Langsung ke konten utama

BIREUEN DAN ESENSI DUTA WISATA


Oleh Mulkan Kautsar
Berdomisili di Pante Pisang, Kec. Peusangan, Kab. Bireuen, Aceh


Selain dikenal sebagai Kota Juang, Segitiga emas dan Tanoh Jeumpa, Kabupaten Bireuen juga terkenal dengan kekayaan kuliner yang menjadi buruan para penikmat makanan. Tersebar dari Samalanga sampai Gandapura, berbagai kuliner yang memanjakan lidah dapat dengan mudah untuk ditemui. Sebut saja seperti Sate Matang, Nagasari, Bakso gatok Kutablang, Rujak Cot Buket ataupun Keripik aneka rasa dari Kota Bireuen. Tidak hanya itu saja, Kabupaten Bireuen juga memiliki Pulot Ijo Cot Batee Geulungku, Mie Pangsit Bireuen, Bada on Mancang, Kanji Samalanga, Rujak Batee Iliek, Mie Kocok Geurugok, Bingkang Kuala sampai Pliek U Jangka.

Duta Wisata Bireuen 2018 sebagai agen promosi pariwisata mempromosikan kekayaan kuliner Kabupaten Bireuen ini pada pemilihan Duta Wisata Provinsi Aceh yang telah berlangsung pada Oktober lalu. Tahun ini Duta Wisata Bireuen mengusung tema "Bireuen the Epitome of Incredible Taste, Tapeuturi Bireuen Peusyuhu Peunajoh dari Tanoh Jeumpa.

Kabupaten Bireuen sebenarnya kaya akan potensi wisata alam, budaya, kuliner, religi dan sejarah yang tersebar di 17 Kecamatan. Namun Duta Wisata Bireuen 2018 memilih untuk mempromosikan kuliner untuk mengklaim Kabupaten Bireuen sebagai Surga Kuliner di Provinsi Aceh. Apalagi selama ini Kabupaten lain di Aceh lebih menonjolkan wisata alam dan sejarah, jadi Bireuen memilih untuk menjadi berbeda dengan membawa kuliner. Tidak hanya itu saja, Duta Wisata Bireuen juga membawa Pliek U Jangka yang dikombinasikan dengan buah-buahan lokal sebagai tester. 
Pada tahun 2018 Pemilihan Duta Wisata Aceh mengusung tema "Aceh Hebat Melalui Peran dan Aksi Nyata Duta Wisata", dengan tema ini Duta Wisata Bireuen sudah melakukan beberapa kegiatan dalam bidang wisata dan sosial seperti ikut serta dalam Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7, memeriahkan Malam Puisi bersama Fikar W. Eda, pengenalan seni Ratoh bruek di TK Izzatul Ummah Peusangan, Pengenalan kenampakan alam dan budaya Kabupaten Bireuen di SD Sukma Bangsa, Aksi galang dana untuk Lombok dan Palu, serta ikut dalam upacara pengibaran bendera merah putih raksasa di Cot Panglima bersama komunitas lainnya di Kabupaten Bireuen. 

Tidak hanya itu saja, Duta Wisata Bireuen juga aktif dalam promosi di media sosial dan media massa. Melalui program "One Week Discover Bireuen" duta wisata memperkenalkan potensi wisata daerah setiap minggunya dengan tema yang berbeda setiap bulan. Sebagai conton pada pelaksanaan bulan pertama mengambil tema Kuliner, kemudian dilanjutkan dengan Pantai dan Air terjun sampai pada tema seni tari di bulan desember ini. Promosi ini dilakukan dengan memanfaatkan jejaring sosial seperti Instagram, Facebook Twitter serta blog. Duta Wisata Bireuen juga memiliki Fanspage VISIT Bireuen 2018 di Facebook dan akun Discover Bireuen di Steemit. Promosi selanjutnya melalui artikel di media massa yang bisa dibaca oleh banyak orang. 

            Pemilihan Duta Wisata tingkat Provinsi memang teah berlalu, namun tugas dan tanggung jawab sebagai duta wisata daerah akan terus berjalan sampai pemilihan duta wisata baru pada tahun 2019 nanti. Walau demikian, ada sebuah motto di duta wisata yang berlaku yaitu “setahun menjabat, menginspirasi selamanya”. Melalui berbagai kegiatan yang telah dilakukan, harapannya agar bisa memberikan dampak positif bagi promosi pariwisata di Kabupaten Bireuen agar bisa bangun menjadi destinasi wisata populer di Aceh, bahkan internasional. Selain itu hal ini juga untuk mengubah stigma di dalam masyarakat bahwa pemilihan duta wisata bukan hanya sebagai ajang untuk menghamburkan uang atau hanya menjadi pagar bagus-pagar ayu saja tetapi duta wisata juga punya nilai manfaat melalui aksi nyata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sucikan Hati Dan Jiwa Dengan Berkurban

  Oleh Cut Putri Alyanur Berdomisili di Jakarta    Tanggal 10 Djulhijjah 1442 Hijriah, bertepatan dengan tanggal 20 Juli 2021. Umat Islam di seluruh dunia, merayakan Hari Raya Idul Adha dengan penuh sukacita. Suara takbir, menggema di setiap penjuru Nusantara, walau di beberapa tempat, Idul Adha di arah kan oleh Pemerintah Indonesia untuk di rayakan di rumah saja. Begitupun dengan kami, masyarakat Aceh perantauan yang melaksanakan Idul Adha, di Jakarta. Pandemi Covid-19, hingga saat ini tak mau berkompromi, meski penyebarannya sudah memasuki tahun ke – 2, sejak bulan  Maret tahun 2021. Hari Raya Idul Adha juga senada dengan pelaksanaan kurban, dan menjadi sangat berharga bila kedua ritual ibadah ini, bisa dilakukan saat menunaikan ibadah rukun Islam yang ke – 5, berhaji ke Baitullah. Bila sedang tidak berhaji pun, ibadah kurban sangat mulia untuk di laksanakan, guna meningkatkan keimanan dan kepekaan sosial terhadap sesama. Berkurban berarti meneladani ketaatan yang di lakukan oleh Nab

EMPAT CARA MENSYUKURI NIKMAT ALLAH SWT

Foto : dok.Pribadi Oleh   Hendra Gunawan, MA Dosen Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padang Sidimpuan, Sumatera Utara Allah SWT sudah begitu banyak memberikan nikmat-Nya kepada kita, sehingga apabila kita renungi lebih dalam maka sungguh akan terekam dalam memori kita sudah begitu banyak nikmat yang Allah SWT anugrahkan kepada kita, maka tidak heran apabila dalam sebuah ayat al-Qur’an Allah SWT menegaskan pada surah an-Nahl ayat 18 yang menegaskan bahwa apabila kita menghitung-hitung nikmat Allah SWT niscaya kita tidak dapat menghitung jumlahnya . Sebagaimana disebutkan para ulama, andaikan ranting-ranting kayu yang ada di seluruh hutan belantara dikumpulkan dan dijadikan sebagai pena, lalu sungai dan lautan yang ada didunia ditimbah untuk dijadikan sebagai tintanya serta dedaunan-dedaunan yang ada diseluruh pnjuruh dunia dikumpulkan untuk dijadikan sebagai kertasnya niscaya kita akan cukup untuk menghitung nikmat-nikmat yang telah dianugrahkan Allah SWT kepada kita.

DUTA WISATA BIREUN BERWISATA ARUNG JERAM DI KRUENG PEUSANGAN

Bireun, Potretonline.com. Rabu (24/7/19) Duta Wisata Kabupaten Bireuen 2019 didampingi Rizal Fahmi selaku Ketua Ikatan Duta Wisata Kabupaten Bireuen baru saja melakukan kegiatan arung jeram bersama team Bentang Adventure. Bentang adventure merupakan operator wisata yang digagas oleh pemuda-pemuda Bireuen yang peduli terhadap lingkungan, alam serta potensinya. Salah satu potensi alam tersebut adalah arung jeram. Kegiatan arung jeram ini dilakukan sebagai bentuk dukungan penuh Duta Wisata terhadap potensi wisata yang ada di Kabupaten Bireuen. Lokasi arung jeram ini berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan Kecamatan Juli. Jalur pengarungan ini memakan waktu selama lebih kurang empat jam, yang kemudian berakhir di desa Salah Sirong. Tidak hanya arus sungai yang menjadi daya tarik arung jeram ini, karena jika beruntung kita juga akan menjumpai langsung gajah liar yang sedang bermain di samping aliran sungai.  Cut Rizka Kamila selaku Duta Wisata terpilih 2019 me