TAATLAH PADA ORANGTUA

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>
Ilustrasi : Elfira agung putri
Oleh: Muammar Khadafi
Kelas   IX C  SMP Negeri 3 Bandar Dua, Ule Gle, Pidie Jaya

            Orangtua adalah orang yang paling berjasa dalam kehidupan kita. Mereka adalah orang yang telah merawat kita dari kecil hingga besar. Semua pengorbanan mengurus kita dan membesarkan kita, mereka lakukan dengan ikhlas tanpa mengharapkan balasan sedikit pun. Orangtualah yang membesarkan kita dan merawat kita dengan penuh kasih sayang. Sebaga anak kita wajib berbakti, menghormati dan menaati mereka, akan tetapi jika mereka memerintahkan sesuatu yang melanggar aturan Allah, maka kita tidak boleh menaatinya.
            Sebagai anak kita wajib berbakti karena ibu kita yang susah payah mengandung kita, melahirkan  dan menyusui  serta menjaga kita dengan sangat baik. Begitu juga ayah kita yang dengan susah payah mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari. Kita harus berbuat baik, hormat dan taat serta berbakti kepada kedua orangtua, terutama ibu. Ingatlah akan susah payah dan pengorbanan mereka demi membesarkan dan merawatkan kita dengan penuh kesabaran dan kasih sayang. Mereka merawat dan menjaga kita, siang dan malam. Mereka menjaga kita agar tidak digigit nyamuk. Begitulah pengorbanan orangtua kita. Sebagai anak yang baik, sudah sepatutnya kita menghormati dan menaati mereka. Jasa pengorbanan mereka sangatlah banyak dan tidak ternilai. Kewajiban kita sebagai anak, kita wajib merawat kedua orangtua yang telah lanjut usia. Kita tidak boleh berkata kasar kepada orangtua kita, bahkan kita tidak boleh berkata “ah” kepada orangtua kita. Apalagi membentak kedua orangtua, kita harus mengucapkan kata-kata yang baik dan mulia.
            Berbuat baik kepada orangtua merupakan salah satu perbuatan yang dicintai Allah. Berbuat baik kepada orangtua adalah amalan yang penting yang harus dilakukan oleh setiap manusia, karena jasa dan pengorbanan mereka kepada kita sangatlah banyak dan tidak ternilai. Semua jasa dan pengorbanan orangtua kita tidak akan sanggup kita membalasnya, ibu yang telah mengandung dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyusuinya selama dalam usia dua tahun.
            Berbuat baik terhadap orangtua adalah taat terhadap nasehat yang diberikan orangtua. Merendahkan diri kepada orangtua meskipun kita telah menjadi orang yang sukses, kita tetap harus merendahkan diri kita di hadapan orangtua kita. Kita tidak boleh sombong meskipun kita telah menjadi orang yang sukses. Ingatlah, kita dapat menjadi orang sukses karena berkat jasa dari orangtua. Kita tidak boleh berkata keras dan kasar. Janganlah kamu membentak dia, rawatlah mereka dengan baik, doakanlah mereka dan minta izinlah jika kamu hendak keluar rumah serta kamu harus memberi tau kemana kamu pergi.
Kita harus tahu keridhaan Allah itu terletak pada keridhaan orangtua dan murka Allah itu terletak kepada murka orang tua. Kita juga harus tahu bahwa surga itu terletak di bawah telapak kaki ibu.  Kita tidak boleh durhaka kepada orangtua kita. Kita harus melakukan apa yang disuruh orangtua, tetapi jika mereka menyuruhkan kita perbuatan yang dilarang Allah maka kita tidak boleh mengerjakannya.

Click to comment