Pusat Belanja Yang Unik dan Menarik

Pusat Belanja Yang Unik dan Menarik
POTRET GALLERY

DAMPAK PERALIHAN SILATURRAHMI REMAJA DI ERA DIGITAL

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>

 

foto dok. Gadgetholic

 Oleh Nadya Almunawarah

Mahasiswi Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Langsa, Aceh

 

            Silaturrahmi adalah salah satu amalan yang dilakukan untuk menyambung tali persaudaraan. Tidak bisa kita pungkiri bahwa saat ini silaturrahmi telah mengalami perubahan. Kita sekarang berada pada era digital, yang mana pada zaman ini internet lebih berkuasa dari pada pulsa. Era digital adalah masa dimana semua orang dapat saling berkomunikasi dengan begitu dekat, walaupun saling berjauhan. Di era digital sekarang ini dapat memudahkan kita bertemu dengan cepat tanpa menunggu lama. 

Era digital ini hampir seluruh tatanan kehidupan remaja sekarang sudah dibantu dan dipermudah oleh teknologi.  Segala sesuatunya sangat mudah didapatkan dan diakses karena adanya media sosial dan internet. Internet dan media sosial ini merupakan sarana dan prasarana yang memfasilitasi orang-orang untuk bisa berkomunikasi dan mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah. Tetapi  bagi remaja zaman sekarang, internet itu seakan-akan menjadi kebutuhan primer (kebutuhan pokok). Mereka lebih banyak menghabiskan waktu di depangadgetdari pada melakukan aktivitas di luar ruangan. 

Teknologi informasi membantu remaja dalam menjalankan aktifitas sehari-hariDalam era digital penggunaansmartphonebagi remaja sudah sangat umum, dimana penggunaan smartphonepada remajakeseluruhan remaja menggunakansmartphoneuntuk segala aktivitas keseharian mereka.

Kemajuan teknologi merupakan sesuatu yang tidak bisa terhindar bagi manusia karena berjalan sesuai dengan perkembangan manusia dan ilmu pengetahuan. Teknologi memberikan beberapa dampak yang baik atau buruk bagi para remaja, contoh dampak buruknya adalah saat ini para remaja cenderung lebih menyukai sesuatu yang mudah, cepat, dan viral. Hal ini merupakan sesuatu yang buruk sebab dapat menumbuhkan rasa malas bagi para remaja.

Di desa Alue Pineung Timue silaturrahmi di kalangan remaja sudah mulai meredup. Hal ini dapat dilihat di saat ada kegiatan atau kunjungan banyak yang tidak hadir dan di saat berjumpa pun jarang tegur sapa membuat para remaja tidak saling mengenal.

Dampak peralihan silaturrahmi di era digital ini dapat kita lihat langsung dari perkembangan teknologi yaitu perjumpaan fisik untuk membangun dan mempererat silaturrahmi atau tali persaudaraan menjadi semakin berkurang. Untuk berkomunikasi di era digital ini hanya melalui sosial media seperti whatsapp, facebook dan instagram. Banyak remaja sekarang yang hanya chatting dari sosial media, tapi di saat jumpa fisik seolah tidak saling mengenal. Bahkan pun di saat ada kunjungan atau kegiatan remaja yang hadir mereka sibuk dengan gadgetnya masing-masing, tanpa ada perbincangan antar sesama. 

Perkembangan teknologi di era digital ini menyebabkan silaturrahmi fisik berubah menjadi silaturrahmi virtual. Silaturrahmi virtual terkadang membuat kita saling tidak mengenal satu sama lain. Perilaku, tingkah laku, akhlak adalah sikap seseorang yang dapat dilihat bahwa perilaku seseorang berawal dari sikapnya, sikap sendirilah yang menentukan bagaimana individu itu bereaksi dengan lingkungannya. 

Dalam sebuah Hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, Nabi  Muhammad  juga menegaskan tentang tidak akan masuk surga bagi siapa saja yang memutus hubungan silaturrahmi. Ini menunjukkan betapa pentingnya silaturrahmi dalam islam. 

 Maka dari itu silaturrahmi sangat berguna bagi manusia. Semua manusia yang sudah diberi akal pergunakanlah akal dengan sebaik mungkin. Karena akal merupakan pemberian dari Allah SWT. Dengan canggihnya teknologi janganlah jadi sebuah penghalang namun saling mempererat silaturrahmi antara satu sama yang lain.  Dan Semua manusia haruslah bersyukur jangan mengubah diri, jadilah pribadi yang seadanya. 

Click to comment