Sebuah Awal Berujung Bahagia

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>



Oleh Chandra Sentosa
Kelas X IPS A, SMA Negeri 1 Bireun, Aceh

Menulis itu, sebuah aktivitas yang mengasyikan. Artinya, membuat kita senang dan menikmatinya. Saya selama ini suka menulis. Tulisan yang suka saya tulis berupa artikel di salah satu wadah berita online di tanah air kita, Indonesia. Saya suka menulis di media ini berawal dari kebiasaan saya membaca di media tersebut. Saya suka artikel yang berhubungan dengan inspirasi dan  gaya hidup. Ya, mulai dari sanalah saya bertekat menghasilkan karya-karya tulis yang dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

Walau sebenarnya menulis itu mengasyikan dan menyenangkan, dalam proses menulis, saya sering dihadapkan dengan kendala. Kendala yang paling sering dirasakan adalah ide. Kadangkala, ketika ada keinginan menulis, saya tidak punya ide untuk menulis. Ya, saya mau menulis apa, atau tentang apa. Sehingga, hal ini benar-benar memerlukan upaya keras untuk mencari ide. Saya harus berselancar di dunia maya untuk mencari dan menggali ide tersebut. Terkadang ada pula hal yang aneh, di kala sudah ada ide untuk menulis, lalu muncul pula penyakit malas. Belum lagi tugas sekolah yang menumpuk dan tugas di rumah yang harus dikerjakan yang berhasil mengurung rasa ingin menulis tersebut. Apalagi di saat saya mulai mengirimkan karya saya ke redaksi. Saya harus menuliskan karya saya yang sesuai dengan kriteria media. Saya sering merasa uring-uringan dan malas, karena tulisan yang saya kirim masih dalam posisi pendingoleh editor. Bahkan saya masih ingat jumlahnya. Kondisi seperti  ini membuat semangat saya tambah surut dan berfikir untuk berhenti menulis.

Rasa kecewa, malas dan uring-uringan itu terobati dan membuat saya bersemangat kembali adalah ketika berhasil menyelesaikan sebuah artikel. Kemudian terinspitasi pula oleh keyakinan bahwa suatu hari  nanti hanya karya itulah sebagai bukti  eksistensi diri saya. Maka, setelah berjuang dan bersabar menunggu, akhirnya artikel saya berhasil dilirik editor dan karya pertama saya yang berhasil masuk dan dimuat  di IDN Times adalah artikel dengan judul “ 6 Fakta Unik Rusia Yang Wajib Kamu Ketahui”. Semakin menyenangkan, karena tulisan ini dibaca oleh 1000 orang. Fakta ini menambah semangat saya menulis. Hingga saat ini saya sudah menulis dan diterbitkan sekitar 40 artikel  dengan total view mencapai angka 50.000. Hasil ini semakin membuat saya percaya diri. Saya percaya bahwa kerja keras, tidak akan membohongi hasil. Inilah ceritaku. Bagaimana ceritamu?

Click to comment