Pusat Belanja Yang Unik dan Menarik

Pusat Belanja Yang Unik dan Menarik
POTRET GALLERY

Ide Bisnis di Sekitar Kita

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>




Oleh Putri Meliza

Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh

Setiap kali melihat bisnis sukses dengan keuntungan yang alhamdulillah menghasilkan sumber rezeki, banyak orang mengira para pemilik bisnis tersebut berhasil menciptakan ide-ide spektakuler. Padahal, sebagian besar pebisnis ini sebenarnya hanya tahu cara melihat peluang usahadari hal-hal kecil.

Kenal Walt Disney bukan? Nah, Walt Disney mendapat inspirasi untuk membuat Disneyland setelah berlibur ke Tivoli Gardens.  Ternyata, setelah ia mengagumi taman bermain kuno Eropa tersebut, Disney terdorong untuk membuat taman yang sama di Amerika, bahkan lebih hebat. Motonya? “Jika kau bisa memimpikannya, maka kau bisa membuatnya”.

Artinya, ia mendapatkan ide bisnisnya dengan berlibur ke sustu tempat. Itulah salah satu cara untuk mendapatkan iude atau gagasan sebuah bisnis. Maka, bila kita mendapatkan ide, jangan sampai melewatkan ide-ide bisnis menarik di sekitar kita. Kita harus ingat bahwa peluang usaha diartikan sebagai suatu kesempatan yang bisa dimanfaatkan oleh seseorang guna memperoleh apa yang diinginkan dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ia miliki. Apa yang diinginkan dalam hal ini menunjuk pada keuntungan. Berikut beberapa peluang bisnis dari kehidupan sehari-hari. Ada banyak peluang usaha yang bisa untuk dimanfaatkan secara kreatif agar bisa menghasilkan nilai tambah. Beberapa peluang tersebut, antara lain sebagai berikut:

Pertama, memanfaatkan barang-barang bekasyang ada di sekitar. Barang-barang bekas itu bisa diolah sedemikian rupa, sehingga memiliki nilai ekonomis. Contohnya bulu ayam, bisa dibuat menjadi lukisan. Kain perca bisa  dibuat menjadi tas.

Kedua, memanfaatkan peristiwa atau kejadian atau kondisi. Contohnya berjualan minuman segar saat musim kemarau dan berjualan payung atau jas hujan di musim penghujan. Juga bisa menjual alat-alat kesehartan seperti masker, face shield di masa pandemi.

Ke tiga, memanfaatkan bahan dapur. Contohnya, di rumah anda ada bahan dapur seperti cabe, bawang merah, bawang putih, sayuran, minyak dan mie. Semua bahan dapur bisa dibuat menjadi suatu masakan yang bermanfaat bisa berjualan dan mendapatkan sumber rezeki dari peluang yang bermanfaat sebagai usaha dari kehidupan yang kreatif dan menghasilkan sumber rezeki

Ke empat, memanfaatkan menjadiReseller.Menjadi resellerbanyak keuntungannya karena tidak perlu modal, hanya berbekal kreativitas menjual melalui berbagai media online. Produk yang Anda jual juga sangat beragam karena Anda bisa mencari info tentang supplierproduk yang melayani sistem reseller. Cara menjualnya bisa melalui online storeatau marketplace. Masih banyak manfaat lainnya.

Yang penting, kita tahu cara melihat peluang. Cara yang paling mudah melihat peluang usaha  adalah dari kehidupan sendiri yang bisa dimanfaatkan sebagai usaha yang kreatif dan menghasilkan sumber rezeki.Kehidupan pribadi kita bisa jadi merupakan sumber inspirasi terbaik, asalkan tahu bagaimana menemukan potensi tersebut. Contohnya:

  • Ide dari Masalah yang Sering Dialami

Anda sering mengalami masalah dalam melakukan sesuatu? Saat anda mencari salah satu solusinya, mungkin juga sedang mencari ide bisnis. Misalnya, kesulitan dalam mengatur pengeluaran mungkin bisa menjadi inspirasi untuk membuat aplikasi pengatur uang harian khusus mahasiswa.

 

  • Ide dari Keahlian

Banyak orang di luar sana mengubah keahlian khusus mereka menjadi peluang bisnis. Misalnya, jika pandai mendesain dengan Photoshop dan perangkat lunak lain, gunakan keahlian tersebut untuk menciptakan desain kaus orisinal. Jika Anda pandai memasak dan paham tentang nutrisi, bukalah bisnis katering sehat seperti yang sedang saya jalani sekarang.

  • Ide dari Hobi

Hobi adalah inspirasi bagus untuk memulai bisnis, dan sangat potensial untuk pengembangan bisnis. Sebagai Penyuka cokelat, misalnya, bisa timbul ide untuk membuat makanan ringan cokelat unik. Saya. Penyuka makanan yang manis dan pedas bisa timbul ide untuk membuat makanan yang rasa nya manis dan pedas sehingga bisa di nikmati semua bermula dari hobi masak dan hobi ngemil.

Pengalaman pribadi juga bisa mendatangkan inspirasi bisnis, hanya harus lebih peka terhadap inspirasi yang mendadak muncul, dan tidak menganggap remeh ide terkecil sekalipun.

Bagi mahasiswa prodi Bimbingan dan konseling juga harus lihai membaca peluang bisnis yang berbasis potensi di bidang bimbingan dan konseling. Bidang Bimbingan dan konseling juga memiliki prospek yang sangat bagus di masa pandemic dan juga pada masa yang akan datang. Maka, setelah lulus dari kuliah di BK, bisa jadi  tidak ada yang mengetahui bagaimana ke depannya, apakah akan menjadi guru bk atau tidak. Karena kita tidak mengetahui ke depan seperti apa setelah menyelesaikan kuliah ini. Maka dengan potensi yang kita miliki dan melihat kebutuhan banyak orang, lulusan BK bisa membuat usaha bimbingan karir dan juga bimbingan belajar secara online dan sebagainya. Olehg sebab itu, gunakan peluang yang bisa dimanfaatkan sebagai usaha yang kreatif dan menghasilkan sumber rezeki. Manfaat kan beberapa yang membuat sesuatu menjadi kreatif dan bisa digunakan untuk menjadi suatu produk dapat menjadi sumber rezeki bagi semuanya..

Sebagai seorang mahasiswa harus memikirkan bagaimana jalan kehidupan di masa yang akan datang, apakah kita hanya diam di tempat? Tanpa melakukan apapun itu yang bisa membuat diri sendiri menjadi bermanfaat untuk orang lain di luar sana dengan membuka lapangan pekerjaan. Ide bisnis apa yang terfikirkan dalam diri bisa langsung dicoba untuk diterapkan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan dan membawa sumber rezeki bagi individu dan orang lain di sekitar. Memang dalam membangun sebuah ide bisnis itu bukan lah hal yang mudah, ada jatuh dan bangun, ada pasang surutnya. Tapi dengan kita menjalankannya dengan niat yang baik dan bismillah maka semua akan berjalan dengan lancar dan baik – baik saja. 

Click to comment