PRESIDEN KE SENAYAN, LSG KE JALANAN

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>


Banda Aceh (21/10) - Bertepatan pada hari pelantikan Presiden periode 2019-2024, mahasiswa Fakultas Hukum Unsyiah yang menamai dirinya LSG (Law Student of Gayo) melakukan aksi berbagi makanan dikawasan sekitar kota Banda Aceh.
Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan oleh LSG dalam kurun waktu dua tahun belakangan.  Meski kegiatan ini baru pertama kali, para anggota LSG sangat antusias.  Dalam aksi ini, para peserta terjun langsung membagikan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitaran kota Banda Aceh. Tujuan kegiatan ini yaitu agar pemerintah pusat dan pemerintah daerah  lebih memperhatikan lagi kondisi masyarakat sekitar berkaitan dengan kesejahteraan rakyatnya.  
Pasalnya masyarakat menilai kinerja pemerintah periode sebelumnya kurang maksimal terkait hal kesejahteraan rakyat, sehingga masyarakat sangat berharap kepada pemerintah yang baru dilantik dapat bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat, terutama dalam hal yang menyangkut dengan pengangguran dan kemiskinan.
Aksi berbagi makanan ini sebagai kritik terhadap pemerintah bahwa masih banyak hal yang perlu diupayakan untuk kesejahteraan rakyat, sebagaimana UUD 1945 Negara Republik Indonesia sebagai goalsdari pada negara telah menyebutkan bahwa setiap orang berhak memperoleh pekerjaan guna memenuhi kebutuhannya. Artinya pemerintah juga berkewajiban meningkatkan banyak lapangan pekerjaan agar tingkat pengaguran semakin menurun dan kesejahteraan rakyat semakin meningkat, kemudian lebih lanjut konstitusi negara ini juga menyebutkan fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara.
Law obligationnegara terhadap rakyat kurang mampu secara ekonomi seakan-akan hanya menjadi teks tertulis di atas kertas yang pada praktiknya berbeda dengan jalannya. Dalam pelaksanaan Aksi Berbagi ini,  masih terdapat masyarakat yang tinggal di tempat yang kurang layak, tidak memiliki sumber penghasilan, meminta-minta, yang seakan luput dari perhatian pemerintah. 
“Kita berharap pemerintah pusat maupun daerah untuk dapat melaksanakan kewajibannya sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi. Kita berharap dengan dilantiknya presiden dan  wakil presiden untuk periode selanjutnya menjadi semangat baru pemerintah untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kemiskinan dan pengaguran” ungkap Rifki Subahansyah selaku Ketua Umum LSG.

Click to comment