Mau Membangun Bisnis dengan Modal Kecil ?

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>
Foto : POTRET

Oleh Ananda Rizkina
Mahasiswi Prodi Perbankan Syariah, FEBI UIN Ar-Raniry, Banda Aceh
Di era yang milenial ini, kita sangat familiar dengan kata bisnis. Banyak orang  berkeinginan untuk  mempunyai bisnis, tetapi budget (dana) kita belum cukup. Sehingga enggan memulai bisnis, atau cendrung menunda-nunda sampai ada dana yang cukup seperti yang  diimpikan. Akhirnya, rencana bisa tinggal hanya rencana di kepala atau menjadi konsep bisnis yang tersimpan di kertas saja.
Sebenarnya, berbicara tentang bisnis, siapa sih yang tidak tahu bisnis ? Paling tidak, kita tahu bahwa bisnis itu merupakan  usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perseorangan, maupun sekelompok orang kepada konsumen (yang membutuhkan) dengan tujuan utama untuk mendapatkan keuntungan (profit). Kalau mau hidup beruntung, seharusnya kita mau segera memulai bisnis. Soal dana yang belum cukup, tidak perlu dikhawatirkan sekali. Anda mau?
Berikut ini bisa dijadikan tips dan masukan bagaimana membangun bisnis dengan modal yang kecil.  Kita harus sadar bahwa membuka usaha sendiri merupakan salah satu hal yang banyak diimpikan oleh banyak orang. Kebanyakan mereka adalah yang ingin menambah penghasilan dan mereka yang bosan terhadap pekerjaan tetap, khususnya   yang bekerja pada kantor-kantor pemerintah. Kita selayaknya juga tahu bahwa mempunyai usaha sendiri bisa menjadi cara alternatif untuk menghilangkan kebosanan yaitu dengan mencari kesibukan. Namun pola pemikiran masyarakat selama ini, jika tidak mempunyai modal yang besar, mereka tidak bisa membuka usaha. Pada kenyataannya ada banyak usaha yang bermodalkan kecil yang bisa sukses dan menghasilkan omset yang fantastis. Namun pada kenyataannya banyak orang yang belum berani membuka usaha mandiri. Alasannya, mereka takut tidak akan mendapatkan keuntungan alias rugi. Pada dasarnya, setiap orang memiliki kesempatan untuk membuka usaha.
            Sebelum kita berkecimpung ke dalam dunia bisnis, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang bisnis yang akan kita bangun. Hal yang harus diperhatikan adalah :
Pertama,  tentukan usaha apa yang cocok untuk di tekuni. Sebelum melangkah  ke dunia bisnis,  alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis usaha apa yang akan kita jalani. Banyak bisnis yang bergerak di bidang warung sembako ataupun usaha makanan ringan seperti keripik atau kue  dan lain-lain.  karena pada dasarnya usaha dengan modal kecil bergerak pada usaha-usaha yang sederhana. Jenis usaha yang dipilih akan menentukan modal yang harus dikeluarkan untuk usaha tersebut. Karenanya lebih selektiflah dalam memilih usaha yang akan ditekuni, meskipun modal yang diberikan kecil. Namun tidak menutup kemungkinan untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.
Kedua,  lakukan riset pasar. Sebelum memulai usaha alangkah baiknya untuk melakukan riset pasar secara mendalam terlebih dahulu. Riset pasar berguna untuk mengetahui peluang usaha yang paling dibutuhkan di kalangan masyarakat. Selain itu juga riset pasar akan bisa menentukan pesaing yang memiliki usaha yang sama dari hasil pasar tersebut kita bisa memprediksikan keuntungan yang diperoleh dari hasil usaha tersebut. Segala informasi pasar tidak akan bisa diperoleh tanpa adanya riset pasar terlebih dahulu.
Ketiga, menghitung modal yang harus dikeluarkan. Setelah menentukan jenis usaha yang akan ditekuni dan menganalisis hasil riset pasar, maka sampailah kita pada tahap perhitungan modal. Yang akan dilakukan perhitungan dengan teliti dan jangan sampai adanya unsur pendukung usaha yang tidak terhitung di dalamnya. Jika hasil perhitungan tersebut menunjukkan nominal yang relatif besar, maka kita harus bisa mengambil alternatif dengan mengubah jenis usaha atau melakukan berbagai penghematan.
Ke empat, melakukan penghematan pada biaya operasional yang bisa ditekan. Melakukan penghematan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis dengan modal keci. Dalam kegiatan usaha, ada biaya yang disebut dengan biaya tetap atau variabel. Untuk biaya tetap, tentu kita tidak bisa mengotak-atiknya,  namun jika biaya variabel masih dapat berubah sesuai dengan keperluan atau kebutuhan. Artinya adalah kendala modal dapat di atasi dengan menekan seminimal mungkin biaya variabel yang harus dikeluarkan.
Kelima,  menentukan lokasi untuk usaha tanpa harus sewa.  Salah satu biaya terbesar yang harus dikeluarkan adalah untuk menyewa lokasi usaha. Semakin strategis lokasi, maka akan semakin tinggi tarif sewanya. Ini merupakan salah satu kendala yang sangat banyak dialami oleh orang yang bermodalkan kecil dalam usahanya. Meskipun begitu, dalam hal ini tentunya masih terdapat alternatif lain yaitu dengan cara membuka usaha rumahan. Namun memberikan layanan delivery, sehingga hal ini dapat mengurangi modal yang harus dikeluarkan, cukup dengan mengandalkan tempat tinggal saja.
Keenam, andalkan kemampuan yang dimiliki. Sebenarnya membuka usaha degan modal yang kecil bisa dilakukan cukup dengan mengandalkan kemampuan sendiri. Misalnya kita memiliki keahlian di bidang membuat kue atau masakan rumahan, maka kita bisa membuka toko kue rumahan atau membuka usaha katering, dalam hal ini kemampuan yang kita miliki. Ini juga merupakan modal utama dalam berbisnis.
Ketujuh.  pilihlah bahan baku yang berharga murah. Salah satu hal yang membuat usaha berjalan dengan lancar ialah ketersediaan bahan baku akan produk yang akan dijual. Bahan baku berkualitas baik, tentu akan ditawarkan degan harga yang mahal, namun adakalanya bahan tersebut mengalami inflasi (penurunan dan kenaikan) akan barang yang diperlukan. Kita harus mengatur pemasukan dan pengeluaran dan menyimpan bahan baku pada saat harga barang turun atau murah. Juga bisa membeli barang yang banyak sebagai stok di saat harga barang naik.
Yang terakhir adalah melakukan promosi gratis melalui sosial media. Dalam satu kegiatan usaha, mempromosikan usaha adalah hal yang paling penting dilakukan, walaupun dalam melakukan promosi banyak sekali mengeluarkan oleh para pengusaha. Biaya iklan, reklame dan banner tidaklah murah. Tentunya hal ini banyak menguras isi kantong para pengusaha, namun bagi kita yang mempunyai usaha dengan modal yang kecil, kita bisa mempromosikan melalui jejaring media sosial yang kita punya. Meskipun gratis, tetapi dapat memberikan hasil yang luar biasa.
            Nah tips di atas merupakan masukan dan beberapa tips dalam berbisnis. Jika  ingin mencoba, bisa terapkan dalam bisnis . Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Click to comment