Kota Banda Aceh Alami Deflasi Harga Barang

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>


Banda Aceh - Deflasi yang terjadi di Kota Banda Aceh dikarenakan adanya penurunan harga barang. Hal tersebut tergambar dari laporan bulanan Indeks Harga Konsumen/Inflasi Kota Banda Aceh Juni 2020 dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banda Aceh yang di rilis per tanggal dua Juli tahun 2020.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banda Aceh, Bustami SH menerangkan, dalam istilah ekonomi, deflasi adalah suatu periode yang mana harga-harga secara umum jatuh dan nilai uang bertambah.

“Deflasi adalah kebalikan dari inflasi. Bila inflasi terjadi akibat banyaknya jumlah uang yang beredar di masyarakat, maka deflasi terjadi karena kurangnya jumlah uang yang beredar”, tambah Bustami 

Kabid Statistik Diskominfotik Kota Banda Aceh Nourchalis, SE menjelaskan berdasarkan laporan BPS Kota Banda Aceh, Saat ini kondisi perekonomian Kota Banda Aceh disatu sisi sedang mengalami deflasi, yang ditunjukkan oleh turunnya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran. Selain tentunya ada yang mengalami kenaikan dan ada juga yang posisinya stabil atau tetap. 

“Diantaranya yang mengalami penurunan indeks pengeluaran adalah kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 1,02 persen, kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,66 persen dan kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,05 persen” Jelasnya.

“Sedangkan kelompok yang mengalami kenaikan indeks adalah kelompok transportasi sebesar 0,42 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,18 persen, kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,07 persen dan kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,03 persen”, tambahnya.

Sedangkan untuk kelompok pakaian dan alas kaki, kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya, kelompok pendidikan, dan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran tidak mengalami perubahan indeks atau lebih stabil.

Secara umum gambaran indeks harga konsumen/inflasi Kota Banda Aceh pada bulan Juni 2020 dapat digambarkan tingkat inflasi tahun kalender Juni 2020 (Juni 2020 terhadap Desember 2019) untuk Kota Banda Aceh adalah sebesar 1,97 persen, sedangkan, Inflasi year on year (Juni 2020 terhadap Juni 2019) untuk Kota Banda Aceh adalah sebesar 1,31 persen. (Rat/Hz)

Ket Foto:  Kabid Statistik Diskominfotik Kota Banda Aceh Nourchalis, SE 

  Sumber : Diskominfotik Banda Aceh  

Click to comment