MURAH BELUM TENTU TIDAK SEHAT

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>

Oleh  Nova Santia

Mahasiswa S1 Jurusan  Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry, Banda Aceh

 Murah yaitu nilai nominal yang ditentukan untuk menjual produk yang telah diproduksi. Bagi sebahagian orang mungkin berfikir hal yang murah tidak ada untungnya untuk dipergunakan bagi dirinya masing-masing. Dikarenakan  sebahagian orang bukan harga yang menjadi masalah dalam suatu barang atau produk, melainkan yaitu kualitas dan rasa yang pas dilidah. Kalau ditinjau dari sudut lain, harga yang murah ada untungnya bagi orang yang ekonomi rendah atau pas-pasan. Bagi orang yang keuangannya menegah ke bawah, hal yang murah itu ada juga yang sangat membantu kebutuhan dan keperluan masing-masing individu. Bahkan bagi sebahagian orang itu bisa menjadi peluang bisnis baginya, dan itu juga bisa sangat menguntungkan, baik bagi si penjual maupun bagi si pembeli.
Hal yang sering orang remehkan karena dianggap murah bisa juga sangat berguna untuk tubuh, bahkan bisa sangat membantu kita dengan hal yang murah tersebut, misal salah satunya yaitu jus 5000. Bagi sebahagian yang menyukai buah, tapi tidak sanggup untuk membelinya, dikarenakan harga buahnya yang tidak terjangkau, jus 5000 adalah pilihan yang tepat. Apalagi untuk kalangan mahasiswa, yang bagi sebahagiannya uang perbulan sudah pas hanya untuk keperluan kampus, untuk makan, dan juga untuk keperluan transportasi sudah sangat pas-pasan.  Ya, jus 5000 bisa menjadi sangat membantu karna dengan harga yang sangat terjangkau. Buah-buah yang tidak sanggup kita beli tersebut dapat kita beli di jus 5000. Sekarang  jus 5000 ini sangat mudah bisa kita jumpai di mana saja, dikarenakan oleh sangat populernya jus 5000 tersebut. Juga dengan hanya 5.000 itu, adalah  harga yang tidak menguras kantong baik itu mahasiswa, siswa, dan juga bagi kalangan lainnya.
Jangan pandang suatu hal hanya dengan casing  luarnya saja, bisa saja casing, atau tampilan luar tersebut dapat menipu sebahagian banyak orang. Sebaiknya,   coba difahami dan telusuri dulu. Belum tentu  suatu casing yang bagus hal yang lain akan bagus juga. Begitu pula dengan hal yang berbau murah, belum tentu juga hal yang murah tidak ada manfaatnya. Bahkan dengan adanya hal yang murah dapat membantu bagi berbagai kalangan. Sebagai pembeli yang cerdas, kita harus mampu melihat dan mempelajari suatu produk yang akan dibeli. Jangan abaikan faktor kebersihan, faktor bahan baku yang bagus dan juga hal-hal lain yang berkaitan dengan kesehatan kita. Bila kita tidak teliti dan tidak mau peduli akan hal tersebut, kita akan berhadapan dengan berbagai risiko kesehatan yang akan menguras banyak uang dari kantong kita. Makanan dan minuman yang sehat itu, tidak selamanya mahal, tetapi banyak yang murah. Namun, sekali lagi sebagai konsumen, kita harus teliti.

Bagi pengusaha atau pelaku usaha jus 5000, juga harus mampu menjaga usahanya agar tidak ditinggalkan oleh konsumen. Pengusaha jus 5.000 yang Muslim, sebaiknya menerapkan cara-cara menjalankan usaha yang Islami. Cara yang Islami itu misalnya tidiak menggunakan bahan yang merugikan orang lain, cara pembuatan yang halal dan sehat serta tidak mengurangi ukuran atau timbangan. Itu hanya beberapa pertimbangan agar para pelanggan juga loyal terhadap produk para penjual jus 5.000. Masih banyak cara lain yang bisa dilakukan. Utamakan kejujuran dalam berwirausaha.

Click to comment