Pusat Belanja Yang Unik dan Menarik

Pusat Belanja Yang Unik dan Menarik
POTRET GALLERY

KULINER TRADISIONAL KHAS ACEH

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>



Oleh : Revi Selvia  


Aceh yang terkenal sebagai  Negeri Serambi Makkah, memang terkenal akan adat dan budayanya yang kaya dan unik. Hal ini juga tercermin dari kekayaan kuliner khas Aceh yang kelezatannya digemari di Nusantara.

Berbagai makanan khas Aceh ini, bahkan bisa Toppers temui di luar Aceh karena popularitasnya. Makanan khas Aceh memang beragam. Aceh merupakan salah satu wilayah yang berada di ujung barat Indonesia dan beberapa tahun silam terkena bencana Tsunami yang menghabiskan seluruh wilayahnya.

Akan tetapi bencana yang melanda tidak membuat penduduk menjadi putus asa, sehingga mereka tetap bangkit lagi dan memulai hidup baru.

Aceh terkenal dengan sebutan Serambi Mekah, selain itu Aceh juga menyimpan beragam pesona alam yang siap memanjakan mata para pengunjung.

Makanan Aceh, makanan yang terdapat di daerah yang pernah dilanda konflik dan Tsunami 26 Desember 2004 lalu. Dua peristiwa besar yang melanda Nanggroe Aceh Darusalam telah mencatat banyak sejarah. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dan sebagai wakil Tuhan di bumi yang menerima amanat-Nya untuk mengelola kekayaan alam. 

Ingin tahu makanan tradisional Aceh apa saja, inilah salah satu makanan khas Aceh :


Salah satu ikon makanan khas Aceh yang paling tersohor adalah Mie Aceh. Disajikan dalam dua varian, yaitu digoreng dan juga menggunakan kuah. Kuliner tradisional Aceh ini dilengkapi dengan berbagai pilihan topping mulai dari Kepiting, Daging sapi, dan juga seafood.



Untuk pecinta kuliner berkuah, makanan tradisional asal Aceh satu ini wajib masuk daftar masakan favoritmu.  Masam Keuneung sendiri berarti Asam Pedas, dan sesuai namanya, makanan khas Aceh ini memiliki cita rasa pedas dan asam yang menyegarkan, lho.

Kuliner khas Aceh satu ini adalah pilihan tepat untuk yang gemar cita rasa daging itik. Bebeda dengan kuliner berbahan itik pada umumnya, makanan asal Aceh satu ini memiliki resep tersendiri dengan berbagai bumbu-bumbu yang membuatnya mampu memberikanmu pengalaman mengonsumsi kuliner itik yang berbeda.



Ingin menyantap kuliner khas Aceh yang menyegarkan? Rujak Aceh jawabannya. Terbuat dari buah rumbia yang banyak ditemukan di Aceh dan disirami saus rujak. Panganan khas Aceh ini juga kerap disajikan dingin dengan parutan es sehingga membuatnya makin menyegarkan!




Ungkot Kemamah adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari ikan tuna yang sebelumnya telah direbus dan dikeringkan. Masakan khas Aceh ini kemudian diolah menggunakan santan kelapa, kentang, cabai hijau, dan berbagai bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa menarik dan menggoda lidah.

Makanan asal Aceh yang populer selanjutnya adalah Martabak Aceh. Berbahan dasar roti cane sebagai kulitnya, membuat martabak ini berbeda dengan martabak pada umumnya. Dengan cita rasa gurih dan sedikit pedas, kuliner khas Aceh ini bisa menjadi camilan tepat untuk menemanimu menyeruput kopi.

 

 


Sate matang adalah masakan khas Aceh, tepatnya dari Daerah Matang. Yang membuat masakan tradisional Aceh ini berbeda dengan sate lainnya adalah bahan berupa daging sapi atau kambing yang diungkep dengan bumbu khas Aceh sebelum kemudian dibakar.

Makanan khas daerah Matang ini penyajiannya juga dilengkapi kuah soto yang gurih membuatnya makin menggoda untuk disantap.

Kaya sekali bukan kuliner tradisional khas Aceh? Berbagai jenis dan cita rasa yang bervariasi membuat bertualang mencicipi makanan khas Aceh nggak akan ada habisnya.

 

 

 

 

 

 






Click to comment