Merajut Asa Melalui Pendidikan Non Formal

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>
Dok. POTRET

Oleh: Dony Purnomo, S.Pd 
Tutor PKBM Dharma Sastra Wonogiri Jawa Tengah

Pendidikan adalah bagian penting dalam proses kehidupan manusia. Hanya saja kadang berbagai kendala sering dihadapi mulai dari kesempatan, hingga masalah ekonomi sebagian orang tak dapat mengenyam pendidikan formal. Kadang mereka hanya menempuh SD, kemudian lanjut bekerja karena masalah ekonomi. Adapula yang lebih beruntung dapat mengenyam pendidikan hingga SMP, namun karena masalah ekonomi mereka tak dapat melanjutkan ke SMA formal dan harus bekerja mencari penghidupan.
Seiring berjalannya waktu, mereka baru sadar jika pendidikan adalah bagian penting dalam perjalanan hidup, karena dalam tuntutan dunia kerja maupun kemasyarakatan ada yang mensyaratkan pendidikan minimal SMA sederajat. Baru sebagian diantara mereka menyadari tuntutan zaman itu harus dipenuhi demi eksistensi diri di masyarakat dan dunia kerja.
Kejar paket merupakan salah satu pilihan yang mereka ambil demi menyambung pendidikan dan menyambung hidup. Kebanyakan dari mereka telah bekerja dan yang memungkinkan untuk ditempuh adalah memalui kejar paket baik paket A, kejar paket B maupun kejar paket C. Pilihan ini dijadikan keputusan karena system belajar yang flkesibel dan bisa dilakukan di sela-sela kegiatan bekerja.
Proses pembelajaran yang dilakukan di kejar paket biasanya sistem belajar berbasis modul dan tatap muka. Pembelajrn berbasis modul dilakukan untuk menunjang waktu pembelajaran yang tidak sepadat di sekolah formal. Praktiknya, mereka dibagikan modul untuk dipelajari di rumah dan saat jam pembelajaran tatap muka barulah guru menjelaskan atau lanjut dilakukan evaluasi dari materi modul yang telah dibagikan kepada warga belajar.
Di era teknologi yang sudah berkembang seperti saat ini ada pula yang sudah menerapkan blended learning berbasis aplikasi. Misalnya pembelajaran blended learning berbatuan aplikasi whatsapp yang dimiliki oleh warga belajar. Tutor dan warga belajar saling berinteraksi dan belajar bersama melalui aplikasi whatsapp dan ketika pertemuan tatap muka tinggal melakukan penajaman materi pembelajaran yang dipelajari melalui aplikasi.
Kini dukungan pemerintah dalam penyelenggaraan kejar paket juga semakin nyata dan baik. Kini banyak PKBM yang telah memperoleh BOP dari pemerintah pusat untuk menunjang proses dan kebutuhan dalam pembelajaran, sehingga dana dalam penyelenggaran PKBM tak perlu lagi memungut dari warga belajar sehingga bagi warga belajar yang kurang mampu dapat terwadahi oleh program kegiatan kejar paket.
Dengan berbagai kemudahan dalam proses belajar ini semoga memberikan motivasi kepada warga belajar untuk terus menggapai asanya dalam menempuh proses pendidikan. Meskipun melalui pendidikan non formal semoga dapat memberikan secercah harapan bagi mereka yang tak dapat mengenyam pndidikan formal.

Click to comment