Selayaknya Anda Mengenal Majalah POTRET Lebih Dekat - Potret Online

Breaking

Post Top Ad

Potret

Post Top Ad

Potret

Kamis, 05 Oktober 2017

Selayaknya Anda Mengenal Majalah POTRET Lebih Dekat



Oleh. Khairul Nurhaliza
Mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP Unsyiah, Darussalam, Mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh.


Majalah POTRET, media atau majalah perempuan kritis dan cerdas yang terbit di Aceh dalam sejarahnya sudah berjalan selama lebih kurang 14 tahun. Jumlah angka yang tidak bisa dibilang sedikit untuk matangnya sebuah media. Majalah POTRET sendiri sudah menerbitkan 80 edisi sampai dengan sekarang. Selain dikhususkan untuk perempuan, POTRET juga menerbitkan majalah edukasi untuk anak-anak dengan nama Anak Cerdas. Masing-masing dari majalah ini memiliki tagline yang berbeda, yaitu “Media Perempuan Kritis dan Cerdas” untuk majalah POTRET dan “Media Edukatidf dan Inspiratif” untuk Anak Cerdas.


Majalah POTRET sendiri sudah menyebar di beberapa daerah, baik di dalam maupun luar Aceh. Majalah yang menjadi media perempuan ini menjadi menarik dengan menggunakan strategi yang melibatkan citizen journalism untuk ikut campur tangan mengisi konten-konten yang bermanfaat seputar opini, feature, cerpen, puisi, saran & kritik, cerita pengalaman pribadi dan lain-lain. 
 
Dengan mengusung tema yang berbeda setiap edisinya, majalah POTRET menyajikan konten yang cenderung baru dan segar agar pembaca bisa mendapatkan hal yang diinginkan dari sebuah majalah. Hal ini juga dapat memicu semangat pembaca untuk mengirimkann karya-karyanya untuk dimuat di majalah POTRET. Tidak sedikit dari pembaca yang mengirimkan tulisan kepada redaksi majalah POTRET. Hal ini tentu dapat membuktikan bahwa majalah POTRET telah berhasil menjadi pemicu agar pembaca mau berkarya melalui tulisan-tulisan yang mereka buat sendiri.

Selain tentang konten yang menarik, majalah POTRET juga menyedikan rubrik-rubrik yang membedakan setiap isinya. Di antaranya adalah Potret Utama, rubrik ini menjadi konten utama yang menjadi pembicaraan awal dalam setiap edisi, selanjutnya ada Lensa, Sorotan, Bingkai Utama, Bingkai, Diafragma, Potret Remaja, Puisi Remaja, Jalan-Jalan, Bidik, Sehati, Blitz, Tips, Sastra, dan yang terakhir adalah Walhi Aceh. Dari setiap rubrik diisi dengan konten yang berbeda sehingga memudahkan pembaca untuk mengenal jenis konten yang terdapat dalam majalah ini.

Meskipun sekarang ini POTRET telah banyak perubahan dari masa ke masa, namun konten yang diberikan semakin menunjukkan kepada perkembangan yang positif. Pada POTRET edisi 79 dan 80 diberikan halaman khusus untuk program Donasi 1000 Sepeda dan Kursi Roda, program sosial murni untuk membantu anak yatim, piatu, miskin dan anak-anak disabilitas di Aceh. Program yang diselenggarakan oleh CCDE, majalah POTRET dan majalah Anak Cerdas ini juga mengajak para pembaca untuk berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan. 
 
Sebagai program sosial murni, program ini didukung oleh para dermawan atau donatur yang berada di belahan bumi ini, karena bila melihat dari daftar para donatur ada beberapa nama yang berasal dari luar seperti Lars Toft Rasmussen dan Dr. Ulla dari Denmark dan lain-lain. Sementara jumlah sepeda yang sudah dibeli dan diserahkan kepada penerima, berdasarkan informasi yang dapat penulis kumpulkan dari pihak majalah POTRET, kini sudah 180 sepeda dan kursi roda yang diserahkan kepada anak-anak, penerima bantuan sejak program ini diluncurkan pada tahun 2012. Dahsyat bukan?

Program ini menjadi nilai lebih untuk POTRET sebagai media perempuan yang dapat menjadi jembatan pembaca untuk peduli terhadap masyarakat sekitar dan sekali gus menjadi media untuk saling berbagi. Majalah POTRET mengajarkan para pembacanya agar lebih peka dengan keaadan yang terjadi di lingkungannya sehingga timbulnya aksi perbaikan dari pemerintah ataupun pihak berwajib yang membaca tulisan-tulisan tentang fenomena dan permasalahan yang terjadi pada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Potret