Lebih Dekat dengan Majalah Anak Cerdas - Potret Online

Breaking

Post Top Ad

Potret

Post Top Ad

Potret

Rabu, 04 Oktober 2017

Lebih Dekat dengan Majalah Anak Cerdas





Oleh : Isra Yaumnisa
Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsyiah, Banda Aceh

Perkembangan teknologi membawa banyak perubahan pada berbagai kalangan, tak terkecuali pada anak. Zaman dahulu anak disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti membaca, bermain permainan tradisional dan bersosialisasi di luar rumah. Namun hal tersebut sudah sangat jarang kita temui.

Saat ini anak disibukkan dengan kehadiran gadget dengan berbagai kemudahan. Salah satunya kemudahan untuk bermain berbagai macam game di gadget. Kehadiran gadget membawa dampak buruk bagi anak. Menurut sebuah penelitian mengatakan gadget dapat menimbulkan radiasi yang berbahaya pada anak. Tidak hanya itu, gadget dapat membuat anak kecanduan hingga melalaikan. Lalai untuk belajar, lalai membaca, dan bahkan lalai untuk makan.

Kehadiran majalah anak dapat menjadi solusi, karena majalah tidak hanya sebagai media hiburan, juga bisa menjadi media edukatif bagi anak. Salah satu majalah yang bisa menjadi pilihan bunda-bunda di rumah yaitu Majalah Anak Cerdas.

Majalah Anak Cerdas ini sudah hadir sejak 2013 dan menjadi satu-satunya majalah anak di Pulau Sumatera, dengan tagline media edukatif dan inspiratif. Majalah ini dilengkapi dengan berbagai macam cerita anak yang menarik. Cerita anak ini dapat menumbuhkan minat baca pada anak. Tidak hanya itu Majalah Anak Cerdas juga dilengkapi dengan pengetahuan penting seperti seputar binatang, tempat-tempat terindah di dunia yang baik untuk diketahui oleh anak.

Majalah Anak Cerdas ini juga dilengkapi dengan puisi-puisi, dan latihan-latihan yang baik untuk anak. seperti latihan mewarnai, menyusun puzzle, dan lain-lain. Bahkan Majalah Anak Cerdas juga memberikan kesempatan kepada anak bunda untuk menulis dan jika itu bagus akan diterbitkan di majalah. Jadi selain sebagai bahan bacaan Majalah Anak Cerdas ini bisa melatih anak bunda dirumah untuk menjadi penulis dimasa depan.

Majalah Anak Cerdas mulai diterbitkan sejak 2013, dan menjadi satu-satunya Majalah Anak di Pulau Sumatera. Majalah Anak Cerdas ini terdiri dari 44 halaman yang terbit rutin setiap bulan. Majalah ini disajikan cukup menarik, tiap halamannya diisi dengan berbagai cerita, puisi dan gambar. Majalah Anak Cerdas ini membuka peluang bagi pembacanya untuk menulis dan berkarya, maka dari itu hampir semua cerita di majalah ini dikirim oleh pembacanya. Majalah ini juga terdapat berita seputar anak, seperti kegiatan mengunjungi sekolah terpilih, kegiatan membagi-bagikan 1000 sepeda kepada anak yatim, dan kegiatan menarik lainnya.

Majalah ini cukup memenuhi syarat sebagai majalah anak yang sesuai dengan taglinenya Media Edukatif dan inspiratif yang tidak hanya mengedukasi anak melalui cerita untuk hiburan semata, namun juga ada latihan seperti latihan mewarnai, menyusun puzzle, pengetahuan umum, dan pengetahuan agama Islam.

Namun sedikit kekurangan dari majalah ini, penyajian cerita perlu dikemas lebih menarik lagi, baik itu dalam ide cerita maupun ilustrasinya. Kekurangan lainnya dari Majalah Anak Cerdas ini mengenai iklan yang dimuat. Ada beberapa iklan yang tidak relevan (tidak berhubungan) dengan dunia anak. dan latihan-latihan untuk anak perlu disajikan lebih beragam, tidak hanya terbatas pada latihan mewarnai saja, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Potret