MENJADI PENGUSAHA LAUNDRY, SIAPA TAKUT?

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>


Oleh Putri Suryani
Mahasiswi Perbankan Syariah, FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Pekan lalu saya mewancarai salah satu pegusaha yang seharian menggeluti usaha laundry di salah satu kawasan dekat dengan kos saya. WATER PROOF"" itulah nama laundry yang terletak di Jalan Inong Balee, Darussalam. Saya ingin belajar dari pengalaman beliau membuka usaha itu. Ya,   saya mewancarai  ibu pemilik laundry yang bernama "ROSMIATI",. Alasan saya untuk memilih belajar tentang memilih usaha laundry  karena  saya melihat di sekitar kosan saya sangat banyak pengusaha laundry. Banyaknya usaha laundry ini   membuat saya berkeinginan untuk mempelajarinya.
Hari itu,  Sabtu bertepatan pada tanggal 21 Oktober 2017. Saya memulai wawancara dengan mencari tahu, sebenarnya apakah gerangan yang melatar belakangi Bu Rosmiati membuka usaha laundry itu. Ternyata, setelah ditanya, saya mendapatkan jawabannya, karena sesuai dengan  perkembangan zaman yang memberikan banyak atau besar peluangnya.  Di zaman yang terus berkembang ini kaum perempuan, khususnya ibu rumah tangga juga bisa berkarier dengan memanfaatkan kondisi masyarakat saat ini. Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu gaya hidup modern dari masyarakat kota khususnya kawasan yang memiliki anak rantau (anak kos). Banyaknya orang yang merantau, seperti mahasiswa dan pekerja, memberi peluang bagi kita untuk membuka usaha mencuci pakaian atau dikenal dengan sebutan laundry.  Mahasiswa dan pekerja yang tidak sempat mencuci pakaian sendiri, dengan mengeluarkan sejumlah uang, mereka tidak pusing lagi dengan masalah pakaian kotor. Dengan demikian memberikan peluang usaha tersendiri karena kebutuhan akan pelayanan pencucian pakaian ini terus meningkat. 
Namun, ketika kita melirik dan ingin mengembangkan peluang usaha laundry, juga perlu analisis yang matang. Hal ini diperlukan agar ke depannya usaha laundry yang telah kita kembangkan tidak gulung tikar (bangkrut).  Salah satu yang perlu dipertimbangkan adalah tempat usaha. Menurut pengamatan saya pengusaha laundry tersebut  membuka usahanya di tempat yang cocok, seperti tempat yang penduduknya tidak tetap, anak kos dan sebagainya. Mereka bisa melihat peluang dari keadaan dan situasi yang demikian. Seperti disebutkan di atas, bahwa jasa laundry sangat membantu para pelanggannya yang memiliki banyak aktifitas, sehingga waktu mereka untuk mencuci pakaiannya terbatas. Bagi mereka yang memilik uang dan sibuk sangat membutuhkan jasa laundry, karena lebih  mudah, nyaman, dan menghemat tenaga.  
Nah, bagaimana prospek usaha laundry? Tampaknya, usaha laundry akan dapat berkembang pesat. Apalagi jika mampu memaksimalkan pelayanan kepada para pelanggan, baik dalam hal kualitas hasil cucian. Nukan hanya itu, tetapi  ketepatan waktu,  serta keramahan pihak pelayanan.   Pemilik usaha laundry akan lebih baik lagi bila bisa menawarkan dan memberikan jasa pelayanan berupa antar jemput hasil laundry ke alamat pelanggan yang terjangkau. Ini merupakan salah satu cara yang akan dapat menarik  minat pelanggan. Ditambah pula dengan tempatnya sangat strategis seperti di lingkungan para mahasiswa. 
Selain itu,  konsep laundry kiloan, “Water proof Laundry” selama ini mampu memberikan fasilitas pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan secara professional. Layanan yang diberikan tergolong unik dan lengkap, yang  membuat “water proof Laundry” mendapatkan ruang khusus di hati pelanggan. Mungkin karena menyediakan jasa cuci pakaian, bed, selimut, boneka,dan lain-lain.
 Melihat konsep Konsep bisnis “water proof Laundry” yang dijalankan mengedepankan: Kualitas, Kepuasan pelanggan, Pakaian bersih, wangi rapi dan sehat. Deterjen yang digunakan pun ramah lingkungan. Kemudian untuk membuat pelanggan loyal, laundy ini menggunakan sistem keanggotaan, sehingga harga terjangkau bagi semua pelanggan. Tentu saja, dengan adanya beberapa produk dan jasa yang ditawarkan seperti jasa cuci, jasa cuci & kering, jasa cuci, kering, & setrika, setrika menjadi  nilai tambah, selain menggunakan sabun bermutu baik, pewangi pakaian tahan lama, hasil cucian bersih, pemisahan baju putih dan berwarna dan lain-lain.  Kemudian, kemauan untuk mendengarkan keluhan konsumen,  dalam usaha jasa laundry ini juga menjadi kekuatan untuk memperoleh banyak konsumen yang loyal. 
Semua ini sejalan dengan visi dan misi yang diemban serta tujuan yang sudah dirumuskan sebelum menjalankan usaha serta menyusun strategi yang jitu untuk mencapai apa yang diimpikan dari usaha laundry ini. Namun, kegiatan promosi harus  selalu dijalankan, karena promosi juga sangat mempengaruhi berkembangnya usaha yang kita rintis, termasuk memberikan potongan harga atau diskon jika setiap pelanggan mencuci lebih dari 8 kg, karena dengan demikian akan menarik pelanggan maupun calon pelanggan yang datang. 

Click to comment