Kepala LPKA Beranjangsana ke TBM RUMAN Aceh

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>


Banda Aceh – Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Provinsi Aceh beranjangsana ke sekretariat Taman Bacaan Masyarakat (TBM) RUMAN (rumoh baca aneuk nanggroe) Aceh di gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh baru-baru ini.

Kepala LPKA, Ridha Ansari beserta rombongannya diterima langsung oleh Pembina TBM RUMAN Aceh, Ahmad Arif yang didampingi Kepala Sekolah TK Dhuafa RUMAN Aceh, Rizky Sopya beserta beberapa relawannya.

Kunjungannya tersebut, ungkap Ridha merupakan balasan atas kunjungan tim RUMAN Aceh sebelumnya ke LPKA Klas II Banda Aceh di Lambaro, Ingin Jaya, Aceh Besar.

“Kita sangat mengapresiasi atensi dan empati yang diberikan RUMAN Aceh terhadap permasalahan yang sedang kita hadapi. Ternyata kita mempunyai kesamaan persepsi dan frekwensi dalam upaya pembinaan dan pengasuhan anak. Terutama anak yang berhadapan dengan hukum”, ujar Ridha di sela-sela pertemuan yang penuh nuansa kekeluargaan itu.

Pihaknya, lanjut Ridha memiliki keterbatasan dalam banyak, termasuk bahan bacaan di perpustakaan LPKA yang 90 persen justeru merupakan bacaan untuk mahasiswa atau kalangan civitas akademika.

Sementara Arif mengungkapkan, pihaknya mengunjungi LPKA pada pekan sebelumnya sebagai respons cepat terhadap surat permohonan buku bacaan buat perpusatakaan yang digunakan oleh 20 anak didik pemasyarakatan (Andik Pas) LPKA.

“Kita menerima surat dari LPKA sehari setelah pertemuan yang difasilitasi Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh. Kita putuskan langsung berkunjung untuk melihat kebutuhan perpustakaan mereka”, tutur Arif.  

Baik Ridha mau pun Arif bersepakat bahwa anak yang berhadapan dengan hukum juga tetap masih mempunyai hak dasar yang harus dipenuhi oleh negara dan didukung oleh civil society (masyarakat sipil atau organisasi sosial).

“Kita harus selalu berusaha merantai hati Andik Pas (anak didik pemasyarakatan) tersebut, bukan merantai fisik raga mereka. Ketika hal itu terjadi, kita tak perlu pagar tinggi atau jeruji besi. Sebab mereka tak akan lari. Begitu pengalaman kita selama ini”, imbuh Ridha tersenyum.

Di penghujung kunjungan Kepala LPKA beserta rombongan, Arif mengatakan, “Insya Allah RUMAN Aceh akan berkontribusi dalam proses pembinaan anak-anak masa bangsa kita itu. Selain bahan bacaan, kita juga akan melakukan rangkaian kegiatan psikososial”, pungkas Arif.

Click to comment