Takut Malu

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>


By Lina Zulaini
Penulis adalah seorang Mahasiswi, berdomisili di Jantho, Aceh Besar


Malu adalah suatu hal yang paling tidak disukai oleh banyak kalangan orang. Semua orang, baik itu dari kalangan remaja, dewasa bahkan orang tua. Anak-anak pun tidak mau malu. Berbicara soal malu,  kata ini kerap kali diartikan dengan kata “tidak percaya diri” yang menyebabkan seseorang menjadi tidak mampu untuk mengemukakan pendapatnya di depan orang banyak.Ketidakpercayaan diri seseorang akan menimbulkan kesulitan, susah untuk menjalin hubungan dengan orang di sekitarnya, susah mendapatkan teman, susah berinteraksi, bahkan akan menutup dirinya untuk orang lain. Hal ini akan jelas sangat mempersulit untuk memperoleh peluang kerja.
Namun tahukah anda, terkadang kita perlu menyelipkan kata-kata malu dalam hidup kita. Kenapa? Karena dengan malu kita akan bisa menghormati orang yang lebih tua dari kita, menghargai sesama kita dan menyayangi yang lebih muda dari kita. Dengan malu, akan jarang orang berbuat kejahatan di bumi ini. Malu akan mengantarkan seseorang untuk berbuat baik. Orang yang memiliki sikap malu tidak akan melakukan kesalahan dalam hidupnya, karena ia merasa bahwa yang diperbuatnya merupakan suatu aib bagi dirinya sendiri.
Banyak kita jumpai dalam kehidupan, orang akan merasa malu jika yang ia kerjakan merupakan perbuatan baik dan disenangi oleh Allah SWT, seperti malu bersedekah, malu ke masjid, malu menghukum yang salah karena jabatan yang lebih tinggi, bahkan malu untuk mengakui kesalahan kita sendiri. Untuk itu, sifat malu harus dimiliki oleh setiap insan agar hidupnya jauh dari berbuat salah dan tanpa merasa ragu untuk mengakui kesalahan.
Lina Z, 18 Februari 2018

Click to comment