Kiki’s Kitchen

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>


Oleh Zahra Zulchayra
Mahasiswi Perbankan Syariah, FEBI, UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh

Dari dulu hingga sekarang, kuliner selalu tak lekang oleh waktu. Begitu juga dengan usaha kuliner tak pernah hilang eksistensinya di kalangan masyarakat. Di Indonesia sendiri selalu kita jumpai usaha-usaha kuliner dan tentunya juga banyak yang berminat. Usaha kuliner tak pernah absen pada usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa sangat suka membeli makanan. Begitu juga dengan  yang menjual, di jaman sekarang ini yang membuka usaha kuliner tak pandang usia, mulai dari remaja hingga dewasa sangat suka membuka usaha ini. Di jaman sekarang ini sering kita lihat inovasi-inovasi kuliner, mulai dari kuliner tradisional, modern, western hingga kuliner kekinian sering kita jumpai. Semua itu tergantung selera konsumen.

Membahas tentang usaha kuliner, penulis tertarik membahas kuliner yang tak kalah lezatnya dan memiliki banyak menu yang ditawarkan, yaitu KIKI’S KITCHEN. Usaha yang didirikan pada tahun 2016 oleh seorang ibu rumah tangga yang bernama Riski Amalia yang akrab dipanggil Kiki dan memasak memilki arti sendiri bagi Kiki,yang berlokasi di Lam Ara ini.
Dulu usaha ini bernama Kiki’s Brownies, dan di awal membuka usaha ini, ternyata disambut baik oleh konsumen dikarenakan harga yang terjangkau serta rasa yang lezat, membuat kuliner ini mendapat perhatian khusus oleh konsumen. Awalnya usaha ini hanya menjual berbagai macam bolu, brownies dan aneka kue lainnya yang cocok untuk merayakan ulang tahun, maupun acara penting lainnya. Seiring berjalannya usaha, konsumen banyak meminta makanan lainnya seperti kue kering, dan bahkan makanan seperti cathering sering diminta. Maka dari itu, nama Kiki’s Brownies diubah menjadi Kiki’s Kitchen, dimana akan banyak produk yang dilahirkan dari dapur Kiki.

Bisnis makananan memiliki pontensi sendiri, dimana selalu menjanjikan. Bisnis makanan melalui orderan tidak menggangu kesibukannya sebagai seorang Ibu. Untuk memulai usaha ini tidaklah mudah, dimana kekurangan modal merupakan permasalahan yang sangat rumit kala itu. Tetapi dengan tekat yang kuat Kiki memulai usahanya dengan modal seadanya. Dimana karena system penjualan menggunakan sistem orderan, membuat ia langsung menerima orderan dan melanjutkan hingga sekarang ini. 
Selain itu untuk memulai usaha, yang harus dilakukan adalah memisahkan uang pribadi dengan modal, mempersiapkan tempat dan mempersiapkan peralatan.

Adapun langkah awal yang dilakukan untuk menarik orderan ialah memberikan harga  promosi, harga promosi sangat berpengaruh dalam memulai usahanya. Harga promosi ini sangat menarik perhatian konsumeen yang hanya ingin menyicip saja dan tidak ingin mengeluarkan dana terlalu besar dan itu merupakan kesempatan untuk membuat pelanggap tetap yang terpesona dengan rasanya. Adapun langkah selanjutnya adalah memberikan bonus pada pembelian tertentu. Strategi ini berguna untuk membuat pelanggan bertahan. Satu hal lain yang sangat penting dalam sebuah bisnis adalah konsisten.

Dilihat dari perkembangan usaha yang sangat baik, ternyata ada masalah yang harus dihadapi ketika memulai usaha yaitu keterbatasan dana, peralatan yang tidak memadai serta persaingan yang banyak. Seperti yang kita ketahui bahwa usaha kue sudah sangat banyak. Tetapi setiap masalah akan selalu ada solusinya, untuk menghadapi masalah itu hal yang dilakukan ialah membuat proposal. 

Alhamdulillah usaha ini membuahkan hasil yang baik dimana, mendapatkan bantuan peralatan, sehingga hanya perlu menyiapkan modal serta tempat usaha. Alhamdulillah pula usaha hingga sekarang masih terus berkembang.

Setiap usaha memiliki kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang berbeda, hal ini bisa kita identifikasi dengan analisis SWOT. Setiap usaha harus memperkirakan analisis ini, tujuannya untuk mempertahankan eksistensi usaha itu sendiri. Adapun kekuatan dari usaha ini adalah harga yang bisa disesuaikan konsumen, dalam memesan kue konsumen langsung bisa memesan kue dengan harga yang mereka sanggup, dekorasi cake yang kekininan dan bisa di pesan sesuai selera, banyak variasi, tidak mmenggunakan pengawet seta halal.
Setiap usaha pasti ada kelemahan dan kelemahan  dari usaha ini sendiri yaitu makanan yang tidak tahan lama, sehingga tidak bisa dikirim dalam jarak yang sangat jauh karena makanan akan basi saat proses pengiriman, dan kelemahan lain dari usaha ini yaitu tempat yang kurang strategis serta tidak adanya jasa antar pesanan.  Kondisi ini membuat konsumen kewalahan dalam mengambil pesanan.
Selain kekuatan dan kelemahan, usaha ini memiliki peluang serta ancaman. Adapun peluangnya yaitu bisnis yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, peluang akan terus bertambahnya konsumen, serta yang paling penting adalah peluang pemindahan tempat, dimana akan pindah tempat yang lebih strategis dan terjangkau serta akan adanya jasa mengiriman pesanan. Dengan banyaknya peluang usaha ini tidak bisa  terhindar dari ancaman-ancaman seperti banyaknya perssaing dalam bisnis yang serupa. Tetapi ancaman ini tidak akan membuat tekat dalam berbisnis menjadi turun. Bahkan ini menjadi motivasi dalam terus berusaha. Tak lupa pula untuk selalu bersyukur kepada Allah serta kerabat yang selalu mendukung lancarnya usaha ini. Begitulah ucap Kiki saat di tanyai tentang usaha Kiki’s Kitchen ini. Usaha ini berlokasikan di Lam Ara, dan jika penasaran akan usaha ini bisa saja langsung datang ke tempat usaha atau melihat di laman Instagram @Kiki’sKitchen di situ tertera nomor yang bisa dihubungi jika ingin bertanya-tanya.

Click to comment