PROGRAM 1000 SEPEDA DAN KURSI RODA

PROGRAM 1000 SEPEDA DAN KURSI RODA
POTRET GALLERY

Kuncinya Terlatih

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>



Oleh Ahmad Rizali
Berdomisili di Depok

Intensitas aktivitas, apapun memang sangat tergantung dengan kebiasaan atau sering tidaknya atau frekuensi aktivitas. Ada guru yang entah guyon atau serius mengatakan, membaca artikel lebih dari 1 halaman membuat kepalanya puyeng. Jika itu fakta, maka saya menduga "hipotetically" memang wajar karena saluran saraf otak yang akan aktif saat membaca tidak terlatih. Saraf itu akan meregang dan kejang-kejang seperti otot kaki yang tak biasa jogging, dipaksa jogging.

Berbuat baik dan yang lebih khusus lagi, berprasangka baik juga mesti dilatih agar tidak "irritating" karena kebiasaan dan akhirnya menjadi karakter itu wajib dimulai dengan aksi dan dilakukan dengan pembiasaan atau frekuensi aktivitas yang tertata dan dijalankan dengan disiplin. Sama juga dengan berbuat buruk. Kondisi terpaksa saja, jika sejak awal belum pernah mencuri, maka akan merasa "irritating" tak nyaman. Namun jika sudah terlatih alias sering dilakukan, maka perilaku buruk itu sudah nyaman dilakukan. 

Tuhan Maha baik, Dia memberi insentif pahala ketika manusia baru berniat berbuat baik. Ibarat punya rekening pahala, niat saja sudah akan ada pahala yang ditransferNya menjadi deposit. Dia tidak akan mencatat sebagai "transaksi" jika baru niat. Bahkan jika urusannya langsung denganNya seperti larangan tidak terkait manusia lain, maka sangat mudah di "write off". Jadi, Tuhan memang mendorong manusia memulai kebiasaan dan menuju ke karakter baik.

Jadi, ketika memulai sesuatu, apalagi belum pernah dilakukan sebelumnya, pasti akan timbul ketidaknyamanan. Fisik dan Psikis sama saja. Jika hal itu perilaku baik dan memberi efek ketidaknyamanan yang niscaya terjadi, maka jangan stop. Atur saja agar tidak cidera dan terus lakukan dengan konsisten hingga menjadi terbiasa. Alangkah dahsyatnya yang terjadi ketika manusia kecanduan bernalar sehat, berprasangka baik, tidak mencuri, menulis kalimat positif dlsb yang sejenis. 

Kuncinya adalah terlatih.

Click to comment