YUK JADI PENGUSAHA SAJA

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>

Oleh Dayana Putri Utami
Mahasiswi Prodi  Perbankan Syariah,  FEBI, UIN AR-RANIRY Banda Aceh
Pada era globalisasi, kita mengenal bahwa inovasi teknologi makin lama semakin maju. Inovasi teknologi untuk para penyandang disabilitas pun menjadi salah satunya. Jadi mengapa kita hanya duduk diam untuk mendapatkan yang lebih dari apa yang selama ini kita dapat?.  Padahal, kita dapat memanfaatkan teknologi yang ada, tidak harus dengan membuka toko atau menyewanya. 
Sudah pada tahu belum apa sih itu entrepreneur ? Pasti semua sudah pernah dengar  nama Bob Sadino atau Marta Tilaar, ya kan? Apa yang ada di benak kamu pada saat kamu mendengar nama mereka ?  Ya benar, mereka adalah para entrepreneur yang sukses dalam membangun bisnis sesuai dengan bidang mereka masing – masing.  Kesuksesan mereka dalam membangun bisnis membuat profesi sebagai seorang entrepreneur tidak dapat dipandang sebelah mata. 
Buat kamu yang masih berstatus sebagai mahasiswa dan masih harus meminta sesuatu kepada orang tua, yuk baca dulu beberapa motivasi dari Bob Sadino ini. Ya, agar kamu lebih yakin jika kesuksesan bukan hanya milik mereka yang memiliki sederet gelar akademik, ataupun mereka yang bekerja pada sebuah perusahaan ternama. Karena sejatinya seorang intrepreneur juga bisa sukses seperti mereka.
“Orang pintar kebanyakan ide dan akhirnya tidak ada satu pun yang jadi  kenyataan. Orang goblok hanya punya satu ide dan itu jadi kenyataan”.
Begitulah fakta yang ada di masa kita.  Orang pintar cenderung berfikir lebih dari sekali jika ingin melakukan sesuatu. Seolah – olah mereka tahu akan berbagai hal. Untuk itulah segala sesuatu dipikirkan secara matang. Sehingga apa yang diinginkan tidak akan berjalan.
“bisnis itu hanya bermodal dengkul, bahkan jika kamu tidak punya dengkul, pinjam dengkul orang lain.
Sering sekali  kita mendengar jika modal merupakan syarat utama yang harus dimiliki jika seseorang ingin memulai sebuah bisnis. Untuk itulah mereka akan berusaha untuk mencari investor, pinjaman bank, atau dari siapa pun yang dipercaya untuk memberikan pinjaman modal. Bahkan jika usaha mereka berkembang, maka mereka akan membutuhkan modal yang lebih untuk menjalankan usahanya.
Bob Sadino menjadi salah satu contoh jika untuk memulai usaha dia tak membutuhkan modal milyaran seperti yang kerap di lakukan kebanyakan orang yang memiliki beragam ide brilian. Bob Sadino memulai usaha dengan modal seadanya. Untuk memulai usahanya, seseorang tidak membutuhkan modal yang besar, namun hanya keberanian yang besar untuk memulai usahalah yang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis yang sukses.
Jadi, buat  para mahasiswa, jangan takut untuk menjadi seorang entrepreneur karena dengan menjadi seorang entrepreneur kamu tidak membutuhkan modal yang besar, hanya saja keberanian yang dibutuhkan dalam berinteraksi dengan lawan bicara sehingga kamu dapat menjelaskan atau memasarkan produk yang kamu jual ke pada konsumen.
Menjadi seorang entrepreneur tidak sesulit yang kamu bayangkan.  Menjadi seorang entrepreneur itu hanya membutuhkan keberanian, percaya diri,  jujur, dan lain-lain. Sehingga konsumen yang berbelanja dapat menjadi konsumen tetap di tempat kamu.
Awal mula saya merintis usaha ini ”online shop” itu pada tahun 2015 silam. Pada saat itu saya baru lulus SMK dan setelah setahun saya jalankan usaha. Saya sempat berhenti dalam aktifitas usaha saya, karena ada rasa bosan yang saya alami pada saat itu. Kenapa tidak, dalam menjalankan aktifitas sehari – hari saja terkadang kita bosan, capek atau bahkan dengan berbagai alasan yang lainnya. 
Kenapa sih saya memilih untuk berjualan online ? Tentu ada pertanyaan seperti itu. Awal mula saya menjalankan usaha ini, saya berfikir untuk tambahan uang jajan saya, terlebih kita wanita membutuhkan berbagai perlengkapan make up  bukan ? Maka dari itu saya memilih untuk berjualan online. Karena dengan uang yang diberikan orang tua saja tidak cukup untuk kita yang membutuhkan perawatan, maka dari itu saya berpikir untuk mencoba berjualan. Pada awal saya berjualan, saya hanya menjadi reseller dari supplier  – supplier terpercaya karena dengan menjadi reseller, kita bahkan tidak membutuhkan modal usaha dalam bentuk uang, karena saya memegang prinsip“keep = transfer” saya hanya bermodal keberanian dan satu yang saya pikirkan yaitu konsumen percaya dengan setiap produk yang saya jual sehingga mereka dapat menjadi konsumen tetap di tempat saya. Dengan menjadi seorang entrepreneur, kamu akan mendapatkan ide – ide terbaru untuk usaha yang kamu jalankan. Tidak mungkin bukan seorang wirausaha menjalankan usahanya dengan santai tanpa memikirkan sesuatu yang lebih untuk usahanya. 
Dengan berwirausaha kamu bisa mendapatkan jajan melebihi pemberian orang tuamu loh. Bahkan kamu dapat memberikan uang kepada orang tuamu,  karena apabila kita tekun dalam menjalankan usaha maka usaha yang kita jalankan tidak akan 

Click to comment