Membaca Untuk Menulis

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>
Dok. blog.ub.ac.id

Oleh Dony Purnomo
Guru SMAN 1 Purwantoro, Wonogiri, Jawa Tengah

Membaca bagi seorang penulis adalah asupan yang sangat penting. Ibarat ingin menjalankan kendaraan harus mengisinya dahulu dengan bahan bakar. Membaca sebelum menulis merupakan hal yang penting, karena tanpa membaca tak akan pernah ada tulisan yang berkualitas. Seberapa banyak buku yang harus dibaca? Jika ditanya jumlah buku yang dibaca, maka tergantung materi apa yang akan dituliskan. Jika materi yang akan ditulis membutuhkan banyak referensi, maka baca materi yang relevan sebanyak-banyakanya.
Mengapa membaca menjadi hal penting dalam menulis? Menulis adalah proses mengeksploarasi dan meramu ide, sehingga ide yang disajikan menjadi menarik dan enak untuk dinikmati oleh para pembacanya. Dengan membaca  kita akan memperoleh banyak manfaat.
Pertama, membaca akan memperkuat ide. Semakin banyak buku yang ditulis, maka akan semakin memperkaya materi yang disampaikan dalam tulisan. Melalui berbagai referensi yang mendukung ide, maka ide yang disajikan akan semakin kuat sehingga memiliki nilai lebih dibanding tulisan sebelumnya.
Ke dua, membaca adalah proses belajar. Dengan banyak membaca kita akan semakin paham berbagai gaya penulisan, sehingga dengan berbagai gaya penulisan itu akan membuat kita semakin memahami gaya penulisan untuk selanjutnya dapat berinovasi dalam menulis.
Ke tiga, membaca adalah sumber inspirasi. Ide adalah bagian penting dari proses penulisan. Slah satu cara untuk memantiknya yaitu dengan cara banyak membaca. Ketika ide sedang buntu, maka bacalah dari berbagai referensi sehingga kebuntuan itu dapat terjawab dari referensi yang dibaca.
Ke empat, membaca untuk mengevaluasi diri. Pada dasarnya tidak ada penulis yang sempurna. Semakin banyak membaca kita akan tahu kelemahan kita. Karena dengan membaca akan semakin tahu kekurangan-kekurangan dalam menggali ide maupun meramu kata menjadi bahan bacaan yang enak dinikmati.

Membaca adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh seorang penulis agar tidak membelenggu pola pikir dalam meramu dan menyajikan ide. Mengutip Pernyataan seorang penulis hebat “Semata belajar menulis saja belum cukup, kita harus menjadi pembaca yang baik agar bisa menjadi penulis yang baik.” (H.P. Lovecraft. Dari kutipan itu menyiratkan bahwa jika ingin menjadi penulis hebat maka membacalah!.

Biodata penulis:
Nama  : Dony Purnomo
Alamat: Jangkung RT 04/01 Sendang Purwantoro Wonogiri Jateng

Click to comment