Mau Kemana Setelah Kuliah?

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>

Oleh Tika Ramadani
Mahasiswi Jurusan Perbankan Syariah, FEBI UIN Ar-Raniry, Banda Aceh
            Jika ditanya kemana anda setelah lulus kuliah? Pertanyaan ini terlihat simple, tetapi memiliki jawaban yang rumit, Kenapa? Karena rata-rata para sarjana tidak memiliki rencana yang jelas setelah lulus kuliah. Tidak heran jika pengangguran dari tahun ke tahun semakin banyak saja jumlahnya. Sakernas (2010)mengemukakan fenomena yang muncul di dunia pendidikan Indonesia dimana semakin tinggi pendidikan seseorang, kemungkinan menjadi pengangguran menjadi tinggi. Miris? 
Tentu saja. Kita tidak bisa menghapus pengangguran seutuhanya, tetapi setidaknya kita bisa menguranginya. Dengan cara menciptakan lulusan-lulusan yang tidak hanya memiliki orientasi sebagai job seekernamun juga sebagai job makeratau yang sering kita sebut sebagai wirausaha. Menciptakan lulusan perguruan tinggi untuk menjadi seorang wirausaha tidak serta merta mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi merubah pola pikir masyarakat bahwa setelah lulus kuliah anda harus mencari pekerjaan.
            Berbicara tentang kewirausahaan, ada hal yang menarik, yaitu di saat para lulusan sarjana mencari pekerjaan kesana kemari, anda malah bisa menciptakan lapangan pekerjaan melalui kewirausahaan ini. Dengan kewirausahaan ini juga anda bisa menjadi pemimpin, walaupun usaha yang  anda rintis itu usaha kecil-kecilan, Menarik bukan?. Namun, untuk menjadi seorang wirausaha tentu ada sikap-sikap yang penting yang harus dimiliki, seperti sabar menghadapi berbagai tantangan, ramah terhadap siapapun, kebal terhadap kegalalan, kreatif dalam segala hal, menjadi motivator setidaknya untuk diri sendiri, menyukai tantangan, siap menghadapi perkembangan zaman, tidak suka menunggu keajaiban, melihat hal sia-sia sebagai peluang besar serta berfikir jangka panjang.
            Bila anda ingin menjadi seorang wirausaha dan membuka sebuah usaha atau bisnis, ada kemampuan-kemampuan yang harus anda miliki, seperti: 
Pertama, kemampuan merencanakan sesuatu. Merencanakan sesuatu adalah hal pokok dalam berwirausaha, misalkan merencanakan produk apa yang ingin anda kelola atau produksi, kemana produk anda akan dipasarkan serta rencana-rencana yang akan anda bangun agar bisnis anda selalu berkembang. Bagi seorang wirausaha, anda harus mampu melihat peluang atau trend saat ini. Misalkan di Aceh. Aceh adalah daerah yang mayoritasnya muslim dan busana muslim atau gamis menjadi trandi di Aceh, jika anda ingin membuka usaha fashion, anda bisa membuka bisnis fashion Islami.
Kedua, Kemampuan pemasaran. Pemasaran adalah hal penting, karena pemasaran merupakan tolak ukur maju atau tidaknya usaha anda. Mempunyai kemampuan pemasaran yang bagus akan menjadi nilai plus bagi anda dalam memasarkan produk anda. Bagi seorang wirausaha harus mampu  melihat tempat yang strategis bagi usaha anda, misalkan anda ingin membuka usaha makanan, anda bisa memasarkannya di daerah Darussalam, karena Darussalam merupakan daerah kuliner sehingga sangat cocok bagi usaha yang akan anda rintis.
Ketiga, Kemampuan interpersonal. Kemampuan interpersonal atau kemampuan berinteraksi atau bersosialisali adalah kemampuan yang dibutuhkan bagi seorang wirausaha. Tidak bisa dipungkiri  bahwa seorang wirausaha akan bertemu dengan banyak orang, entah itu costumer ataupun patner bisnis. Jika seorang wirausaha tidak mempunyai kemampuan ini, bagaimana seorang wirausaha tersebut akan berhubungan dengan costumer atau patner bisnisnya.
Ke empat, Kemampuan kepemimpinan.Kemampuan ini diperuntukkan bagi seorang wirausaha yang usahanya sudah lumayan sukses, sehingga dia mampu untuk memperkerjakan orang lain. Kemampuan kepemimpinan sangat dibutuhkan di dunia kewirausahaan. Pemimpin berbeda dengan bos. Bos cendrung menuntut karyawannya untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan benar dan cepat tanpa ingin tahu bahwa karyawannya bisa atau tidak dalam melakukan pekerjaan tersebut. Sedangkan pemimpin cendrung mengayomi serta menginspirasi karyawannya untuk terus berkembang, sehingga usaha yang dirintis juga akan maju.
Selanjutnya manfaat atau alasan seseorang ingin menjadi seorang wirausaha, selain dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Wirausaha juga bisa mendatangkan kesuksesan dan kekayaan, serta lebih bisa mandiri. Kemudian juga tidak ada ikatan untuk diatur oleh orang lain. Terkadang ada orang-orang yang tidak suka diperintah atau disuruh-suruh. Nah, kewirausahaan bisa menjadi solusi bagi orang-orang tersebut. Bahkan  juga wirausaha bisa menjadi pilihan bagi anda yang tidak kunjung mendapatkan pekerjaan.

Click to comment