Sembilan Aktivitas Pengisi Liburan Anda Yang Sangat Menarik

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>



Oleh Dian Balkis
Mahasiswi  Jurusan Perbankan Syariah, FEBI UIN Ar-Raniry, Banda Aceh

Assalamualaikum pembaca
Bertemu kembali bersama saya Dian Balkis. Senang sekali dapat berbagi cerita  pada kesempatan ini. Oke saya akan sedikit bercerita tentang kegiatan setelah berlalunya semester 5. Bagi pembaca yang masih kuliah, pasti akan mengalami liburan semester. Ada sebagian mahasiswa yang senang libur semester, ada juga yang tidak senang karena berbagai alasan. Bagi mahasiswa yang bukan perantau, liburan semester bukan moment-moment yang dinantikan, tetapi jika bagi mahasiswa perantau, libur semester merupakan moment yang sangat dinantikan, karena mereka sangat ingin pulang kampung dan bertemu dengan keluarga.
Sebagian mahasiswa libur semester ini menjadi hal yang sangat membosankan, apalagi mahasiswa rantauan yang pulang kampung. Mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan di rumah, sehingga dapat membuat mereka suntuk dan bosan. Seharusnya ada kegiatan yang dapat mengatasi kebosanan mereka. Padahal banyak kegiatan yang bisa dilakukan mahasiswa di kala libur kuliah. Jadi penulis akan memberikan kegiatan apa saja yang dapat dilakukan mahasiswa saat libur semester, kegiatan ini seperti yang penulis lakukan.So berikut adalah kegiatan-kegiatannya guys.
Pertama. Bagi mahasiswa perantauan yang jauh kampungnya ,saran penulis tidak usah pulang kampung saja karena akan menghabiskan banyak ongkos mobil dan nanti sampai di kampung juga tidak ada kegiatan atau nganggur. Sebaiknya cari pekerjaan paruh waktu untuk menambah pengalaman kerja, sehingga tidak membuat bosan dan menambah pengetahuan baru.
Kedua. Bagi mahasiswa yang menganggur atau tidak ada kegiatan lainnya, menulis dapat menjadi suatu cara untuk mengatasi  kebosanan dan suntuk. Jadi penulis sarankan untuk menulis apa saja yang ada di pikiran pembaca, sehingga dengan menulis dapat melegakan pikiran dan perasaan kita pun akan menjadi senang. Menulis ini pun juga dapat dijadikan sebagai usaha, jika kita benar-benar serius.
Ketiga. Bagi mahasiswa yang ketinggalan mata kuliah, saat libur semester ini dapat dimanfaatkan untuk mengambil semester pendek (SP), karena saat-saat libur seperti inilah di manfaatkan untuk mengejar mata kuliah yang ketinggalan.
Keempat. Bagi mahasiswa yang kreatif dan memiliki skill di bidang kuliner, bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha kue, misalnya donat, roti dan sebagainya. Begitu juga dengan usaha lainnya.Sehingga mendorong kita sebagai mahasiswa untuk berwirausaha, di mana kita tidak hanya berharap kerja di pemerintah, akan tetapi apa salahnya jika kita berwirausaha dengan sungguh-sungguh pasti akan lebih sukses dari PNS.
Kelima. Bagi mahasiswa yang ingin lebih memperdalam bahasa Inggrisnya, saat libur seperti ini dapat digunakan untuk les bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat dibutuhkan sekarang ini, apalagi di Universitas untuk lulus saja dibutuhkan sertifikat TOEFL untuk mencari pekejaan juga begitu.
Keenam. Dalam menjalankan hidup ini harus seimbang antara dunia dan akhirat, jadi menurut penulis saat- saat libur seperti inilah yang harus dimanfaatkan mahasiswa untuk belajar lebih dalam tentang ilmu agama Islam, cara-caranya dapat seperti datang ke kajian-kajian islam ilmiah dan juga dapat tinggal di pondok pesantren untuk belajar ilmu agama.
Ketujuh. Membantu orang tua juga merpakan suatu hal yang dapat dilakukan oleh mahasiswa di saat waktu libur seperti ini, misalnya seperti pergi ke sawah, membantu usaha orang tua berjualan, dan banyak kegiatan yang dapat dilakukan mahasiwa yang ada kemauannya. Sehingga tidak dapat membuat bosan dalam libur semester ini.
Kedelapan. Bagi mahasiswa yang ingin cepat lulus dan ingin mencari wawasan baru. Ikutilah seminar-seminar dan talkshow misalnya untuk menambah pengetahuan dan juga dapat dilakukan kegiatan lain seperti mulai dari sekarang terus mencari judul proposal yang bagus supaya di semester depan sudah dapat mengikuti seminar.
Kesembilan. Bagi mahasiswa yang di jurusan perbankan syariah, magang merupakan suatu kegiatan yang penting sehingga saat libur seperti ini dapat dimanfaatkan untuk magang di Bank. Selain memang keharusan dari kampus magang juga dapat menambah wawasan dan pengalaman, jadi apa salahnya untuk di coba guys.
Nah, itulah beberapa saran kegiatan yang penulis berikan kepada pembaca, semoga dapat bermanfaat dan di terapkan pada liburan semester kali ini.

1 komentar:

avatar

syukran bapak...

Click to comment