Umi Mawadah, Jago Cipta Komik Strip

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>


Ditulis Oleh Laura Oktaviany Marantika



Umi Mawadah, yang kerap dipanggil Umi, lahir pada tanggal 09 November 2004 di Desa Jongar Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara. Umi adalah anak ke empat dari empat bersaudara. Umi ini adalah anak yang mengalami keterbatasan pendengaran dan wicara. Kita sering menyebutnya dengan tunarungu. Saat ini Umi duduk di bangku kelas IX/B SLB Negeri Pembina Provinsi Aceh yang beralamat di jalan Rel Kereta Api Desa Jurong Peujera Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar.


Kini Umi tinggal jauh dari orang tua dan saudaranya. Ia harus merantau demi menempuh pendidikan di Sekolah Luar Biasa Umi dan rela tinggal di asrama dengan izin orang tuanya. Selama tinggal di asrama, Umi adalah pribadi yang baik dan ceria serta disenangi oleh teman-teman asrama. Juga teman kelas dan sekolahnya. Di asrama Umi dididik menjadi anak yang mandiri, mengurusi diri sendiri dan hal-hal pribadi lainnya. Umi juga setiap hari membantu ibu asrama seperti menyapu, menyiram bunga, mengepel dan kegiatan lainnya. Tentunya dengan jadwal piket yang telah disepakati anggota asrama lainnya. 


Saat masih tinggal di Kuta Cane, Umi Sekolah di Sekolah Umum. Karena keterbatasannya Umi sering dibully oleh teman-teman yang normal. Sekarang Umi sekolah di SLB Negeri Pembina Provinsi Aceh. Alhamdulillah telah mandiri dan mampu menorehkan beberapa prestasi. Salah satunya adalah Juara II “Lomba Cipta Komik Strip SMPLB/SMALB” tingkat Provinsi Aceh pada tanggal 16-18 Juni 2019.

Komik Teuku Umar dibuat dan digambarkan sendiri oleh Umi, berdasarkan cerita dan sinopsis yang diajarkan oleh guru pembimbingnya, yaitu Ibu Zahratul Idami, S. Pd. Berkat dukungan guru-guru dan teman-teman Umi sudah mendapatkan ilmu dan pengalaman baru yang bermanfaat. Ke depannya, Umi akan terus belajar dan berusaha.

Berikut adalah Komik hasil karya Umi





Click to comment