Pusat Belanja Yang Unik dan Menarik

Pusat Belanja Yang Unik dan Menarik
POTRET GALLERY

MILENIAL MEMBANGUN NEGERI

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>




Oleh Nurmila Rusda Azmi

Mahasiswi Jurusan Bahasa Inggris,  IAIN Langsa, Aceh

Milenial adalah generasi yang tumbuh di mana perkembangan teknologi menjadi gaya hidup bagi mereka di dalamnya. Di masa perkembangan teknologi yang menjadi  semakin pesat ini harus sebanding dengan kinerja manusia dan yang paling utama adalah kualitas generasi mudanya (milenial). Generasi muda atau milenial harus mampu beradaptasi dan cepat belajar dari setiap perkembangan yang muncul sebagai perkembangan zaman. Generasi muda sebagai penerus bangsa harus mengembangkan  pola pikir mereka dan menjadi perubahan yang baik ke depannya bagi bangsa dan negara serta bagi dirinya sendiri. Hal ini dikenal dengan istilah (Agent Of Change). Generasi muda harus memiliki sikap kritis dan penuh semangat dalam mempengaruhi dan menyadarkan masyarakat untuk melakukan suatu gerakan perubahan yang baik di dalam lingkungan sosial. Dalam menggerakkan perubahan ini, banyak peran yang dapat dilakukan oleh generasi muda dalam membangun bangsa seperti ; pemuda harus memperjuangkan kebenaran demi kemajuan bangsa serta menjaga keberagaman adat dan budaya dengan menjunjung tinggi persatuan bangsa. Oleh sebab itu dengan berkembangnya teknologi dan cepatnya informasi yang diterima oleh setiap masyarakat dan generasi muda dapat diterima dengan bijak serta dimanfaatkan dengan baik, sehingga dapat memikirkan pergerakan perubahan kedepannya.   

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Pemuda harus memperjuangkan kebenaran demi kemajuan bangsa maksudnya adalah pemuda harus mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan dengan kegiatan yang positif dan berani membela yang benar demi kemajuan bangsa. Hal ini dikarenakan suatu bangsa yang besar akan bertahan dan maju karena di dalamnya terdapat pemuda pemberani dan selalu melakukan kegiatan yang positif. kegiatan  yang positif ini dapat diekspresikan dengan cara membangun komunitas-komunitas pemuda yang kritis dan berani melakukan perubahan positif serta membangun. Selain itu dengan memanfaatkan media sosial pemuda juga dapat bebas berekspresi dan berani mengemukakan pendapatnya, sehingga dapat memicu semangat pemuda yang lainnya dalam memperjuangkan kebenaran.

            Dijelaskan pula bahwa pemuda harus menjaga keberagaman adat dan budaya dengan menjunjung tinggi persatuan. Maksudnya adalah sebagai pemuda tidak boleh mendiskriminasi perbedaan-perbedaan yang terdapat di dalam suatu negara. Akan lebih baik jika melalui pemuda dengan memanfaatkan teknologi dengan memperkenalkan adat dan budaya kepada negara luar, sehingga dapat dikenal oleh seluruh dunia. Tentu saja ini adalah langkah yang sangat baik untuk meningkatkan kepedulian generasi milenial terhadap perbedaan-perbedaan yang ada.

Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya perkembangan teknologi, pemuda memiliki banyak peluang untuk bisa berada lebih jauh di depan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Selain itu dikarenakan luasnya informasi dan kebebasan menggunakan teknologi ini, hendaknya generasi milenial juga harus bijak dalam menggunakannya. Inilah yang diharapkan dari generasi muda atau milenial dalam membangun negeri. Generasi yang sedang memasuki masa aktif,kreatif,reaktif dan kritis dalam masa perkembangan manusia yang dapat membawa perubahan baik dalam membangun bangsa dan negara.

3 comments

avatar

Mantap.generasi zaman now harus bisa membangun bangsa untuk kedepannya yang lebih baik✊✊

avatar

Semoga dapat mengispirasi anak muda diluar sana

avatar

Mantap..tuk membuat bangsa ini maju dengan generasi baru๐Ÿ˜Š๐Ÿ‘

Click to comment