Berwirausaha Dengan Gadget? Why Not!

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>



Oleh  Dara Masthura Gebrina Ray
Mahasiswi  Prodi  Perbankan Syariah, FEBI, UIN Ar-Raniny Banda Aceh

                  Teknologi apa yang tidak ada di zaman sekarang? Bahkan suatu teknologi yang dulunya hanya imajinasi sudah ada di dunia ini. Dengan maraknya beragam teknologi yang berkembang membuat kita menjadi sangat dimanjakan, mulai dari bangun tidur hingga tertidur kembali, semua kegiatan tersebut diawali dengan teknologi. Sebut saja teknologi  yang paling sering kita gunakan adalah gadget.
Siapa yang tidak memakai gadget di era globalisasi ini? Karena harga gadget yang mulai beragam berbagai kalangan memakai gadget, mulai dari Presiden hingga pengamen jalanan. Teknologi mini tersebut dapat mendatangkan banyak manfaat yang menguntungkan.
Butuh uang? Penggangguran? Nah! Teknologi mini ini punya solusinya. Penggunaan internet dalam gadget  dapat membantu kita keluar dari permasalahan tersebut. Caranya adalah dengan berwirausaha melalui gadget. Dengan berbasis online kita dapat menjalankan bisnis jual-beli dengan mudah, serta dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan kepada siapa saja.
Bisnis online merupakan bisnis yang paling mudah dijalankan. Kita tak perlu bersusah payah mencari lapak jualan kita dan menghabiskan waktu yang lama. Bisnis online menghemat waktu dan juga tempat dalam berbisnis.
Bisnis online atau yang biasa kita kenal dengan olshop ini menawarkan jual-beli dengan transaksi yang sangat mudah, tanpa perlu berjumpa langsung dengan pelanggan kita. Bisnis ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.
Bagi anak-anak muda saat ini, olshop merupakan sarana yang baik untuk memulai usaha. Olshop dapat dimulai dengan usaha yang sangat kecil. Banyaknya peminat olshop memudahkan kita dalam menjalankan usaha. Bisnis olshop hanya perlu modal yang sedikit lebih kecil dibanding dengan pembuka usaha biasa, akan tetapi pengusaha bisnis olshop memerlukan minat, tekad, kemauan serta semangat yang kuat agar bisnis tersebut berjalan dan bukan hanya iming-imingan belaka.
Olshop memiliki langkah mudah dalam berbisnis. Sebelum berbisnis pengusaha dianjurkan untuk melihat pasar, agar dapat melihat minat masyarakat dan hal-hal yang sedang trend di masyarakat saat ini. Hal tersebut diperlukan agar bisnis dapat berjalan lancar dan memudahkan dalam berjualan sesuai kemauan masyarakat saat ini.
Sebagai pemula, mulailah mencari supplier yang dapat dijangkau. Hal tersebut memudahkan dalam mengakses barang dagangan, sehingga kita tidak kesulitan dengan barang-barang yang akan kita jual kepada konsumen. Barang yang ready stock lebih memudahkan kita daripada barang yang sedang diproses. Akan lebih baik lagi jika barang tersebut kita produksi sendiri. Keuntungan yang didapat lebih banyak daripada harus dibagikan dengan supplier.
Selanjutnya, barang yang akan dijual dapat dipromosikan dan diiklankan secara online  dengan giat agar masyarakat melirik bisnis kita. Penggunaan dropship dapat mempermudah olshop kita dikenal banyak orang . Barang yang dipasarkan sebaiknya barang yang beragam dan terkini sesuai yang sedang trend di masyarakat, agar konsumen tidak pergi mencari olshop lain.
Ketika menjual barang kepada konsumen jauh, usahakan setelah pembayaran, barang langsung dikirim kepada konsumen tersebut dan dikemas dengan baik agar barang tersebut terhidar dari kerusakaan. Barang yang dikirim pastikan sesuai dengan dengan yang diinginkan konsumen dan dikirim sesuai dengan alamat konsumen.
Itulah langkah-langkah memulai olshop bagi pemula. Yang paling penting adalah untuk tidak kehilangan semangat dalam menjalankan bisnis tersebut. Terjadi kesalahan di awal saat memulai adalah hal yang biasa. Usaha tidak akan menghianati proses begitulah kata orang-orang.  Jadi jangan menyerah dan tetaplah berusaha, kesuksesan dimulai dari berusaha. Fighting untuk anak masa muda saat ini. Fighting untuk pemula usaha. Fighting untuk pencari kesuksesan. Fighting! Berwirausaha dengan gadget? Why not!

Click to comment