Semarakkan HAI ke-53, TBM RUMAN Aceh Buka Teras Literasi

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>




Banda Aceh – Turut serta menyemarakkan Hari Aksara Internasional (HAI) /ke-53 tingkat Provinsi Aceh yang digelar di Idie, Aceh Timur pada Sabtu (15/12/) hingga Selasa (18/12) kemarin. Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh membuka teras literasi.

Teras literasi tersebut merupakan salah satu kontribusi Lembaga Pendidikan RUMAN Aceh dalam kontingen Kota Banda Aceh pada momen HAI ke-53.

Sekretaris RUMAN Aceh yang mengikuti event tersebut menuturkan, melalui teras literasi, pihaknya menyediakan seratusan bahan bacaan gratis buat para pengunjung. Baik usia anak-anak mau pun umum.

“Sebagian besar buku yang kita hidangkan memang untuk konsumsi anak-anak. Seperti “Balita Berakhlak Mulia” 16 jilid, “Karakter Anak Islam” 10 jilid, “Ensiklopedi Jendral Soedirman”, 10 jilid dan lainnya. Buku-buku bernas tersebut merupakan donasi dari beberapa donatur dari dalam dan luar Aceh”, ujar Rizky.

Anak-anak sangat antusias menikmati beragam bacaan tersebut. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang belum bisa membaca, meminta orang tua masing-masing membacakan buku yang telah mereka pilih.

Relawan RUMAN Aceh yang bertugas di teras literasi, Fikri Rizki Alimuddin mengungkapkan, antusiasme mereka semakin besar ketika tim RUMAN Aceh menyediakan hadiah langsung berupa tas jinjing tangan terbuat dari kartun putih.

“Di atas tas itu, anak-anak bisa melukis dan menggambar serta mewarnai karya mereka. Bahan-bahannya kita sediakan. Setelah selesai, tas tersebut langsung untuk mereka. Seketika senyum gembira menghiasi wajah anak-anak tersebut”, ungkap Fikri.

Selain teras literasi, ada pula beragam produk handicraft (kerajinan tangan) karya ibu-ibu rumah tangga (IRT) dhuafa dan keluara rentan sosial binaaan RUMAN Aceh. Di antaranya, dompet make up, kotak pentul, celemek anak dan dewasa, bros pita, bros akrilik dan tas alat tulis.

Click to comment