POTRET Gallery

POTRET Gallery
Pusat Belanja Unik

Hari Guru Nasional 2020, Dosen Psikologi UIN Ar-Raniry Luncurkan Buku Tentang Guru dan Dosen Indonesia

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>





Banda Aceh, potretonline.com, 30 November 2020. Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2020, Harri Santoso.,S.Psi.,M.Ed dosen Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry meluncurkan buku berjudul Potret Guru dan Dosen Indonesia di 75 Tahun Indonesia merdeka, diterbitkan oleh Penerbit One Peach Media Jakarta. Buku ini merupakan buku yang disusun oleh penulis berdasarkan pengamatan penulis akan nasib guru dan dosen di Indonesia pada media massa, baik on-line maupun cetak dan pengamatan langsung selama kurang lebih 5 tahun. 

Menurutnya kerja dan tanggung jawab profesi seorang guru sangat dibutuhkan dalam membangun negeri, namun persoalan kesejahteraan dan kepastian akan masa depan bagi guru honorer sama sekali tidak didapatkan. Mulai dari janji Kepala Daerah, hingga janji Presiden. Dalam piagam Ki hajar Dewantara tentang komitmen mereka untuk mensejahterakan guru honorer masih dalam tataran konsep saja. Gaji dan upah guru didapati masih lebih tinggi gaji seorang pembantu rumah tanga, sehingga memaksa mereka untuk menjalani profesi lain untuk memenuhi kebutuhan hide. 

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih menyebutkan survey kecil naratif terhadap guru serta janji presiden dalam buku ini semoga menjadi ingatan bersama bahwa mensejahterakan guru dan memperbaiki nasib mereka akan membuat negeri Indonesia semakin maju. Ketua Perhimpunan guru Honorer K2 Indonesia dalam kata sambutannya menyebutkan semoga dengan diterbitkan buku ini bisa mengetuk hati pemerintah untuk segera selesaikan masalah guru honorer, memanusiakan  mereka dengan penghargaan yang memadai. karena kami adalah manusia jadi kami ingin di perlakukan seperti manusia tidak habis manis sepah dibuang.

Click to comment