Menyusuri Tempat Wisata di Spanyol yang Kental Sejarah Islam

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>


Spanyol berada di Eropa bagian barat daya, tepatnya di Semenanjung Iberia. Selain terkenal sebagai negeri matador, Spanyol juga dikenal dengan klub sepakbola dan bahasa mereka yang telah mendunia.

Namun tahukah kamu? Sebetulnya Spanyol juga memiliki sejarah Islam yang kental di masa lalu. Hal itu terbukti dari beberapa bangunan peninggalannya yang masih terjaga hingga kini. Apa saja itu?

1. Masjid Cordoba
Awalnya masjid ini adalah sebuah gereja bernama Katedral Saint Vincent yang telah dibangun semenjak tahun 600 Masehi. Kemudian Abdul Rahman I membeli setengah dari Katedral agar umat muslim dapat menjalankan ibadah salat di masjid.

Masjid Cordoba memiliki desain yang melambangkan perastuan 3 agama, yakni Muslim, Kristen, dan Yahudi. Sekitar abad ke-16, sebuah katedral bernama ‘Mezquita-Catedral’ dibangun di tengah-tengah masjid.

2. Alcazar of Jerez de la Frontera
Tahun 1931 kompleks bangunan megah ini telah ditetapkan sebagai tempat bersejarah di Spanyol. Dibangun pada abad ke-11, tempat ini sebenarnya adalah sebuah benteng yang sekaligus difungsikan sebagai istana.

Alcazar of Jerez de la Frontera memiliki gaya arsitektur yang indah. Di dalamnya terdapat satu-satunya masjid yang masih tersisa dari semua masjid di kota itu.

3. Istana Alhambra

Istana indah ini merupakan kediaman raja yang didirikan oleh seorang raja dari Dinasti Nasrid di wilayah Cordoba. Alhambra memiliki desain arsitektur yang sangat detail dam kuat. Sehingga konstruksi bangunannya masih bertahan hingga sekarang.

Istana ini dibangun kembali dan mengalami perubahan setelah Cordoba jatuh ke tangan Katolik.

4. Madinat az-Zahra
Dalam bahasa Arab Madinat az-Zahra mengandung arti kota bersinar. Sekitar abad ke-10 kediaman khalifah Abdur-Rahman III ini merupakan salah satu pusat budaya dan kesenian terbesar di Andalusia.

Konon kota ini dipersembahkan khalifah untuk istri kesayangannya yang bernama az-Zahra. Di Madinat az-Zahra kamu dapat mengunjungi tempat-tempat menakjubkan, seperti Casa de Yafar dan Edificio Basilical Superior.

5. Menara Giralda
Dahulu menara azan ini berada di masjid agung kota Sevilla, tapi saat ini telah berubah fungsi menjadi menara lonceng Katedral Seville dan berganti nama menjadi Giralda. Bangunan setinggi 105 meter tersebut dibangun oleh arsitek Ben Ahmad Baso pada 1198. Ia disebut-sebut sebagai menara tertinggi di Sevilla selama 800 tahun.

Berbagai peninggalan bangunan tersebut membuktikan bahwa Islam pernah mengalami masa kejayaan di Spanyol. Apakah kamu tertarik mengunjungi 5 destinasi wisata di atas?

Click to comment