Pusat Belanja Yang Unik dan Menarik

Pusat Belanja Yang Unik dan Menarik
POTRET GALLERY

SDN 71 Gelar Pembelajaran Ekosistem Alami

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>
 




BANDA ACEH, potretonline.com, 14/02/21.  Sekolah Dasar (SD) Negeri 71 Desa Mibo, Kecamatan Bandaraya Kota Banda Aceh menggelar pembelajaran ekosistem alami dengan menggunakan media teropong dan kompas. Kegiatan pembelajaran yang mengambil lokasi di Lapangan Tembak Japakeh Iskandar Muda Rindam, Mata Ie Kecamatan Darul Imarah itu dibantu oleh Posramil Bandaraya Kodim 0101/BS Iskandar Muda, Sabtu (13/02/2021).

Kepala SD Negeri 71 Banda Aceh, Kamisah SPd mengatakan, kegiatan ini merupakan pembelajaran yang sangat bermanfaat Karena Di lakukan secara langsung Di dialam terbuka untuk memperkenalkan kepada siswa tentang alam ciptaan Tuhan yang begitu indah.

"Dengan adanya pembelajaran diluar lingkungan sekolah, diharapkan siswa lebih mencintai alam ciptaan Tuhan dan kelak dapat melestarikannya," kata Kamisah. Dikatakannya, kegiatan ini turut didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh yang dipantau langsung oleh Kasi Kurikulum Sekolah Dasar, Marwan SAg MPd dan Kasi Sarana/Prasarana, Drs Husni Alamsyah.


Secara terpisah, Kasie Kurikulum SD Disdikbud Kota Banda Aceh, Marwan meyampaikan, apresiasi atas kegiatan pembelajaran ekosistem alami sangat bermanfaat bagi siswa.


"Selama ini siswa hanya belajar di dalam kelas, dengan adanya pembelajaran dialam terbuka ini salah satu belajar merdeka dan dapat menghilangkan kejenuhan," ucapnya. Marwan sangat mendukung kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh SD Negeri 71 dengan harapan semua Sekolah Dasar di Kota Banda Aceh dapat melaksakan kegiatan seperti yang sudah dilaksanakan hari ini.

Sementara dari Posramil Banda Raya Dandim 0101/BS Iskandar Muda dipandu oleh tiga orang tim masing-masing, Sertu M Yani, Serda Edi W dan Kopda Fitri Andi.

Sertu M Yani menjelaskan, pada kegiatan pembelajaran pengenalan ekosistem alami menggunakan Teropong Stainer 6x30 B dan Kompas yang diperkenalkan kepada siswa SD Negeri 71 di Lapangan Tembak 300 M Rindam IM, Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar.

"Adapun kegiatan yang dilaksanakan, pada pukul 07.30 WIB dilakukan pengecekan awal di sekolah. Selanjutnya pada Pukul 07.45 WIB rombongan siswa dan guru pendamping menuju Latbak 300 M Rindam IM," jelas M Yani.

Kemudian pada Pukul 08.10 WIB rombongan siswa bersama guru pendamping tiba di Latbak 300 M. Seterusnya pukul 08.30-09.30 WIB pengenalan alam dan sekitarnya oleh wali kelas IV, Lilis Rosnita. Barulah pada pukul 10.00-11.15 WIB pengenalan Teropong dan Kompas dipandu oleh M Yani. Kegiatan terakhir pada pukul 11.20 WIB dilakukan evaluasi kegiatan oleh guru pendamping bersama tim pendukung dan pengecekan Serpas kembali menuju sekolah. 

"Kegiatan pembelajaran pengenalan ekosistem alami dengan menggunakan Teropong Stainer 6 X 30 B dan Kompas oleh siswa SD Negeri 7 berjalan dalam keadan aman dan lancar serta mematuhi protokol kesehatan Covid-19," pungkas M Yani.

Kegiatan yang ikut didampingi wali kelas IV, Lilis Rostina SPd I, dakhir rangkaian kegiatan Kepala SD Negeri 71, Kamisah menyerahkan satu batang Pohon Manggis kepada Kaur PAM/OP Ter Rindam, Kapten Infantri. Feri Hidayat untuk dilakukan penanaman. (Bay)





Click to comment