BISNIS ITU BUTUH PERENCANAAN

advertise here


                                        Oleh Doni Riski
Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh

Bagi yang belum mengetahui apa itu bisnis, bisnis merupakan suatu usaha atau organisasi  yang menjual barang atau jasa kepada kosumen untuk menghasilkan keuntungan bagi sipemilik bisnis. Dalam memulai bisnis ada beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan, salah satunya yaitu  perencanaan dalam memulai bisnis (Business  plan). Business  plan merupakan hal penting dalam memulai sebuah usaha, karena tanpa perencanaan usaha yang akan kita jalankan cenderung sulit untuk dikembangkan.
Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang usaha apa yang akan saya bangun ke depannya dan bagaimana langkah-langkah dalam mewujudkan keinginan saya tersebut. Pada awalnya ada banyak usaha yang terpikirkan dalam kepala saya saat itu.  namun, di sini saya  memilih salah satu bisnis yang selalu terbayang dalam pikiran saya yaitu usaha pisang goreng. Pada artikel yang saya buat sebelumnya yang telah dimuat media Potret Online juga membahas tentang usaha pisang goreng dan terimakasih karena artikel yang saya buat termasuk salah satu dari sekian banyak artikel yang telah dimuat oleh Potret Online. Karena artikel sebelumnya membahas tentang gambaran usaha yang bagus untuk didirikan, jadi artikel saya kali ini akan membahas bagaimana cara mewujudkan usaha tersebut dan apa saja langkah-langkah  yang harus dipersiapkan serta perencanaan (planning) apa saja yang akan dibuat dalam mendirikan usaha tersebut. Nah, bukan hanya angan-angan saja yang selalu diimpikan melainkan cara mewujudkannya bagaimana.
Jadi dalam membangun usaha pisang goreng, ada banyak hal yang harus dipersiapkan dari mulai hal yang nampak seperti peralatan sampai hal yang tidak nampak yaitu perencanaan. Kemudian hal-hal yang harus kita perhatikan dalam membangun usaha yaitu yang pertama sekali modal, dalam membangun usaha. Selain niat, kita juga harus mempunyai modal yang banyak, karena modal adalah salah satu pendorong dalam mendirikan suatu usaha. Bagaimana kita mau mendirikan suatu usaha, jika hanya bermodalan niat dan kemauan saja, sementara uangpun tidak kita usahakan yah sia-sia saja. Kenapa saya bilang modal yang terpenting, karena membuka usaha itu ada banyak rintangan yang harus kita hadapi. Salah satunya di saat usaha kita kurang laku sementara uang telah kita gunakan untuk membuat usaha yang kita jalankan. Bagaimana kita bisa membuatnya lagi sedangkan uang/modal kita hanya sedikit/hampir habis.
Kemudian yang kedua ide (gagasan). Ide yang saya maksud disini yaitu bagaimana cara kita mengelola usaha kita dengan baik, tanpa ide kita akan bingung memulai usaha dari mana dan apa yang harus kita lakukan untuk memulainya. Maka ide termasuk salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membangun usaha. Dengan adanya ide kita tidak akan bingung ketika usaha kita kurang maju, maka kita tidak akan putus asa karena kita mempunyai banyak ide untuk membangun usaha yang misalnya akan bangkrut.
Kemudian yang ketiga yaitu strategi, yaitu cara kita menjual produk agar dikenal banyak orang. Dalam hal ini pertama kita harus menetukan lokasi yang tepat dan strategis agar produk yang kita jual banyak dibeli dan dikenal banyak orang, karena dalam penentuan tempat atau lokasi sangat mempengaruhi tingkat keuntungan atau tingkat daya beli pelanggan, dengan kita mempunyai tempat jual yang bagus/strategis maka usaha kita akan sering didatangi atau diminati banyak pelanggangan karena merasa mudah dan pas dalam menjangkaunya. Karena usaha ini adalah usaha pisang goreng maka lokasi yang tepat untuk mendirikannya yaitu ditempat-tempat wisata seperti pantai dan sebagainya, karena tempat wisata mempunyai khas tersendiri yang berkitan dengan usaha yang kita jalankan yaitu usaha pisang goreng. Di saat orang-orang sedang berwisata, pasti suka akan hal-hal kecil yang disenangi seperti makan-makan goreng, minum jus dan lain-lain, nah disitulah dagangan kita diperlukan, karena salah satu yang menyebabkan orang suka makan gorengan karena selain murah juga relatif gampang dalam hal mencari dan menikmatinya.
Yang ketiga yaitu visi/misi kita dalam menjalankan usaha tersebut. Visi di sini yaitu pandangan jauh tentang bagaimana usaha kita ke depannya. Dengan adanya visi, kita dapat melihat dan mengatur akan usaha yang akan kita jalankan nantinya. Di sini visi kita dalam menjalankan usaha pisang goreng yaitu membangun bisnis gorengan yang sukses dan berhasil membangun kepercayaan masyarakat akan membangun usaha-usaha yang dapat mengurangi tingkat kemalasan dan penggangguran masyartakat.
Sedangkan misi yaitu bagaimana cara kita dalam mewujudkan visi kita tersebut, dengan adanya misi, kita bisa  terpacu dan mempunyai semangat yang tinggi akan tujuan dari usaha kita ke depannya dan kita bisa mempersiapkannya dari sekarang karena kita sudah mempunyai gambaran akan usaha yang kita jalankan nantinya. Salah satu tujuan dari usaha pisang goreng ini yaitu membuat pisang goreng yang sehat bagi kesehatan dan menjadikan pisang goreng yang berbeda dari gorengan-gorengan lainnya dengan menciptakan inovasi-inovasi baru dalam hal pembuatannya produknya.
Kemudian yang terahir yaitu peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam membuat usaha pisang goreng. Disini saya akan menyebutkan apa-apa saja peralatan dan perlengkapan (secara umum) yang harus dipersiapkan dalam membuka usaha pisang goreng:
Peralatan:
·      Kuali
·      Kursi
·      Meja
·      Piring
·      Gelas
·      Kompor
·      Gas dll
Perlengkapan:
·      pisang
·      gula pasir
·      minyak makan
·      tepung terigu
·      susu
·      air dll

Sekian artikel tentang bisnis plan yang saya buat ini. Semoga dengan artikel ini saya bisa menambah kepercayaan kepada kita semua untuk langsung membuka usaha, walaupun bukan usaha pisang goreng, yang penting usahanya halal dan pastinya mendapatkan keuntungan

Click to comment