POTRET Gallery

STOP BUANG WAKTU, KARENA WAKTU ADALAH UANG!

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>

OlehYuhelsi Rafiqah
Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Conseling, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh



Di zaman milenial saat ini khususnya remaja, orang dewasa bahkan anak-anak di bawah umur, mereka semuanya cuma menghabiskan waktunya dengan duduk di warkop dengan percuma. Setiap pagi, sore dan malam mereka menghabiskan waktu hanya duduk di warkop dan berlomba-lomba bermain game untuk sebuah kesenangan semata. Sungguh sia-sia mereka, karena mereka hanya membuang waktunya untuk bermain game online. Mereka semua duduk dan memesan minuman hingga berjam-jam sampai larut malam yang tidak menghasilkan apa-apa itu. Sungguh kasihan nasib mereka itu
Tanpa mereka sadari bahwa waktu itu sangat lah penting, karena waktu adalah uang (money is time, time is money). Begitulah ungkapan orang barat dalam menggambarkan betapa berharganya waktu. Jika kita menyia- nyiakan waktu hanya beberapa menit saja, maka berapa banyak uang yang kita habiskan? Oleh sebab itu,  gunakanlah waktu untuk hal-hal yang positif, sehingga bisa menghasilkan hal yang postif pula. Waktu dan uang, keduanya sangat lah berharga. Setiap detik, menit, dan jam waktu terus berputar, namun sudahkan kita memberi jaminan bahwa hari esok akan menjadi lebih baik atau bahkan menjadi lebih buruk?
 Nah, dalam hal menjaga waktu,  Ibnu Abas.r.a. berkata Rasulullah saw, bersabda:” memanfaatkan lima perkara keadaanmu sebelum datangnya lima masa. Masa hidup sebelum meninggalmu, masa sehatmu sebelum sakitmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa mudamu sebelum masa tuamu dan masa kayamu sebelum masa fakirmu”. Ingat usaha yang maksimal dan diiringi bertawakkal kepada Allah, merupakan cara terbaik untuk mendapat rahmatnya.
Selain itu, ungkapan Uang memang tidak asing lagi bagi kita, karena kita semua membutuhkan uang. Apalagi di zaman milenial saat ini banyak yang lulusan sarjana, tetapi pengangguran. Mereka hanya menghabiskan uang dan waktu hanya duduk di warkop hingga berjam-jam, tanpa mereka sadari  telah menghabiskan waktu dan diri mereka untuk hal yang tidak berguna itu. 
Jika kita ingin menjadi orang sukses, maka gunakan lah waktu sebaik mungkin, buat jadwal kegiatan sehari-hari agar tahu kemana tujuan anda di masa depan. Sehingga hidup lebih terarah dan teratur. Mungkin saat ini kita banyak menghabiskan waktu kita untuk hal yang tidak bermanfaat, sehingga yang rugi pasti kita sendiri. Ya, yang rugi diri kita sendiri.
Ketika waktu pergi, kita pun akan bernadai-andai. Ya,   andai waktu bisa terulang kembali dan kenyataannya itu hanyalah mimpi. Nah, dengan demikian mulai saat ini kita untuk tidak membuang waktu walaupun hanya 1 detik, 1 menit dan 1 jam, karena yang rugi adalah diri kita sendiri. Tidak mau rugi, bukan?

Click to comment