PROGRAM 1000 SEPEDA DAN KURSI RODA

PROGRAM 1000 SEPEDA DAN KURSI RODA
POTRET GALLERY

PCM LEMBAH SABIL ; DARI PONDOK LIMA KALI SEPULUH

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>






Oleh Nasrizal, S.Pd

Pimpinan Cabang Muhamadiyah (PCM) Lembah Sabil, sesuai dengan namanya, merupakan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) baru. Dikatakan demikian, karena PCM Lembah Sabil terbentuk setelah terbentuknya Kecamatan ini yang merupakan kecamatan pemekaran dari kecamatan Manggeng. Sebagai PCM yang baru, di kecamatan baru, PCM Lembah Sabil memiliki keinginan kuat untuk berkiprah, sebagaimana PCM-PCM lain yang ada di Aceh khususnya, dan di Indonesia umumnya. Dapat dipastikan PCM yang baru muncul biasanya memiliki sumber daya yang terbatas, namun memiliki semangat kuat untuk bisa melakukan kegiatan-kegiatan agama, social dan pendidikan. 

Sejalan dengan keterbatasan itu, niat yang sudah diniatkan, maka sebagai langkah awal PCM Lembah Sabil memulai kegiatan sekretariatnya di sebuah pondok berukuran 5x10 meter yang berada di desa Cot Bak U, Kecamatan Lembah Sabil, Aceh Barat Daya. Di secretariat inilah PCM mulai melakukan aktivitas, agar bisa berkiprah dan memiliki sumber daya yang cukup sepertihalnya PCM-PCM lain di Indonesia, yang telah memiliki asset miliaran, Rumah ibadah yang megah, lembaga pendidikan, klinik kesehatan, lahan yang luas untuk berkebun dan berternak, tambak ikan, Lazimu dan lain sebagainya, untuk mendukung pembiayaan kelangsungan sebuah persyerikatan . 

PCM Lembah Sabil menjadi sebuah komunitas yang baru dan terbangun dengan modal kekompakan pimpinan, baik yang ada di ranting- ranting, maupun di cabang yang pada awal bergabung dengan PCM Manggeng. PCM Manggeng sebagai PCM yang sudah cukup tua, memang sudah memiliki  beberapa asset. Beberapa asset itu tidak dipermasalahkan oleh PCM Lembah Sabil.  Biarlah tinggal di PCM Manggeng,  demi kelangsungan persyarikatan yang ada di PCM Manggeng. Kecuali satu petak kebun lahan tidur yang terletak di kawasan Lembah Sabil  diserahkan ke PCM Lembah Sabil yang disaksikan PDM Abdya oleh salah seorang unsur pimpinanan Daerah Muhammadiyah Abdya Ir T Ahmad Darmi. 

PCM Lembah Sabil yang berdiri pada tahun 2012 ini  terus melaksanakan Muscab yang pertama di bawah pimpinan Drs. T. Miswar Ali.  Pada tahun 2016 terjadi Muscab kedua di bawah pimpinan Nasrizal,S.Pd. Melanjutkan estafet pimpinan sebelumnya, PCM Lembah Sabil  terus berbenah, melahirkan hasil Muscab, menjadi bukti nyata untuk menghidupkan sebuah persyarikatan, walaupun dalam beberapa tahun baru lahir. 



Pondok kecil berukuran 5 x 10 meter itu merupakan sebuah bukti nyata, bahwa persyarikatan Muhammadiyah ada gerakan. Dari hanya sebuah pondok (gubuk), berubah  ke sebuah Mushalla. Di Mushalla kecil dan mungil yang secara aktif  terus hidup berbagai kegiatan keagamaan, terutama shalat lima waktu secara berjamaah sejak tahun 2016 sampai saat ini, suara adzan tidak akan pernah berhenti bila waktu tiba. Ada ketenangan di sana, ketika jamaah tiba, dikarenakan sebuah mushalla yang mungil terletak di atas perbukitan yang luas tanahnya 20,000 m2 dengan udara yang sejuk dan nyaman. 

Hebatnya, angan angan PCM Lembah Sabil sangat tinggi. Ingin mendirikan sebuah lembaga pendidikan terpadu, sejak dari jenjang PAUD hingga ke jenjang seterusnya, paling terakhir ke tingkat SLTA. Tentu tidak salah dengan impian ini. Walau hingga saat ini hanya bisa berangan –angan, belum dan tidak akan pernah terwujud. Namun, Panitia terus mencoba beranjak sedikit demi sedikit,  membangun sebuah rumah ibadah yang permanen. 



Alhamdulilah,  sudah dimulai sejak dari peletakan batu pertama oleh PDM Abdya. Sekarang sudah rampung 25 persen. Dananya bersumber dari warga Muhammadiyah yang ada di Lembah Sabil dan sekitarnya. Kini, tiang dasar pertama sudah berdiri megah, menjadi pertanda gerakan selalu ada,  walaupun pelan tapi pasti. Semua pihak terus mendukung,  pemerintah desa setempat,ranting ranting Muhammadiyah yang ada di Lembah Sabil, unsur pimpinan Cabang Muhammadiyah, PDM dan motivasi yang tinggi dari PWM Aceh. Hal ini semakin menambah keyakinan PCM Lembah Sabil untuk terus bergerak dan berkiprah. Ternyata, dana pun sedikit demi sedikit terus mengalir. PCM Lembah Sabil  belum pernah mengajukan proposal ke pihak pemerintah. Padahal, saha satu yang  menjadi kendala adalah  belum punya dana untuk membuat sebuah  master plan . 

Nah, melalui tulisan yang singkat ini penulis ingin membangun sebuah komunikasi ke pihak donatur di mana pun berada, untuk ikut mendukung dan mendoakan dua progam dari PCM Lembah Sabil yang sudah direncanakan yakni  mendirikan sebuah rumah ibadah dan mendirikan sebuah lembaga pendidikan islam terpadu, seperti yang  diutarakan  di atas. Belum bisa melangkah lebih jauh menurut kami bila sebuah rumah ibadah masih terbengkalai . 

Bagi yang mau membantu dan menyumbang, silakan menghubungi Pimpinan Cabang Muhammadiyah lembah Sabil Nasizal,S. Pd . NBM 1310271, tuliskan no rek BRIS An panitia,1058872241.Kontak person 085260022162  dan Suardi, S  085260148322

 Semoga Allah subhanahuwataala mengabulkan cita-cita warga perserikatan Muhammadiyah Lembah Sabil dan membuka pintu hati di manapun berada . 

Click to comment