BINGUNG MEMILIH BERWIRAUSAHA APA ? COBA 4 BISNIS YANG DAPAT BERTAHAN SELAMANYA

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>

Oleh Rizqi Maulidin
Mahasisw Perbankan Syariah, FEBI, UIN Ar-Raniry Banda Aceh
            Di era yang semakin ingar bingar ini, apa salahnya kita memilih bisnis makanan yang bisa bertahan lama, seperti  berikut ini. Bukan hanya bisa bertahan lama, tetapi modal biaya yang dikeluarkan pun tidak begitu banyak perharinya, namun dalam permodalan disarankan sistem kerjasama bersama rekan bisnis kita.  Untuk itu, kita perlu memikirkan lokasi usaha yang cocok. Maka, untuk lokasinya kita harus memilih lokasi penjualan yang strategis, seperti area sekitar kampus, pusat keramaian, dan sebagainya. Satu dari empat bisnis yang bisa bertahan lebih lama adalah sebagai berikut:

Bisnis Nasi Uduk 

Bisnis Nasi uduk ini bisa mendapatkan peluang usaha baru yang bisa mendatangkan banyak keuntungan, maupun penghasilan setiap harinya. Bisnis yang cukup dengan memiliki modal, keahlian dan tekad yang kuat. Apalagi dibarengi dengan proses pengerjaannya tidak terlalu sulit, namun kita harus paham resep masakan yang pas. Jangan sampai usaha kita mengecewakan konsumen / pelanggan. Agar bisa lancar dan berkelanjutan, para pebisnis makanan nasi uduk bisa mengikuti tips berikut ini.Pertama, kenali lokasi yang strategis untuk penjualan. Kedua,atur budget untuk permodalan dan pengeluaran, supaya dana yang dikeluarkan sesuai dengan yang diharapkan. Ketiga, rekrut rekan bisnis maupun karyawan anda supaya bisnisnya berjalan dengan lancar, namun mereka harus tahu resep-resepnya, cara memasaknya maupun metode penyajiannya agar bisa mendukung segala kriteria dalam menjalankan usaha kita.

Bisnis Jasa Pengembangan Web
            Sejak diberlakukannya era digital (revolusi industri 4.0). Sudah bisa dipastikan bahwa bisnis jasa di bidang teknologi akan menjadi salah satu bisnis yang sangat potensial. Hal ini disebabkan karena perkembangan teknologi akan semakin bergerak ke depan dan membuat bisnis konvensional / serba manual harus mengikuti trend ini. Akan tetapi kita harus belajar di bidang IT seperti bahasa pemograman, ilmu komputer, maupun yang lainnya. Banyak jenis dari jasa pengembangan teknologi ini, seperti pembuatan Web (Web Developer), Desain Grafis Web dan sebagainya. Bisnis yang masih akan bertahan di masa depan memang harus mengikuti perubahan zaman. Perubahan zaman menuju dunia digital menjadikan para pembisnis harus mulai melakukan manuver untuk dapat bertahan dalam bisnis yang dijalankan.

Bisnis Properti
            Bagi para pebisnis properti, salah satu hal yang perlu diketahui adalah bahwa harga properti mempunyai peluang yang relatif kecil untuk turun harganya di masa mendatang. Pastinya suatu saat akan naik terus harga properti tersebut. Jika Anda mempunyai modal cukup, Anda bisa melakukan investasi di bisnis properti. Bisnis properti ini bisa beragam, misalnya dengan menjadi pengembang perumahan atau mendirikan unit tempat tinggal untuk sewa seperti menyewakan kost, jual-beli perumahan, apartemen, dan sebagainya. Anda bisa mempromosikan penjualan / penyewaan properti melalui sosial media, media cetak (Koran, majalah, dst). Jadi pahami pasar yang akan Anda tuju sehingga usaha Anda tepat sasaran.
                     
Bisnis Jasa Cukur / Pangkas Rambut

            Bisnis yang satu ini memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat untuk memangkas rambutnya di barbershop (jasa pangkas rambut). Akan tetapi dalam melakukan usaha ini hal-hal yang harus diperhatikan adalah : Pertama, tukang cukur harus bisa tahu model rambut yang akan dipotong sesuai dengan keinginan konsumen. Kedua, dengan memperdalam / menguasai skill potong rambut. Ketiga, mencari lokasi yang tepat / strategis, misalkan banyak barbershop yang berdiri di area komplek perumahan, kos-kosan, perkantoran, mall, ruko, dan sekitar universitas. Keempat, mencatat Rincian Pengeluaran, seperti dengan mencatat perlengkapan yang dibutuhkan seperti kursi pangkas, kursi keramas, dan cermin, Selain itu anda harus mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan seperti alat cukur, foam, gunting, kuas, sisir, dan sebagainya. Namun, Catat juga biaya sewa lokasi, biaya renovasi, biaya dekorasi, biaya listrik, air, biaya maintenance / pemeliharaan, dan gaji karyawan. Serta jangan lupa untuk mempersiapkan biaya promosi demi kelancaran bisnis barbershop anda, baik melalui sosial media (WhatsApp, Instagram) maupun mengiklankan di media cetak (koran, majalah dan seterrusnya). Semua rincian tersebut harus diatur seefektif mungkin untuk memenuhi segala kriteria usaha cukur / pangkas rambut kita.  
            Bagaimana? Apakah anda sudah mendapat cukup gambaran serta tertarik dalam mendirikan keempat bisnis ini? Passion,tekat yang kuat, dan perencanaan yang matang sangat membantu anda dalam merintis usaha. Passion dan tekad yang kuat membantu anda melewati masa-masa sulit dunia usaha. Sedangkan perencanaan yang matang akan menghindarkan anda dari kecerobohan. Pasti siap dong untuk terjun menggeluti berbagai usaha / bisnis yang telah saya paparkan. Selamat menjalankan usaha iya. Demikian informasi dari berbagai usaha bisnis yang bisa bertahan / keberlanjutan. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Wassalam




Click to comment