Pusat Belanja Yang Unik dan Menarik

Pusat Belanja Yang Unik dan Menarik
POTRET GALLERY

Psikologi Perempuan Dari Kehidupan Nyata

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>



Oleh Putri Meliza

Mahasiswi Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh                 

Perbedaan anatomis biologis dan fisiologis menimbulkan terjadi kontroversi dalam memandang psikologis perempuan. Psikologi perempuan diketahui bahwa adanya perbedaan kepribadiaan laki – laki yang banyak dipengaruhi oleh ekspetasi dan sosialisasi dari orangtua dari pada oleh factor fisiologis. Factor fisiologis dan biologis hanya mempersiap kan berlangsungnya tahapan – tahapan penting yang mempengaruhi kepribadian. Faktor biologis bukanlah penyebab semua perbedaan gender seseorang. 

Perempuan umumnya dicitrakan atau mencitrakan dirinya sebagai makhluk yang emosional, mudah menyerah, pasif dan subjektif, mudah terpengaruh, lemah fisik, dan dorongan seksnya rendah. Laki-laki dicitrakan atau mencitrakan dirinya sebagai makhluk yang rasional, logis, mandiri, agresif, kompetitif, objektif, senang berpetualang, dan aktif.  Umumnya perempuan sejak kecil hingga dewasa menunjukkan kemampuan verbal yang lebih baik. Anak perempuan biasanya mulai berbicara lebih awal, cenderung memiliki perbendaharaan kata yang lebih banyak, memperoleh prestasi tinggi di sekolah, mengerjakan tugas membaca dan menulis yang lebih baik dari pada anak laki – laki.  

Anak laki – laki sejak kecil hingga dewasa memperlihatkan kemampuan spasial lebih baik, mengerjakan spasial yang lebih baik, memiliki kemampuan matematika, geografi, dan politik yang lebih maju dari pada anak perempuan, meski perbedaan sangat tipis. Beberapa bias dalam memandang beberapa psikologi perempuan dapat dirincikan sebagai berikut :

1.     Psikologis perempuan itu dependen, berwatak mengasuh dan merawat

2.     Psikologis perempuan itu selalu mengalah

3.     Psikologis perempuan emosional dan mudah menangis

4.     Psikologis perempuan penakut dan sensitive

5.     Psikologis perempuan yang lemah dan tidak berprestasi

6.     Psikologis perempuan yang mudah terpengaruh dan mudah dibujuk untuk keyakinan nya

7.     Psikologis perempuan lebih sensitif terhadap perilaku non verbal

8.     Psikologis perempuan itu lebih ekspesif

9.     Psikologis perempuan itu pasif dalam masalah seks   

Click to comment