Pusat Belanja Yang Unik dan Menarik

Pusat Belanja Yang Unik dan Menarik
POTRET GALLERY

DIGITAL MARKETING, KEBIASAAN MILENIAL GAMPONG LENGKONG

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>



Oleh : Rosmala Dewi

Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syariah,  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Aceh


Di era digital ini, kehidupan kita semakin dipermudah dengan adanya kemajuan teknologi informasi. Seiring dengan perubahan zaman yang bergerak ke arah yang semakin canggih, semakin banyak pula inovasi yang terjadi, yang tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

Manusia terus bergerak dalam perkembangan digitalisasi. Saat ini teknologi komunikasi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dalam menjalani aktivitas manusia seperti penggunaan komputer, smartphone, televisi dan teknologi lainnya. Hal ini sudah menjadi hal yang biasa kita temui dalam kalangan masyarakat.

Seiring dengan berjalannya waktu, tentu saja akan adanya pergeseran generasi. Perkembangan teknologi informasi ini berdampak pada sebuah generasi, yang pada saat ini sering disebut dengan generasi milenial. Generasi milenial dapat dikatakan sebagai generasi yang lahir pada zaman teknologi yang sudah maju atau generasi yang lahir pada zaman komputer.

Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang menjadi barang wajib di zaman generasi milenial ini adalah smartphone. Yang hampir semua kalangan merasa harus memiliki smartphone yang terhubung dengan internet dan menggunakan aplikasi media sosial. Smartphone menjadi alat yang komunikasi yang sangat penting, karena mudah digunakan dan dapat dibawa kemana-mana.

Generasi milenial merupakan generasi pengguna aktif media sosial. Mereka memiliki berbagai akun media sosial yang popular seperti facebook, instagram, twitter dan sebagainya. Dengan berbagai media tersebut mereka memiliki kesempatan untuk menjadi sukses di dunia maya dengan menjadi entrepreneurship. 

Dengan hadirnya teknologi yang semakin canggih ini, generasi milenial dapat menyikapi setiap peluang, sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meminimalisasi angka pengangguran. Kemajuan teknologi informasi ini merupakan sebuah peluang yang luar biasa bagi generasi milenial. 

Banyak sekali keuntungan yang di dapatkan oleh generasi milenial yang menjalankan bisnisnya dengan berbasis online. Mereka dapat menjalankan usaha tanpa harus membangun atau menyewa toko. Mereka bebas menuangkan ide, bakat dan kreativitasnya untuk berkarya dengan hanya bermodalkan smartphone dan modal paket data atau langganan internet. 

Seperti yang dilakukan oleh beberapa milenial yang ada di Gampong Lengkong Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa. Mereka memanfaatkan media sosial yang mereka miliki seperti facebook, instagram, twitter dan termasuk aplikasi chatting whatsapp sebagai sarana bisnis. 

Mereka mempromosikan barangnya dengan menggunakan sistem Pre Order (PO) yang mana barang yang diinginkan tidak bisa didapatkan atau tidak tersedia secara langsung oleh penjual. Sistem PO ini biasanya memerlukan batasan waktu sekitar 1-2 minggu atau bahkan lebih. 

Begitu pula dengan sistem pembayarannya, biasanya pembayaran dilakukan di awal atau hanya berupa DP sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Karena dengan demikian, si penjual akan mendapat perolehan modal dari DP tersebut. 

Kemudian keuntungan yang di dapat dari hasil penjualan tersebut diputar kembali menjadi modal pribadi yang lama kelamaan dapat menyetok barang sedikit demi sedikit. Namun hanya barang-barang tertentu saja. Misal jika dilihat dari segi harganya yang mahal tidak semua orang mau membelinya. Ataupun barang tersebut jarang dibutuhkan oleh konsumen. Maka mereka hanya menyetok barang bagi yang pesan saja. 

Motivasi dari beberapa milenial Gampong Lengkong dalam menjalannya bisnis onlinenya ini diawali dengan coba-coba ingin menambah uang jajan dan karena butuh tambahan uang untuk kuliah. Dan dari coba-coba tersebut lama kelamaan menjadi hobi yang ingin diteruskan. Karena pada masa kuliah mereka kesusahan uang untuk kuliah. Tidak ada uang untuk membuat makalah setiap hari, belum lagi buat jurnal, membeli buku dan sebagainya. Uang yang dikasih dari orang tua tidak cukup untuk semua tugas kampus. Karna banyak adik-adik nya yang masih sekolah juga. Jadi mereka tidak ingin memberatkan beban orang tua. Kalau cari kerja juga susah karna harus seharian kerja di toko. Jadi coba-coba untuk jualan di online, agar tidak mengganggu waktu kuliah. Dari situ lah dapat menghasilkan uang tambahan dan alhamdulillah sampai sekarang sudah banyak orang yang tahu dan menjadi penghasilan yang tak disangka oleh mereka.

Tak hanya itu, keuntungan lainnya, mereka juga dapat menjalankan usahanya kapan saja dan dimana saja tanpa harus ada jadwal tertentu untuk menjalankan usahanya. Mereka dapat melakukannya di rumah maupun di luar rumah. Sebab teknologi informasi mempermudah segala urusan dan pekerjaan, termasuk menciptakan banyak profesi baru yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Kemampuan memanfaatkan teknologi informasi oleh milenial ini dapat menjadi sumber keberhasilan dan kesuksesan dalam peningkatan perekonomian. Sekaligus dapat menjadi bukti keberhasilan anak bangsa dalam memajukan indonesia.

 


Click to comment