Melatih Siswa Madrasah Menulis Sejak Dini

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>


Oleh Cut Rahmawati

Menulis merupakan hal positif yang dapat dilakukan di waktu – waktu senggang. Pembiasaan menulis pada anak sangat baik karena akan mengurangi waktu yang terbuang percuma. Dengan menulis anak akan menghasilkan karya dari hasil kreatifitas dan imajinasinya sendiri. 

Melihat banyaknya kasus yang terjadi dewasa ini, kita baca di media cetak maupun elektronik banyak anak yang  meluapkan emosi melalui cara yang sangat ekstrim. Permasalahan ini dapat diminimalisir di sekolah. Salah satunya dengan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Nah,  menghabiskan waktu dengan menulis dapat membantu anak mencurahkan segala perasaannya melalui tulisan.

Berkaitan dengan momentum Hari Anak Nasional di bulan Juli, untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tersebut, kepala Madrasah Negeri 3 Aceh Besar bekerjasama dengan Forum Aceh Menulis chapter Aceh Besar mengadakan pembelajaran tentang menulis di sekolah. Pelaksanaan kegiatan berlangsung di kelas delapan dan Sembilan, sesuai dengan jam mata pelajaran selama 1 jam pelajaran.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Selasa, 31 Juli 2018  itu, merupakan wujud perhatian dan kepedulian terhadap kebebasan anak berekspresi. Untuk memudahkan menulis, maka materi menulis merupakan menulis bebas. Salah satunya adalah menulis  tentang perasaan senang dan sedih yang mereka rasakan. Perasaan tersebut ditumpahkan ke dalam tulisan. 

Kepala Madrasah, Bapak Drs. Munzir,M.Pd. memberi respon dengan penuh antusias  terhadap kegiatan ini, karena sangat bagus untuk meningkatkan literasi siswa dan memotivasi siswa dalam berliterasi sejak dini. Diharpkan nantinya  mereka menjadi manusia yang mampu membawa perubahan bagi dirinya dan bangsa melalui tulisan.
Di samping itu, Beliau mengharapkan kegiatan ini juga sangat perlu bagi guru, semoga program menulis ini juga dapat dilaksanakan pada guru untuk membina guru dalam menulis.

Click to comment