Mari Berkarya.

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>



Oleh Anita Sari

Ini sebagai mahasiswi di UIN Ar-Raniry, Banda Aceh

Semuanya dimulai dari sini. Ini adalah tulisan pertama saya yang didasarkan atas dukungan keluarga, sahabat dan masih banyak pihak-pihak lain yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.  Awalnya saya berpikir menulis itu sangat sulit dan membutuhkan waktu yang lama, tetapi setelah saya coba, ternyata apa yang saya pikirkan itu salah. Menulis itu juga dapat memberi wawasan luas bagi pembaca. Mereka yang termotivasi akan tercipta untuk berkarya melalui tulisan yang dituangkan dari pikirannya. Sebelum tulisan ini berkembang, saya pernah membaca beberapa buku lain yang diciptakan oleh orang yang lebih berpengalaman dalam menciptakan tulisan-tulisan yang bermotivasi. Saya ingin tau bagaimana mereka memulai dan mencoba, sehingga menghasilkan tulisan yang berkarya dan bermakna bagi orang lain, dan mengapa mereka bisa? Sementara saya tidak. Saya ingin bisa berkarya seperti mereka yang telah menciptakan berbagai banyak buku.

Dan menulis itu tidak membuang waktu  dengan percuma dan sia-sia. Saat kita sedang memiliki waktu luang, tidak salahnya mengisi dengan beberapa kata yang ingin kita tunjukkan. Tidak mesti melalui melalui lisan, tetapi bisa saja melalui tulisan, sehingga membujuk para pembaca tulisan kita untuk berkarya seperti yang kita lakukan sekarang. Dengan membaca, juga menambah pengetahuan, sehingga menarik untuk mencoba pengetahuan yang positif dari beberapa tulisan yang kita untaikan di lembaran kertas.

Caranya cukup mudah, pikirkan tema apa yang akan kita tulis. Jika sudah menemukan inspirasi, ambil pena dan kertas lalu tuangkan bush pikiran kita melalui pena yang akan terus menghasilkan huruf-huruf, sehingga memenuhi lembaran demi lembaran kertas. Setelah  itu, baca jasil tulisan tersebut dan perhatikan dengan seksama kata demi kata yang kita tulis. Jika semua sudah benar, bisa langsung dikirim ke majalah percetakan, atau share ke akun sosial media agar tulisan kita dapat dibaca banyak orang, dan lambat lain kita juga akan dikenal banyak orang dengan karya tulisan tulisan kita. Tidak perlu lagi dengan susah menghiasi pinggiran lembaran kertas dan mewarnainya dengan mensisipkan nama di pojok sudut kertas, lalu menempelkan di mading sekolah saja, yang hanya akan dibaca oleh beberapa siswa bahkan hanya dilalui saja. Setelah beberapa hari akan dicabut dan digantikan dengan tulisan yang baru. Jadi menurut saya berkarya itu tidak hanya di satu tempat, tapi banyak peluang tempat untuk menyalurkan hasil karya-karya kita. 

Jadi jangan sampai kata-kata kreatif kita hanya tersimpan di fikiran saja ya...

Baiklah untuk sementara hanya ini beberapa tulisan dari saya semoga bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih (pembaca)

Click to comment