Pusat Belanja Yang Unik dan Menarik

Pusat Belanja Yang Unik dan Menarik
POTRET GALLERY

Takut Tidak Dapat Kerja?

Rate this posting:
{[["☆","★"]]}
>



Oleh Riska Muliani

Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh


Jurusan kuliah adalah hal sensitif yang mesti dipertimbangkan secara matang. Jangan sampai Kamu salah masuk ke jurusan yang tidak cocok dengan bakat atau minat. Salah satu jurusan kuliah yang sesuai untuk orang yang suka bersosialisasi, dapat memberikan penyelesaian masalah dan tipe pendengar ialah Bimbingan Konseling. Tak usah diragukan lagi karena prospek kerja Bimbingan Konseling paling terbuka lebar untuk para alumni ini. Anehnya, jurusan ini jarang diminati disebabkan disalahartikan oleh masyarakat yang menganggap Bimbingan dan konseling adalah polisi sekolah dan banyak anggapan-anggapan lain lagi.


Kamu pasti sudah mendengar profesi guru Bimbingan dan konseling di sekolah bukan? Tugas guru bimbingan dan konseling adalah adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling (face to face) oleh seorang ahli (disebut konselor) kepada individu yang sedang mengalami sesuatu masalah (disebut konseli) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi konseli. Bukan hanya itu, juga dapat memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki dan sarana yang ada, sehingga individu atau kelompok individu itu dapat memahami dirinya sendiri untuk mencapai perkembangan yang optimal, mandiri serta dapat merencanakan masa depan yang lebih baik untuk mencapai kesejahteraan hidup.


Yang harus diingat bahwa saat ini guru bimbingan dan konseling atau konselor sangat dibutuhkan oleh banyak orang untuk menyelasaikan berbagai masalah yang dihadapi siswa. tujuan dari guru bimbingan dn konseling adalah untuk mengarahkan minat dan bakat atau potensi yang dimiliki oleh individu agar individu tersebut lebih terarah. Guru bimbingan dan konseling menjadi sarana untuk membantu siswa dalam merencanakan jurusan perkuliahan agar siswa tersebut terbuka jalan pikirannya untuk memilih jurusan yang sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Tugas guru bimbingan konseling juga membantu siswa dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi di sekolah dan membantu siswa merubah perilaku kearah lebih baik lagi.


Berbicara peluang kerja di jurusan Bimbingan dan konseling saat ini, sesungguhnya sangatlah dibutuhkan disebabkan banyaknya masyarakat yang kurang berminat di jurusan bimbingan dan konseling yang disebabkan problematika atau perspektif siswa dan masyarakat yang muncul dari dulu hingga sekarang yang menganggap bahwa guru bimbingan dan konseling adalah polisi sekolah Semua permasalahan yang dihadapi siswa diserahkan semua guru bimbingan dan konseling, kurangnya kerjasama antar guru mata pelajaran dengan guru bimbingan konseling. Sehingga stereotip tersebut terus melekat di kalangan masyarakat yang menganggap buruk tentang jurusan tersebut. Kebanyakan guru bimbingan konseling dI sekolah yang bukan basicnya di bimbingan dan konseling.  Kebanyakan guru bk di sekolah itu berasal dari guru agama karena dulu kurangnya guru bk berasal daris lulusan bimbingan dan konseling. Padahal jika ditinjau lebih jelas lagi guru bimbingan dan konseling ini adalah membantu siswa merencanakan dan mengarahkan siswa biar bisa terarah dan juga menjadi tempat curhat siswa yang akan mendapatkan solusi permasalahannya


Yukk kita lihat apa saja sih peluang pekerjaan di bimbingan konseling?.


1. Peluang untuk diusung menjadi guru tetap bahkan PNS paling besar


Saat ini minimnya lapangan kerja terutama di Indonesia menyebabkan pada tingginya tingkat pengangguran di Indonesia. Di Indonesia paling membutuhkan banyak konselor dan nyatanya hanya sedikit dan tidak mencukupi kebutuhan. Indonesia sangat memerlukan sekitar 100.000 konselor untuk menemani 19 juta jumlah siswa. Jumlah konselor yang tidak seimbang dengan murid di tingkat SLTP dan SLTA pasti menjadi kesempatan besar untuk mereka jurusan BK. Apalagi dengan adanya kurikulum 2013 ini pemerintah mengusung minimal 2,5% dari keperluan dan sekitar 2500 PNS baru yang diusung dari jurusan Bimbingan Konseling. 


Kita sering mengenal peran BK di sekolah, yaitu memberikan bimbingan dan arahan secara psikologi kepada siswa. Kasus-kasus seperti kenakalan remaja, tawuran, penyalah gunaan narkoba, dan semua hal negatif tersebut perlu Penanganan dari seorang konselor. Selain mengatasi masalah negatif, Konselor juga berperan dalam memandu siswa dalam mengarahkan minat dan bakat agar menjadi hal yang positif. Untuk memecahkan masalah tersebut biasanya konselor memberikan tes psikologi. Bimbingan konseling di SMA dapat menjadi pemberi konsultasi bagi siswa untuk memilih jurusan perkuliahannya. 


Tidak hanya di dunia pendidikan, Bimbingan konseling juga dibutuhkan di masyarakat. Konselor memiliki peran besar dalam memberikan arahan pada masyarakat yang bertindak negatif, memberikan penyuluhan di bidang kesehatan mental, pendidikan bagi anak jalanan, dan mengatasi kasus kasus sosial.


2. Peluang untuk diusung menjadi guru tetap bahkan PNS paling besar


Saat ini minimnya lapangan kerja terutama di Indonesia menyebabkan pada tingginya tingkat pengangguran di Indonesia. Di Indonesia paling membutuhkan banyak konselor dan nyatanya hanya sedikit dan tidak mencukupi kebutuhan. Indonesia sangat memerlukan sekitar 100.000 konselor untuk menemani 19 juta jumlah siswa. Jumlah konselor yang tidak seimbang dengan murid di tingkat SLTP dan SLTA pasti menjadi kesempatan besar untuk mereka jurusan BK. Apalagi dengan adanya kurikulum 2013 ini pemerintah mengusung minimal 2,5% dari keperluan dan sekitar 2500 PNS baru yang diusung dari jurusan Bimbingan Konseling.


3. Guru BK di sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat


Mengapa guru BK menjadi ujung tombak keberhasilan pengembangan peserta didik? Karena guru BK sangat bermanfaat dan berperan tinggi dalam pendidikan dan guru BK ini di antara yang sangat diperhitungkan. Apalagi guna menghadapi era globalisasi ketika ini bahwa perkembangan karakter peserta didik sudah berbeda jauh dengan zaman dahulu.


4. Konselor Masyarakat.

Untuk kamu yang lulus jurusan Bimbingan  konseling kesempatan profesinya paling luas, mulai dari terapis islam, konsultan, motivator dan pembimbing/ pendamping (advokasi). Prospek kerja ini paling menjanjikan mengingat tidak sedikit persoalan yang dirasakan oleh masyarakat.


5. Lembaga Kesehatan Mental (LAPAS)


Prospek kerja ini pun menjanjikan, kamu bertanggung jawab untuk menolong dalam menuntaskan permasalahan-permasalahan terhadap mental masyarakat yang terganggu. Apalagi saat ini populasi manusia makin bertambah dan pertumbuhan globalisasi pun semakin bertambah yang menciptakan persaingan antara pribadi semakin ketat dalam sekian banyak hal. Tidak heran pada akhirnya tidak sedikit yang merasakan permasalahan sehingga tidak sedikit pula yang stress. Untuk hal tersebut maka lulusan jurusan Bimbingan konseling ini mempunyai pengaruh yang paling besar.


6. Dinas Sosial (Panti-panti) 


Dinas sosial pun sangat memerlukan orang lulusan Bimbingan konseling sebab anak-anak yang terdapat di panti asuhan pun membutuhkan seorang yang dapat mengetahui dan menguasai sekian banyak konsep dan pendekatan serta mempunyai intelektual untuk mengetahui masalah psikologis pribadi ataupun kelompok contohnya di panti tersebut.


7. Pusat-Pusat Rehabilitasi.

Pusat rehabilitasi sangat memerlukan kamu yang lulus jurusan Bimbingan konseling karena kamu bisa menuntaskan masalah psikologi mereka dan juga dapat sebagai media atau tempat konseling masalah yang mereka hadapi di masyarakat. Kamu dapat mengatasinya dengan memberi pelatihan, motivasi, maupun tindakan mediasi yang dapat mengurangi tingkat stres mereka dalam menghadapi malah.


8. Konsultan Pengembangan SDM.


Prospek kerja Bimbingan Konseling pun terbuka lebar untuk Kamu yang hendak menjadi konsultan pengembangan SDM. Kamu juga berkesempatan mengisi divisi HRD di perusahaan besar. 


9. Hipnoterapis

Tak melulu lulusan Psikologi yang dapat menjadi hipnoterapis, anak Bimbingan Konseling memiliki peluang yang sama. Tentu Kamu mesti melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi termasuk mengikuti sekian banyak  pelatihan supaya bisa menjadi hipnoterapis handal. 


10. Staf HRD, Gaji kepala HRD suatu perusahaan dapat mencapai angka 10 juta sampai belasan juta rupiah sementara staf HRD berkisar pada angka 5 jutaan. Kemampuan psikologi jati diri yang diajarkan di bangku kuliah dapat Kamu manfaatkan dengan baik.


11. Tenaga Konselor Pusat Rehabilitasi. Kamu dapat berperan sebagai tenaga konselor yang memberi penyuluhan atau arahan pada masyarakat. Di pusat rehabilitas, eksistensi konselor sangat diperlukan untuk menangani sekian banyak  kasus sosial.

Bagaimana masih ragu lagi untuk memilih jurusan bimbingan dan konseling? Buang semua stereotip buruk tentang bimbingan dan konseling, peluang untuk jurusan bimbingan dan konseling sangatlah banyak dan juga disamping itu kita juga bisa membuka usaha lain untuk menambahkan uang jajan kita loh.

Click to comment