POTRET Gallery

POTRET Gallery
Pusat Belanja Unik

Disdik Dayah Banda Aceh Sukses Laksanakan Pelatihan Ekonomi Kreatif Bagi Dayah

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>


Banda Aceh – Pelatihan Ekonomi Kreatif bagi santri dan guru dayah yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh sukses dilaksanakan selama tiga hari sejak 14-16 September 2020 dan mendapatkan respon sangat baik dari peserta. 

Kepala Disdik Dayah Tgk.Tarmizi M. Daud, S. Ag, M. Ag berharap apa yang sudah didapatkan dari pelatihan ini bisa dimanfaatkan bagi individu maupun di lingkungan dayah setempat. 

"Alasannya karena tahun 2027 Dana Otsus sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 akan berakhir, maka dari itu untuk urgensi kemandirian dayah, dituntut dayah/ pondok pesantren harus mampu melahirkan sumber pendapatan, sehingga dayah benar-benar mandiri," jelasnya saat dikonfirmasi, Sabtu (19/9/2020).

Tgk. Tarmizi berharap juga dengan pelatihan ekonomi dayah lahir ide-ide baru dan cemerlang dalam membangun ekonomi mandiri untuk masa depan dayah Kota Banda Aceh. 

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Arifullah, ustadz dari Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh mengatakan bahwasanya pelatihan yang diinisiasikan oleh Disdik Dayah sangat bermanfaat bagi guru khususnya pengurus koperasi pemula di lingkungan dayah setempat. 

"Kami belajar banyak hal termasuk bagaimana manajemen koperasi yang baik, dan kami mendapatkan motivasi bisnis sehat dan syar'i melalui kisah-kisah kehidupan para motivator," kata Arif. 

Ahmad Jaden peserta yang hadir mewakili Pesantren Modern Babun Najah Banda Aceh juga juga mengatakan hal senada mendapatkan banyak hal selama pelatihan berlangsung. Seperti motivasi hidup dimana berfikiran lebih jauh dan tidak menganggap sebuah kesialan tidak ada hikmahnya. 

"Setelah mengikuti pelatihan tersebut saya memiliki ide untuk mengembangkan sebuah koperasi dimana bisa kita ajak teman-teman yang lain untuk bergabung, dengan syarat minimal mendirikan koperasi adalah 20 orang, karena itu saya memiliki obsesi untuk melakukannya," ungkapnya. 

Pelatihan diisi oleh tiga pemateri, yaitu; Ir, Saiful Bahri, SE Pejabat Diskopukmdag, M. Mulyakhan praktisi ekonomi kreatif dan Kepala Disdik Dayah Tgk.Tarmizi M. Daud, S. Ag, M.Ag.(Hus/Hz)

Click to comment