Pusing Memilih Usaha ?

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>
Ilustrasi POTRET Gallery
Oleh  Mardhiah 
Mahasiswi Perbankan Syariah, FEBI, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh

Di tengah banyaknya  jumlah pengangguran dan persaingan kerja saat ini semakin ketat, dengan membuka usaha sendiri mungkin dapat menjadi salah satu solusi bagi kita. Ini lebih baik, dari pada terus berharap dan mencari pekerjaan dari satu pintu kantor, ke kantor lain. Ya dari pada lelah membuat surat lamaran ke sana ke mari, sambil menunggu pun lebih baik memikirkan untuk busa usaha atau berbisnis.  Apalagi, ketika kita punya usaha sendiri, kita bisa mengatur sendiri. Ya, kita yang menentukan segala tentang usaha yang akan kita bangun. Mulai dari jenis usahanya, bagaimana memulainya, siapa orang yang akan Anda ajak untuk bekerja sama, hingga ke arah mana usaha tersebut. Kita juga harus ingat dan sadar bahwa memulai sebuah usaha mungkin bukanlah hal yang menyenangkan, namun sangat pantas untuk diperjuangkan. Oleh sebab itu,  ketika ingin membuka usaha atau bisnis, pertimbangan saat memilih peluang usaha itu. Usaha apa yang cocok dan menguntungkan. Jadi, haruslah betul-betul dipertimbangkan dengan baik.
Nah, ingat kan? Selalu saja muncul pertanyaan usaha apa ya yang akan dibuat?  Ya, pertanyaan ini sering muncul di pikiran kita saat merasa kebingungan dalam memilih jenis usaha yang ingin kita bangun. Jenis usaha apakah yang paling cocok dengan kita saat ini?  Oleh sebab itu, kita memang harus punya ide atau gagasan bisnis.  Kalau sudah punya dan keinginan atau kemauan sudah bulat, modal bukan lagi suatu kendala., karenatidak semua usaha membutuhkan modal yang besar. Banyak juga jenis usaha dengan modal kecil, bahkan paling banyak diminati
Dapat  memilih jenis usaha yang bagus dan mudah dijalankan hanya dengan modal kecil tentu menjadi dambaan banyak orang.  Sebenarnya banyak cara untuk memilih usaha yang dengan modal yang tidak terlalu banyak, di antaranya :
Niat
Ketika memulai usaha tanpa niat dan keyakinan untuk menjalankan usaha, dapat memungkinkan usaha tersebut tidak berjalan secara lancar atau berhenti di tengah jalan. Tetapi apabila dengan adanya niat dan keyakinan yang kuat dari awal untuk berbisnis, pasti hasilnya akan lebih maksimal. Yang penting  tidak mudah menyerah.
Pilih usaha sesuai dengan keahlian kita.

Cara mengetahui usaha yang cocok untuk kita adalah dengan mengenali diri kita terlebih dahulu. Memilih usaha yang sudah sesuai dengan keahlian kita. Memang keahlian yang kita miliki belum tentu menjadi hobi kita, namun setidaknya kita tidak akan kerepotan dalam memulai bisnis karena kita memang sudah ahli dalam bidang tersebut. Sehingga kita tidak butuh waktu lama untuk mengembangkan usaha.
Membuat daftar bidang usaha
Pikirkan usaha apa yang bagus saat ini, sehingga kita akan lebih mudah dalam mengembangkannya. Tulis sebanyak-banyaknya dalam daftar bidang usaha tersebut agar kita punya banyak alternatif sebagai pilihan. Dengan begitu, kita bisa menganalisis dan mencari tahu jenis usaha apa yang belum banyak didirikan orang lain. Jika memang banyak saingan untuk jenis usaha yang kita minati, maka kita harus memiliki inovasi baru untuk bisa bersaing atau anda mencari alternatif jenis usaha lain yang masih sepi pesaing, namun memiliki tingkat peminat yang banyak.
Pelajari usaha yang telah dipilih
Pelajari bidang usaha yang sudah dipilih. Pahami betul-betul apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan usaha tersebut. Agar usaha yang akan dijalani dapat berjalan maksimal sesuai target yang diinginkan.
Modal
Sesuaikan modal yang kita miliki dengan usaha yang akan dijalankan. Jangan  memaksakan membuka sebuah usaha yang dinginkan, jika modal yang dimiliki tidak cukup. Karena bisa-bisa usaha yang baru berjalan berapa bulan, kemudian sudah kehabisan modal.Maka dari itu, saat  memilih jenis usaha apapun, sesuaikan dengan modal yang kita punya. Jika modal kecil, untuk sementara carilah peluang usaha modal kecil yang pastinya tidak akan memberatkan keuangan kita.
Lokasi yang strategis.
Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen. 
Melakukan promosi
Memulai bisnis tanpa melakukan promosi, tentunya bisnis tidak akan mudah berkembang dan tidak bisa dikenal banyak konsumen. Melakukan promosi merupakan hal penting dalam melakukan usaha, karena selain produk lebih dikenal, manfaat lain dari promosi secara tepat adalah bisa meningkatkan penjualan, menarik minat konsumen, dan menunjukkan kualitas produk. Lakukan promosi melalui media sosial 
Membuat inovasi dan hal-hal yang unik.
Kita harus tahu bahwa konsumen memiliki sifat mudah bosan terhadap suatu produk. Maka kita sebagai pebisnis harus melakukan inovasi hal-hal unik yang bisa membuat konsumen kita loyal. Jangan sampai konsumen beralih menggunakan produk pesaing. Ini perlu, agar bisnis yang kita jalani bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman, sehingga konsumen akan merasa puas dengan produk kita. Namun perlu catat, bahwa bukan hanya keunikannya saja, tetapi kebutuhan dari konsumen yang paling utama harus terpenuhi terlebih dahulu.
Kerja keras, tekun dan rajin
Untuk meraih kesuksesan mungkin tidak semudah yang dibayangkan, dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan mulai dari waktu, tenaga, dan pikiran. Jika dari awal kita membangun usaha hanya santai-santai saja, maka kesuksesan akan lama tercapainya atau bahkan malah terjadi kegagalan di tengah jalan. Bisa dikatakan bahwa hasil yang kita dapatkan akan berbanding lurus dengan usaha yang kita lakukan. Semakin besar usaha kita, semakin besar pula kesuksesan yang akan kita dapatkan.
Itulah beberapa cara memilih usaha di atas semoga dapat membantu kita untuk dapat memulai usaha atau bisnis .Jangan pernah merasa minder dengan usaha yang kita jalankan walupun modalnya kecil. Selalu yakin,tekun dan bekerja keras. mudah-mudahan usaha kita bisa berkembang menjadi besar.  Semoga bermanfaat 

Click to comment