POTRET Gallery

POTRET Gallery
Pusat Belanja Unik

PELATIHAN MENULIS DI RUANG MEMORIAL PERDAMAIAN ACEH

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>
Foto Dok. Mardian
Banda Aceh, 07/03/19. Sebanyak 26 orang aktivis LSM dan komunitas serta  dosen muda dari beberapa Universitas di Aceh  pada hari Rabu 06- 07 Maret 2017, mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan menulis artikel dan riset yangbertempat di Ruang Memorial Perdamaian Aceh pada Badan Kesbangpol Aceh. Pelatihan tersebut difasilitasi oleh   oleh Tim Peneliti dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sebagai bentuk kontribusi  tim peneliti untuk menyiapkan para peneliti dan penulis muda Aceh  lebih giat meneliti dan menulis mengingat Aceh memiliki banyak sekali pembelajaran yang belum diteliti dan ditulis. 


Oleh sebab itu, tim peneliti “Dimensi Gender Dalam konflik Perdamaian” Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini yang pendanaannya  didukungan oleh Swiss National Science Foundation, melakukan pelatihan singkat mengenai bagaimana meneliti dan menulis dengan baik dan benar.  Sebagai nara sumber dan sekaligus pelatih pada pelatihan, team peneliti  menghadirkan dua pelatih yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang ini, masing-masing   Prof. Irwan Abdullah., Ph.D. (UGM) dan  Dr. Wening Udasmoro, M. Hum., DEA. (UGM) Jogjakarta.


Pelatihan dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan masukan mengenai bagaimana agar pengalaman-pengalaman mereka sebagai aktivis, peneliti maupun warga biasa yang memiliki pengetahuan dan pengalaman tidak biasa tersebut dapat terdokumentasikan dalam bentuk tulisan. Banyak sekali kegiatan dalam aktivitas mereka yang kaya akan informasi dan akan berguna bagi publik secara luas yang dapat dituliskan. Akan tetapi kemampuan mengenai bagaimana menjelaskan pengalaman mereka dalam penelitian dan penulisan secara konstruktif masih perlu diasah


Pelatihan ini turut mengundang peserta sebanyak 25 (dua puluh lima) orang yang terdiri dari dosen, peneliti, aktivis muda aceh, dan aktivis perempuan Aceh.



Drs. Mahdi Efendi selaku Kepala Badan Kesbangpol Aceh turut mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan perhatiannya ke Aceh. Apresiasi sebesar-besarnya disampaikan kepada Tim Peneliti dari Universitas Gadjah Mada atas sumbangsihnya. 


Dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan pelatihan menulis ini, Drs. Mahdi Efendi. menyampaikan bahwa ini adalah sebuah kebahagiaan dan kehormatan bagi kami Badan Kesbangpol Aceh, dapat memfasilitasi kegiatan seperti ini, karena dalam pandangan kami kegiatan ini sangat penting dalam meningkatkan pengetahuan dan sumberdaya manusia generasi muda Aceh terutama dalam hal penelitian dan penulisan-penulisan artikel ilmu pengetahuan. 


Karenanya kami yakin melalui kegiatan seperti ini, para peserta akan mendapatkan tambahan pemahaman dan pengetahuan terutama dalam hal riset-riset sosial dan cara penulisan artikel. Apalagi kegiatan ini diisi dengan sharing pengalaman dari para ekspert yaitu Prof. Irwan Abdullah., Ph.D. dan ibu Dr. Wening Udasmoro, M. Hum., DEA. yang tentu saja telah memiliki jam terbang tinggi dalam hal penelitian dan penulisan artikel sosial di Indonesia. 

Kami sebagai lembaga pemerintah yang mengemban tugas dalam bidang politik dan pemerintahan umum tentu saja sangat mengharapkan banyak masukan dari teman-teman aktivis, peneliti dan akademisi, terutama dalam menciptakan tata pemerintahan yang baik, serta perkembangan situasi dan kondisi di masyarakat. hasil dari riset-riset sosial yang dilakukan oleh kawan-kawan aktivis dan akademisi akan menjadi salah satu masukan yang sangat berharga bagi kami pemerintah Aceh dalam menciptakan program,-program kerja yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat, yang pada akhirnya akan menciptakan kesejahteraan rakyat dan memperkuat perdamaian di Aceh sesuai tujuan kita bersama.


Karenanya kami berharap kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus dilanjutkan pada kesempatan-kesempatan yang lain, agar sdm generasi muda aceh terus meningkat, sehingga dapat menghasilkan riset-riset yang berkualitas serta artikel-artikel yang dapat menjadi rujukan baik skala nasional maupun internasional. kami mengharapkan para peserta sekalian dapat mengambil banyak pelajaran, pengalaman dan ilmu dari para pemateri untuk bisa diaplikasikan dalam kegiatan-kegiatan riset dan penulisan artikel yang berkualitas.


Perlu disampaikan juga, bahwa sebelumnya Pada tanggal 23 Januari 2019 bertempat di Ruang Memorial Perdamaian Aceh pada Badan Kesbangpol Aceh, Tim Peneliti Universitas Gadjah Mada Yogyakarta juga telah menyerahkan 134 (seratus tiga puluh empat) buku dan 1 (satu) buah lemari buku untuk di tempatkan di Ruang Memorial Perdamaian Aceh.


Semoga Allah Swt senantiasa melimpahkan Rahmat, Karunia, Dan Jalan Yang Mudah, Dalam Upaya Kita Menjalankan Roda Pembangunan Menuju Aceh Yang Lebih Aman, Tentram, Maju, Adil Dan Sejahtera.
Sebagai penutup dari pembukaan kegiatan pelatihan menulis, Drs. Mahdi Efendi menyerahkan Bungoeng Jaroe (Plakat), Surat Ucapan Terima Kasih, leaflet, CD Film Dukumenter “Merajut Damai Aceh” dan Brosur Ruang Memorial Perdamaian Aceh sebagai bentuk terima kasih dan apresiasi kepada Tim Peneliti Universitas Gadjah Mada Yogyakarta atas sumbangsihnya.

Click to comment