Diana dan DNA_STORE

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>


Oleh Sonia Ayesha Riska
Mahasiswi Prodi S1 Perbankan Syariah Universitas Negeri Ar-Raniry

 Berbicara masalah bisnis, banyak kalangan muda yang telah mencoba dan berkeinginan untuk membuat suatu usaha, tetapi banyak kendala yang tidak sanggup mereka hadapi. Dalam bisnis, tidak ada sesuatu yang instan, tetapi anak zaman sekarang hanya ingin mendapatkan keuntungan yang cepat dan mudah, tanpa adanya keinginan untuk berproses terlebih dahulu. Mereka hanya melakukan dengan berangan-angan mendapatkan keuntungan yang banyak tanpa adanya keinginan keras untuk mencoba dan bertahan terhadap bisnis yang dijalani.
Bertahan dalam suatu bisnis adalah hal yang sangat sulit untuk dihadapi, karena di saat-saat seperti itulah banyak pebisnis yang merasa down akan bisnisnya, jika pendapatannya menurun. Sehingga terkadang tidak mendapatkan keuntungan dan mereka akan langsung menyerah begitu saja. Tetapi, bukan berarti di kalangan muda sekarang tidak ada yang menjadi pebisnis muda ya.
Ya, banyak dari remaja sekarang melakukan kegiatan bisnis, karena menurut mereka dengan membuka suatu bisnis mereka akan mendapatkan keuntungan. Bisnis adalah sesuatu yang menantang bagi mereka yang ingin mencoba.  Banyak dari mereka yang berhasil dalam menjalani bisnisnya, salah satunya itu adalah Diana.
Diana adalah seorang remaja muda yang berasal dari Abdya, masih menduduki jenjang pendidikan semester 3 Fakultas Dakwah dan Humaniora Jurusan Bahasa dan Satra Arab UIN Ar-Raniry. Diana memiliki  usaha yang bergelut di bidang Online Shop Fashion, di mana memiliki sistem pemesanan dan pembuatan terhadap produk yang dijualnya itu. Banyak kalangan muda dan dewasa yang menyukai produk tersebut. Hal ini dikarenakan kualitas dan harga yang sangat terjangkau, sehingga cocok di setiap kalangan.
Diana membuka suatu usaha di bidang Fashion, yang memproduksi  jilbab dengan berbagai macam model yang sedang trend dan sangat kekinian.Diana memilih usaha ini karena memiliki basik dalam menjahit suatu pakaian dan memilih produk yang sangat cocok dikarenakan banyaknya peluang di kota Banda Aceh dan adanya hobi, sehingga ia dapat menekuni bisnisnya tersebut.Diana adalah salah satu pebisnis muda yang patut untuk dijadikan panutan bagi kalangan-kalangan muda saat ini. Karena walaupun di umur yang sangat muda, ia mampu berusaha dan terus menjaga produknya untuk tetap eksis di kalangan masyarakat.
Dna_Store adalah nama brand yang dia miliki, Dna itu berasal dari namanya yaitu Diana. Dalam menjalani kegiatan usahanya, banyak hal yang harus ditekuni dan dipelajari oleh Diana karena untuk membuka suatu bisnis tidak serta merta buka jual dan mendapatkan keuntungan, tetapi ia harus mencintai usahanya itu, sehingga ia akan terus berjuang mempertahankan usahanya agar terus berkembang dan eksis di kalangan masyarakat.
            Untuk memulai usaha ini, Diana selalu berusaha belajar mendesign suatu jilbab yang cocok untuk kalangan remaja saat ini. Diana juga belajar memproduksi sendiri jilbabnya yaitu dengan menjahit sendiri sehingga lebih terjamin produknya karena ia membuatnya dengan tangan sendiri. Setekah produknya selesai, Diana akan mempromosikan produk-produk yang telah dia hasilkan, sehingga masyarakat tahu bahwa Diana telah membuat suatu produk yang cocok dengan kekinian saat ini. 
Dari keuntungan pada awal ia membuka usaha, ia membeli mesin jahit sendiri sehingga lebih mudah alam membuat produknya dan lebih efektif karena Diana dapat membuat jilbab dengan skala lebih besar dari sebelumnya.
Dalam menjalani usahanya, bukan berarti Diana tidak memiliki permasalahan. Banyak permasalahan yang terjadi yang terkadang membuat Diana merasa down. Modal adalah permasalahan Diana dalam membuka suatu usaha, karena Diana pada saat membuka usaha adalah seorang mahasiswi maka ia tidak memiliki modal dalam membuka usahanya, ia tidak memiliki penghasilan sebelum-sebelumnya, ia hanya menggandalkan dari kiriman uang dari orang tuanya.
Dalam melakukan penjualan juga banyak terjadi permasalahan yaitu baik dalam segi bahan baku yang terkadang tidak ada ataupun harga bahan baku yang tiba-tiba naik, sehingga Diana harus mnedapatkan kesulitan dalam mencari bahan baku yang bagus. Dalam segi promosi terhadap produknya juga Diana mendapatkan kesulitan, karena produk dan brandnya masih kecil ia belum mampu membuat promosi besar-besaran seperti brand-brand ternama lainnya.
Tetapi Diana tidak menyerah begitu saja, ia tetap berusaha untuk menyelesaikan permasalahan yang ia hadapi, sehingga lambat laun ia berhasil mencapai keberhasilan pada awal pembukaan usaha. Ia dapat memahami dan mengerti bagaimana cara-cara untuk menghindari kerugian terhadap penjualan, bagaimana jika bahan pokok menjadi mahal. Karena dengan adanya pengalaman, Diana lebih mengerti bagaimana cara bertahan dan memperoleh kesuksesan.
Dalam memperoleh keuntungan, Diana mengambil keuntungan dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000,- dalam satuan produknya, Diana telah membuat 2 model jilbab design ia sendiri dan insya Allah dalam waktu dekat ini ia akan meluncurkan produk baru yang lebih bagus lagi sehingga wanita-wanita lebih tertarik dalam menggunakan jilbabnya kemanapun mereka pergi, karena modelnya yang kekinian.
Persaingan? Tentu dalam setiap kegiatan bisnis memiliki persaingan, dan bukan hanya Diana yang menjadi seorang pebisnis muda dalam membuat produk jilbab, karena seperti yang kita ketahui, sekarang ini banyak remaja muda yang mencoba-coba membuka usaha dengan menjualkan produk jilbab, tetapi Diana selalu berusaha untuk memiliki keunggulan tersendiri dalam produknya. Salah satunya itu ia mendesain  sendiri dan menjahit produknya sendiri, tanpa adanya campur tangan pihak ketiga. Sehingga kualitas produk yang dihasilkan lebih terjamin.
Diana telah menjalani kegiatan usaha ini selama setahun, walaupun masih terbilang cukup baru dalam menjalani kegiatan usaha tetapi Diana telah berhasil melewati tahun pertamanya dalam berwirausaha. Diana akan terus tetap menjalani kegiatan usahanya di tahun kedua, ketiga dan seterusnya. Diana akan terus berusaha untuk membersarkan brand produknya tersebut hingga ia dapat membuka toko sendiri, membuat produk lebih banyak seperti brand-brand ternama lainnya.
Diana, sosok gadis kecil muda yang cantik telah mampu menjadi entrepreneur muda, dan when do you want to do it?

Click to comment