan banyak tempat yang bisa kamu salurkan untuk hobimu tersebut. Hadiah untuk lomba menulis juga tidak kecil lho. Kalau kamu menang, kan hadiahnya lumayan, hadiah beragam mulai dari sekedar souvenir, uang tunai, bahkan kamu bisa jalan-jalan keluar negeri, asyik kan ?
Tentunya bukan hanya hobi-hobi yang di atas saja yang bisa menghasilkan uang, hampir semua hobi yang kamu punya bisa dimanfaatkan untuk lebih produktif. Tergantung kamu mau hobinya dipendam untuk keseruan pribadi, atau dijadiin sebagai bahan produktif dalam membantu kebutuhan finansial. Kamu hanya perlu kemauan mengubah hobi tersebut untuk menghasilkan uang, ketimbang hanya menghamburkan uang untuk kesenangan aja. Asal punya kemauan, maka tidak ada kata yang tidak mungkin.
Semua orang punya hobi dan setiap hobi bisa menghasilkan uang, tetapi kenapa masih ada yang susah untuk mengubahnya menjadi peluang bisnis?, Apabila dilakukan dengan serius, kamu bisa memanfaatkan keseruan hobi tersebut untuk mendapatkan bayaran. Suatu hambatan dalam menjadikan hobi tersebut sebagai bisnis hanyalah kurangnya keseriusan. Biasa orang yang punya hobi tersebut hanya melakukannya ketika sedang bosan atau hanya untuk keseruan saja.
Oleh karena itu, kamu harus punya tekat untuk manfaatkan hasil dari hobi tersebut sebagai ajang bisnis, istilahnya ‘hobi yang dibayar’. Kini banyak tempat yang mau menampung hobi-hobi kamu, atau kalau mau, kamu bisa membuat usaha sendiri dari hobi tersebut. Tapi itu semua tentu dapat terwujud dengan keseriusan dan konsisten.
Jadi tunggu apa lagi. Ayo kembangkan hobimu, mudah mengerjakannya, senang, dapat uang lagi, asyik kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Potret