TIPS MENJADI PENGUSAHA MUDA YANG SUKSES - Potret Online

Breaking

Post Top Ad

Potret

Post Top Ad

Potret

Selasa, 03 Oktober 2017

TIPS MENJADI PENGUSAHA MUDA YANG SUKSES



Oleh Zakia Fakhrunnisa

Mahasiswa Perbankan Syariah, UIN- Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh

Menjadi seorang pegawai bukanlah hal yang salah untuk diimpikan oleh anak muda, namun bukan berarti kita sebagai anak muda tidak bisa menjadi bos. Bos yang dimaksud adalah pemimpin atas diri kita sendiri. Kita sebagai anak muda bisa menjadi bos dengan memulai berwirausaha. Jika dilihat, pegawai adalah mereka yang diatur oleh orang lain atau menjadi suruhan orang lain, tetapi jika kita memilih untuk memulai usaha di masa muda, maka besar kemungkinan kita untuk menjadi pengusaha yang sukses dan pemimpin yang handal. Kita tidak perlu bergantung atau berpatokan untuk menjadi seorang pegawai, tetapi kita bisa menjadi pemimpin dan membuka lowongan pekerjaan bagi diri kita dan banyak orang.

Banyak manfaat dan nilai positif yang kita dapat saat kita menjadi pengusaha. Dengan menjadi pengusaha muda, kita bisa membantu dan mengurangi beban orang tua kita dalam memberi uang saku, juga kita bisa mengisi waktu kita dengan hal hal yang positif, bermanfaat dan berharga. Kita bisa lebih paham dalam menghargai orang tua, menghargai hidup, menghargai uang dan menghargai waktu. Nah di sini saya akan membagi tips untuk menjadi pengusaha muda yang sukses.

Untuk menjadi seorang pengusaha tidaklah sulit. Melalui hobi kita bisa menjadi pengusaha. Melalui kebiasaan kita bisa menjadi pengusaha, melalui kemampuan kita bisa menjadi pengusaha dan masih banyak jalan untuk menuju kesuksesan. Di sini, kitalah orang yang berperan untuk mewujudkannya. Jika kita tidak memulainya, maka hilanglah kesempatan dan harapan kita. Langsung saja kita simak tips menjadi pengusaha muda yang sukses.

1. Niat

Menurut saya hal yang paling utama untuk memuali sesuatu adalah niat. Dengan niat, kita bisa melakukan sesuatu dengan sepenuh hati kita, tanpa ragu. Berniatlah atas nama Allah agar usaha yang akan kita jalani bisa berjalan dengan lancar dan dipermudah segala permasalahan yang dihadapi. Mintalah riddha kepada Allah, karena segala sesuatu yang terjadi atas kehendaknya. Kegagalan sudah menjadi hal yang biasa bagi pengusaha, karena jika tidak ada kegagalan kita tidak bisa tau apa kesalahan yang ada pada usaha kita, dengan adanya kegagalan kita bisa belajar dari kesalahan kita. Maka dari itu kita harus memulainya dari niat agar kita bisa menerima dan menjalankannya dngan sepenuh hati.

2. Menentukan Produk Apa Yang Akan Dijalani

Nah disini kita menentukan produk apa yang akan kita jalani. Seperti yang saya katakan di atas kita bisa menentukannya melalui hobi, kebiasaan, kemampuan dan kesukaan. Jika kita memiliki hobi menulis, maka kita bisa membuka jasa menulis, menjadi blogers atau menjadi penulis novel. Jika kita memiliki kebiasaan senam, maka kita bisa membuka private senam dan lainnyaa. Nah jika kita memiliki kemampuan fotografi kita bisa membuka jasa foto, atau studio kecil kecilan. Kemudian, jika kita suka memasak maka kita bisa berjualan aneka makanan ringan.

3. Menyiapkan Modal

Modal adalah hal yang sangat penting dalam membangun suatu usaha, modal bukan hanya berupa uang, tetapi juga bisa berupa kemampuan. Kita bisa memulai usaha tanpa uang dengan memanfaatkan kemampuan kita. Banyak ditemukan orang yang ingin membangun suatu usaha, tetapi tidak memiliki modal. Sebaliknya orang yang memiliki banyak modal, tetapi tidak memiliki tujuan untuk mengola modal tersebut. Kita sebagai anak muda bisa mendapatkan modal dengan cara menyisihkan uang jajan kita sedikit demi sedikit, kita juga bisa meminjam dengan teman atau orang tua kita.



4. Mencari Tahu Target Pasar

Setelah menentukan produk, kita harus mencari tau siapa target pasar kita. Nah misalnya kita ingin berjualan produk make up ala Korea, yang banyak disukai remaja perempuan pada saat ini. Di sini kita harus menentukan:

-target produk kita ialah remaja sampai dewasa

-target lokasi kita ialah seputaran kota Banda Aceh dan sekitarnya

-target demografi kita ialah pelajar dan mahasiswi yang ada di kota Banda Aceh

-target psikografi kita ialah mereka yang aktif disosial media.

Dengan menentuka target, kita bisa lebih mudah dalam memasarkan produk kita. Kita bisa tau akan menggunakan media apa untuk mempromosikan produk kita. Dengan begitu kita bisa menjual produk kita dengan mudah.


5. Menentukan Media Promosi yang Tepat

Banyak media yang dapat kita gunakan untuk menjadi media promosi seperti media televisi, media cetak, radio dan media sosial. Untuk menentukan media promosi apa yang cocok untuk produk kita maka kita lihat lagi siapa yang akan menjadi target pasar kita. Jika target produk kita adalah orang tua, maka gunakan media televisi atau radio, tetapi jika target produk kita adalah anak muda, maka kita menggunakan media sosial seperti facebook, twetter, Instagram dan lainnya.

6. Meminimalisir Risiko

Setiap hal dalam hidup kita pasti ada risikonya. Risiko sendiri adalah ketidakpastian. Dalam membangun suatu usaha pasti juga ada risiko yang akan kita hadapi. Oleh karena itu tingkatkan pengetahuan dan kemampuan kita dalam menjalankan usaha dengan keuletan, kejelian, kekuatan, ketekunan, dan kreatifitas yang kita miliki. 



Agar risiko yang mungkin saja muncul di tengah perjalanan dapat teratasi dan tidak merugikan bisnis yang sedang kita jalani. Sebelum melakukan usaha kita juga harus melakukan riset mengenai hambatan-hambatan yang mungkin saja terjadi di tengah perjalanan usaha kita. Kita juga harus bisa menyesuaikan besar modal usaha yang dimiliki dengan risiko usaha yang diambil dan kita juga harus tau seberapa besar tingkat kebutuhan dan minat masyarakat akan produk kita.

Inilah tips dari saya. Intinya adalah jika kita mau berusaha dan terus mencoba, pasti kita bisa menjadi apa yang kita mau dan impikan. Semua orang pasti ingin menjadi orang yang sukses, berguna bagi orang tua dan banyak orang. Jangan pernah putus asa, ragu, dan tidak percaya diri. Tetaplah berdoa kepada Allah agar diberi kemudahan dam kelancaran dalam menjalankan usaha. Semoga apa yang saya tulis bisa menjadi manfaat bagi banyak orang, dan kita semua menjadi orang yang sukses dunia dan akhirat Amiin.

2 komentar:

  1. Menurut saya artikel ini sangat memotivasi, karna dengan ada nya pengetahuan tentang wirausaha dapat mengurangi pengangguran yang ada di suatu daerah. Dengan ada nya wirausahawan muda di suatu daerah dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat di daerah itu..

    BalasHapus
  2. Menurut saya artikel ini sangat memotivasi, karna dengan ada nya pengetahuan tentang wirausaha dapat mengurangi pengangguran yang ada di suatu daerah. Dengan ada nya wirausahawan muda di suatu daerah dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat di daerah itu..

    BalasHapus

Post Top Ad

Potret