Manusia Kreatif di Pemerintahan Jokowi

advertise here
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>
dok.cnbindonesia.com

Oleh Karima Putri
Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris, IAIN  Langsa, Aceh
            Sudahkah anda melihat para wajah baru di pemerintahan Presiden Jokowi? Di penghujung tahun 2019, Presiden Jokowi mengumumkan susunan kabinetnya yang diberi nama Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara. Para kabinet tersebut diharapkan akan membantu kerja Jokowi-Ma’ruf dalam memajukan Indonesia untuk periode 2019-2024. Ada 34 menteri yang siap bekerja di pemerintahan ini,  di antara mereka banyak wajah baru, namun ada beberapa wajah lama. Ada juga beberapa dari mereka  yang tergolong muda untuk duduk sebagai menteri. Maka, artikel ini akan membahas orang-orang kreatif yang mencuri perhatian warga Indonesia di Kabinet Indonesia Maju. 
            Jika anda sering melihat atau mendengar berita terkini atau sering mencari informasi terkini di Indonesia, tentunya  sudah tahu tentang  dipilihnya Nadiem Anwar Makarim, atau yang kerap dipangil Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk periode 2019 – 2024. Dia adalah seorang pengusaha dan CEO dari Gojek. Nadiem begitu banyak dibicarakan oleh warga Indonesia, maupun luar negeri. Hal tersebut karena mundurnya dia sebagai CEO dari aplikasi yang membawanya masuk dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Globe Asia dan menjadi seorang menteri di kabinet Jokowi. Prestasinya yang begitu banyak di umurnya yang masih 35 tahun tentunya adalah hal patut dibanggakan dan begitu luar biasa.
 Lulusan dari Harvard ini menuai banyak komentar setelah dia menyampaikan pidatonya di hari guru dan kebijakannya atas penghapusan ujian nasional. Banyak guru yang berpendapat bahwa,  pidatonya pada hari guru maknanya begitu tersampaikan kepada semua guru di seluruh Indonesia. Terkadang guru ingin memulai perubahan dalam proses belajar mengajar, tetapi mereka dikekang oleh aturan yang yang ada dalam kurikulum. Benar seperti kata dia, terlalu banyak yang harus diubah dengan sistem pendidikan di Indonesia, tetapi untuk saat ini, guru hanya perlu menggebrakkan  perubahan mulai dari hal yang paling sederhana. 
Sistem pendidikan yang ada di Indonesia ini membuat siswa di Indonesia tidak maju dan terus terbelakang dibandingkan dengan negara lainnya. Ada satu kalimat dari Nadiem yang begitu berkesan di hati para guru, Nadiem berkata ‘’sekarang saatnya guru pamer inovasi’’. Kata – kata itu seakan mencerminkan semua perasaan guru yang ada di Indonesia.   Kadang kala guru memang ingin mengajar dengan ide-ide dan inovasi mereka sendiri, tetapi mereka dikekang oleh aturan dan kurikulum yang berlaku. 
Lalu, kebijakannya  untuk menghapus Ujian Nasional? Kebijakan tersebut begitu banyak menuai pro dan kontra. Banyak orang setuju dengan kebijakan tersebut, karena menurut mereka dengan adanya Ujian Nasional justru membelenggu mimpi siswa. Solusi yang dia tawarkan untuk mengganti Ujian Nasional dengan cara lain begitu efektif bagi siswa. Secara keseluruhan, banyak warga Indonesia senang atas dipilihnya Nadiem Makarim sebagai Mendikbud. Karena mereka berharap sistem pendidikan di Indonesia akan semakin baik lagi, dan siswa di Indonesia terus berprestasi hingga ke ajang Internasional. Semoga di tahun 2020 ini pendidikan akan lebih baik lagi di Indonesia dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
Selanjutnya ada pendiri dari NET Mediatama Televisi, Wishnutama Kusubandio atau yang kerap disapa Wishnutama. Pasti  kalian yang sering menonton televisi yang siarannya sering menyiarkan edukasi dan pesan kreatif kepada para penonton di televisi. Lelaki 49 tahun tersebut ialah orang dibalik semua siaran kreatif dan inovatif yang sering orang tonton. Sekarang dia diangkat menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif oleh Presiden Jokowi. Banyak orang mengatakan, keputusan tersebut begitu bagus. Dia salah satu putra bangsa dengan pemikirian dan ide yang cemerlang. 
Dengan dia menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dia pasti bisa mengembangkan pariwisata di Indonesia, hingga banyak dikunjungi oleh turis asing. Indonesia tentu mendapatkan keuntungan jika banyak dikunjungi oleh turis mancanegara. Karena memang sebenarnya Indonesia ini adalah negara dengan potensi alam yang luar biasa. Hanya saja, selama ini belum ada orang kreatif yang bisa menggali semua potensi yang ada. Tetapi sekarang dengan adanya Wishnutama, banyak orang yakin Indonesia pasti akan terus berkembang dan dikenal oleh mancanegara dengan banyaknya tempat wisata yang indah dan menakjubkan. Semoga nanti di tahun 2020 wishnutama bisa menjalankan tugasnya dengan baik sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Benarkah kaum milenial bisa memberikan angin segar di pemerintahan? Presiden Jokowi mengumumkan 7 staf kepresidenan yang akan membantunya untuk lima tahun ke depan. Para staf tersebut berumur  23-36 tahun. Umur tersebut tergolong masih muda di pemerintahan kita. Lantas apa alasan di balik keputusan Presiden untuk menempatkan generasi muda di pemerintahan? Presiden mengatakan bahwa kaum milenial diminta untuk menjadi staf khusus Presiden dengan tujuan agar bisa membantu presiden mendapatkan ide kreatif dan inovatif demi kemajuan Indonesia. Lalu, apakah keputusan tersebut bisa memberikan pengaruh yang signifikan untuk kemajuan Indonesia?  
Kebanyakan kaum milenial mengatakan keputusan tersebut sangat baik, karena generasi muda di Indonesia sekarang memang memiliki potensi yang bagus sekali. Mereka harus diberi kesempatan untuk menunjukan kemampuan mereka tentunya dalam keahlian di bidang masing –masing untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia juga memiliki generasi muda yang kreatif dan cerdas. Semua orang pasti mengetahui aplikasi RUANG GURU bukan? Tentu saja, aplikasi bimbel oline terbesar di Indonesia telah memberikan banyak pengaruh positif terhadap pendidikan anak-anak di Indonesia. Salah satu CEO nya, yaitu Adamas Belva Syah Delvara atau biasa kita kenal dengan sebutan Belva Delvara  sekarang menjadi salah satu dari staf kepresidenan untuk lima tahun ke depan. Lulusan Harvard ini memiliki jenjang pendidikan yang luar biasa. Dari semua pengalaman yang telah dia lalui, kita semua berharap agar nantinya dia bisa menjalankan tugasnya dengan baik dalam memajukan Indonesia. 
Selanjutnya, ada Putri Indahsari Tanjung atau yang biasa dipanggil Putri Tanjung. Perempuan yang  kuliah di Amerika Serikat ini telah menjadi pengusaha di usia yang sangat muda. Dia juga adalah CEO dan Founder Creativepreneur. Tentu hal ini sangat luar biasa bukan? Kaum milenial sangat menjunjung tinggi ide kreatif dan cemerlang darinya sebagai seorang pengusaha. Sekarang dia adalah salah staf khusus presiden. Warga Indonesia berharap dengan adanya staf  yang punya potensi bagus, Indonesia akan setara dengan negara-negara lainnya dalam bidang apapun. Saat ini sudah berada di tahun 2020, rakyat Indonesia memiliki harapan yang begitu besar terhadap orang-orang kreatif ini agar nantinya di tahun ini, mereka bisa menjalankan tugas mereka dengan baik dengan semua ide cemerlang mereka.

Click to comment