Langsung ke konten utama

Jurusan Informatika FMIPA Unsyiah dan IdBigData Gelar ICELTICs2020




Banda Aceh - Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) bekerjasama dengan IdBigData melaksanakan kegiatan “The 3rd International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICELTICs2020) 2020 in conjunction with Konferensi Big Data Indonesia 2020” yang diselenggarakan dari tanggal 27-28 Oktober 2020 secara Virtual Conference (Banda Aceh – Jakarta). 

Kegiatan ini juga diselenggarakan bersama dengan APTIKOM Aceh dan IEEE Indonesia Section sebagai technical co-sponsorship.

Pembukaan kegiatan dilaksanakan secara daring dan bersama di Banda Aceh dan Jakarta. Konferensi ini bertemakan “Empowering Data Science and Artificial Intelligence for Enriching Smart Societies”. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, IPU. Selasa (27/10/2020).

Hadir pada pembukaan para Wakil Rektor, perwakilan IEEE Indonesia Section, Ceo PT. Solusi 247, para keynote speaker, peneliti bidang Artificial Intelligent (AI) dan Big Data, Ketua Lembaga dan para Dekan dan Wakil Dekan dalam lingkup Unsyiah.

Kegiatan ini menghadir Dr. Ir. Hammam Riza., M.Sc., IPU (Kepala BPPT Indonesia) dan Prof. Atsuyuki Morishima., Ph.D (Professor Faculty of Library, Information and Media Science Center for Artificial Intelligence Research, University of Tsukuba, Japan), sebagai pembicara utama (keynote speaker).
Ketua panitia pelaksana Dr. Nizamuddin, M.InfoSc, yang juga Ketua UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Staf Pengajar Jurusan Informatika Unsyiah dalam laporan menyampaikan bahwa, kegiatan diikuti sebanyak 7 negara yaitu Palestine, China, India, Taiwan, Iraq, Indonesia, dan Jerman dengan 26 karya ilmiah akan dikonferensikan.

“Panitia telah menyeleksi 26 dari 58 karya Ilmiah (46% acceptance rate) yang telah dikirimkan. Kelak diharap karya ilmiah ini bisa berkontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan akan dipublikasikan pada proceeding IEEE Xplore digital library dan diharapkan dapat terindeks oleh Scopus,” ungkapnya.

Prof. Samsul Rizal dalam sambutannya menyampaikan bahwa dikarenakan Covid-19, kegiatan ini harus diselenggarakan secara virtual, dan berharap “konferensi ini akan menjadikan forum yang sangat baik untuk berbagi pengetahuan dan temuan penelitian yang terkait dengan penelitian dan inovasi ilmu data dan kecerdasan buatan untuk memberdayakan Data Sciences dan Artificial Intelligent untuk Enriching Smart Societies,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Rektor Unsyiah mengatakan kegiatan ini menjadi penguatan bagi peneliti, dosen, akademisi yang kemudian bisa memanfaatkan Data sciences dan Artificial Intelligent untuk komunitas dan masyarakat Indonesia. Akhir dari sambutannya, Rektor Unsyiah juga mengucapkan terimakasih kepada para narasumber (keynote speakers), panitia ICELTICs2020 baik tim dari Banda Aceh dan Jakarta, pemakalah (presenters), dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dan memohon maaf jika terdapat kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan ini.
 
Pada konferensi ini, selain menampilkan pembicara utama, juga hadir sejumlah pembicara yang menyampaikan perkembangan Artificial Intelligent di Indonesia; diantaranya Oktanto Dedi Winarko, S.T., M.Eng (CEO Labs247), Muhammad Neil El Himam (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia), Yudhistira Nugraha, ST, M.ICT Adv, D.Phil (Director, Jakarta Smart City), Arief Mustain (indosat Ooredoo), Meidy Fitranto (Nodeflux), Ir. Oskar Riandi, M.Sc (CEO Bahasa Kita), Jessy Abdurrahman (Zi.Care Indonesia), Ir. Budi Rahardjo, M.Sc., Ph.D (ITB), Dr. Andry Alamsyah, S.Si, M.Sc (Asosiasi Ilmuwan Data Indonesia), Panji Wasmana (IBM Indonesia), dan Herfini Haryono (OmniSci Indonesia). (*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sucikan Hati Dan Jiwa Dengan Berkurban

  Oleh Cut Putri Alyanur Berdomisili di Jakarta    Tanggal 10 Djulhijjah 1442 Hijriah, bertepatan dengan tanggal 20 Juli 2021. Umat Islam di seluruh dunia, merayakan Hari Raya Idul Adha dengan penuh sukacita. Suara takbir, menggema di setiap penjuru Nusantara, walau di beberapa tempat, Idul Adha di arah kan oleh Pemerintah Indonesia untuk di rayakan di rumah saja. Begitupun dengan kami, masyarakat Aceh perantauan yang melaksanakan Idul Adha, di Jakarta. Pandemi Covid-19, hingga saat ini tak mau berkompromi, meski penyebarannya sudah memasuki tahun ke – 2, sejak bulan  Maret tahun 2021. Hari Raya Idul Adha juga senada dengan pelaksanaan kurban, dan menjadi sangat berharga bila kedua ritual ibadah ini, bisa dilakukan saat menunaikan ibadah rukun Islam yang ke – 5, berhaji ke Baitullah. Bila sedang tidak berhaji pun, ibadah kurban sangat mulia untuk di laksanakan, guna meningkatkan keimanan dan kepekaan sosial terhadap sesama. Berkurban berarti meneladani ketaatan yang di lakukan oleh Nab

EMPAT CARA MENSYUKURI NIKMAT ALLAH SWT

Foto : dok.Pribadi Oleh   Hendra Gunawan, MA Dosen Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padang Sidimpuan, Sumatera Utara Allah SWT sudah begitu banyak memberikan nikmat-Nya kepada kita, sehingga apabila kita renungi lebih dalam maka sungguh akan terekam dalam memori kita sudah begitu banyak nikmat yang Allah SWT anugrahkan kepada kita, maka tidak heran apabila dalam sebuah ayat al-Qur’an Allah SWT menegaskan pada surah an-Nahl ayat 18 yang menegaskan bahwa apabila kita menghitung-hitung nikmat Allah SWT niscaya kita tidak dapat menghitung jumlahnya . Sebagaimana disebutkan para ulama, andaikan ranting-ranting kayu yang ada di seluruh hutan belantara dikumpulkan dan dijadikan sebagai pena, lalu sungai dan lautan yang ada didunia ditimbah untuk dijadikan sebagai tintanya serta dedaunan-dedaunan yang ada diseluruh pnjuruh dunia dikumpulkan untuk dijadikan sebagai kertasnya niscaya kita akan cukup untuk menghitung nikmat-nikmat yang telah dianugrahkan Allah SWT kepada kita.

DUTA WISATA BIREUN BERWISATA ARUNG JERAM DI KRUENG PEUSANGAN

Bireun, Potretonline.com. Rabu (24/7/19) Duta Wisata Kabupaten Bireuen 2019 didampingi Rizal Fahmi selaku Ketua Ikatan Duta Wisata Kabupaten Bireuen baru saja melakukan kegiatan arung jeram bersama team Bentang Adventure. Bentang adventure merupakan operator wisata yang digagas oleh pemuda-pemuda Bireuen yang peduli terhadap lingkungan, alam serta potensinya. Salah satu potensi alam tersebut adalah arung jeram. Kegiatan arung jeram ini dilakukan sebagai bentuk dukungan penuh Duta Wisata terhadap potensi wisata yang ada di Kabupaten Bireuen. Lokasi arung jeram ini berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan Kecamatan Juli. Jalur pengarungan ini memakan waktu selama lebih kurang empat jam, yang kemudian berakhir di desa Salah Sirong. Tidak hanya arus sungai yang menjadi daya tarik arung jeram ini, karena jika beruntung kita juga akan menjumpai langsung gajah liar yang sedang bermain di samping aliran sungai.  Cut Rizka Kamila selaku Duta Wisata terpilih 2019 me